Cara Ketok Magic yang Belum Banyak Diketahui

Ketok magic pada umumnya tidak diketahui secara detail oleh banyak orang. Hal tersebut memang menjadi salah satu kelebihan yang tidak boleh diketahui oleh sembarangan orang. Rahasia perusahaan memang sangat penting untuk dijaga agar tidak banyak orang yang tau dan bisa dengan mudah menirunya. Hal ini dilakukan agar para pesaing yang akan membuka usaha dalam bidang yang sama. Hal ini malah akan memunculkan pesaing – pesaing baru.

Cara Ketok Magic

  1. Proses Penganalisaan

Sebelum melakukan penanganan lebih lanjut biasanya untuk mengawali proses ketok magic adalah dengan menganalisanya terlebih dahulu. Mulai dari melihat seberapa parah tingkat penyok, baret, dan kerusakan – kerusakan lainnya.

Seteah proses tersebut baru bisa ditentukan bagaimana penanganan. Barulah mobil akan dimasukkan ke dalam tempat khusus yang nantinya sebagai tempat private untuk tahap selanjutnya.

  1. Sediakan Tempat Khusus Untuk Proses Pengerjaan

Dengan adanya tempat khusus maka pekerja bisa leluasa mengerjakan pekerjaannya tanpa adanya pengawasan yang seringkali membuatnya risih dan canggung ketika sedang berkreasi. Mungkin itulah salah satu alasan utamanya mengapa ketok magic dirasa sungguh misterius.

  1. Tahap Pengerjaan 

Pengerjaan yang diterapkan oleh bengkel ketok magic memang sedikit berbeda dengan bengkel pada umumnya. Namun dengan berkembangnya zaman dan berbagai peralatan bengkel, masih banyak orang mempercayakan mobilnya untuk diperbaiki oleh ketok magic.

Menurut berbagai sumber, sebenarnya ketok magic hanya menggunakan peralatan yang cenderung ketinggalan zaman. Peralatannya seperti hair dryer (alat pengering ramput) dan kunci khusus untuk menarik bagian yang penyok. Kemudian ada alat – alat lain pendukungnya dengan menggunakan paintless dent removal, martil, las , kawat, dan juga pencapit.

Alat pengering rambut digunakan untuk memanaskan body mobil sehingga akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dibentuk.Pada saat body mulai lunak, maka akan dilakukan penarikan menggunakan kunci yang sudah disiapkan sehingga body yang penyok akan kembali seperti sedia kala.Pengerjaan menggunakan ketok magic memang relatif cepat.

Sampai saat inipun hanya memerlukan waktu semalaman untuk membuat mobil penyok menjadi baik kembali. Mungkin faktor kecepatan dan harga yang masih terjangkaulah  yang menjadi sumber kepercayaan masyarakat pada umumnya. Kemudian ketelatenan dan ketepatan waktu juga tidak kalah penting dari bengkel ketok magic.

  1. Tahap Pengecatan

Hal yang menjadi kendala terbesar tahap pengecatan adalah penentuan level warna yang digunakan. Sebelumnya anda bisa memilih cat untuk memaksimalkan perlindungan pada permukaan mobil anda. Penyesuaiannya membutuhkan ketelitian agar warna tidak terlihat belang. Untuk itu pekerja harus cekatan dan cerdas.

Setelah permukaan yang penyok benar – benar halus, maka bisa langsung dilakukan pemolesan dempul secukupnya. Pendempulan harus dilakukan dengan teliti dan perlahan agar mendapatkan permukaan yang sama rata dengan bagian permukaan yang masih baik.

Jika proses pemolesan dempul sudah selesai, maka bisa anda lanjutkan dengan melakukan penutupan area sekitar permukaan yang akan di cat menggunakan kertas koran. Hal ini diterapkan guna mencegah cat yang anda gunakan mengenai bagian yang tidak seharusnya dicat.

Jangan lupa perhatikan apakah warnanya sudah matching dengan bagian lainnya atau belum. Jika belum, anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan warna yang tepat.

Tunggu beberapa saat sampai benar – benar mengering dan anda sudah bisa melepaskan kertas koran yang masih menempel. Pastikan kertas koran tidak ada yang tersisa, karena jika ada yang tertinggal sedikitpun dan terlapisi oleh cat, pasti akan menimbulkan belang pada permukaan mobil.

  1. Tahap Finishing

Setelah cat benar – benar kering, bersihkan bagian permukaan cat nya agar tidak ada debu yang menempel sedikitpun. Perhatikan hasilnya, jika sudah bagus anda bisa memolesnya dengan menggunakan cairan pembersih agar catnya bisa mengkilap.

Hasil akhir yang baik tentunya akan membuat customer menjadi lebih puas dan mungkin suatu saat jika ia mengalami hal yang sama, pasti akan kembali ke bengkel ketok magic yang sudah ia datangi sebelumnya.