Fun Review Suzuki All New Ertiga 2018 di Kota Surabaya

 

Surabaya, Otomotif1.com – Setelah sukses diluncurkan dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Kota Surabaya, pada Sabtu (12/5) yang baru lalu. Nampaknya tidak akan puas jika kita tidak melihat lebih dalam tentang kendaraan yang menjadi andalan jualan PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2018.

Suzuki sepertinya serius untuk bertarung di kelas Low MPV dengan menghadirkan All New Suzuki Ertiga terbaru yang diluncurkannya di ajang IIMS 2018.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia yang meluncurkan produk LMPV  All New Ertiga di Indonesia,  adalah pemain lama di kelas ini. Dan All New Ertiga ini adalah generasi kedua setelah sebelumnya SIS menuai sukses penjualan Ertiga generasi pertama di Indonesia.

Setelah generasi pertama Suzuki Ertiga diterima dengan baik oleh masyaraiat, SIS kembali meluncurkan All New Ertiga dengan berbagai ubahan dan penyegaran baik eksterior maupun interior.  Apalagi disinyalir hadirnya All New Ertiga generasi kedua ini menjadi pembeda dengan generasi pertama, baik dari mesin dan platform yang digunakan.

Eksterior

Jika kita melihat tampilan All New Suzuki Ertiga, maka akan begitu terlihat perubahan besar dimana sama sekali tidak ada lagi tampilan dari generasi sebelumnya.

All New Ertiga benar-benar tampil stylish dan modern. Poin yang sangat terlihat dari tampilan depan dengan headlight yang dibuat begitu tajam dengan yang dibuat lebih minimalis tiga tingkatan yang dilapisi chrome.

Sayangnya meski headlamp sudah menggunakan projector, namun untuk headlamp All New Ertiga masih kalah jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan Suzuki Ignis yang sudah mengunakan LED dan DRL yang jika digunakan saat malam akan terlihat lebih striking (menyolok).

Pada bagian belakang yang paling sering orang komen banyak orang adalah stoplamp All New Ertiga yang mirip Xpander atau CRV, tapi sebenarnya stoplamp All New Ertiga lebih mirip Volvo V60 Estate yang keluar di Eropa 2018.

Pada bagian samping, All New Ertiga sudah dilengkapi dengan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX) dan New Alloy Wheel (tipe GL dan GX).

Interior

Untuk bagian interior yang pertama kita akan bahas pada bagian dashboard, memang masih menggunakan hard plastic bahkan sampai door trim nya pun menggunakan bahan yang sama. Untuk desainnya sendiri sepertinya pihak pabrikan memang sengaja mengambil banyak contoh dari beberapa kendaraan yang sudah ada sebelumnya. Contohnya saja, AC yang terpasang di dashboard dengan bentuk memanjang, mengingatkan kita akan AC dari merek Audi.

Pada bagian tengah ada aksen wood yang cukup besar dan panjang seolah-olah nyambung ke door trim. Lagi-lagi tampilan wood panelnya mengingatkan kita pada wood panel yang ada pada Mercedez-Benz S Class. Karena pada bagian tengahnya ada tampilan water fall effect yang sangat mirip dengan tampilan S Class.

Untuk tampilan audio pada All New Ertiga sudah menggunakan merek JVC. Namun memang sedikit agak janggal jika melihat tampilan monitor yang tidak floating tapi dipaksakan seakan-akan tampil floating. Jadi kesannya malah tidak seperti tablet floating tapi lebih mirip TV tabung.

Kemudian pindah ke tombol AC yang semakin membuat aneh tampilannya, karena sangat berbeda sekali dari versi sebelumnya yang sudah menggunakan tombol. Tapi, pada All New Ertiga pengaturan AC menggunakan sistem manual yang digeser-geser, dan pengaturannya pun hanya untuk bagian atas dan bawah saja.

Pada bagian jok sopir sudah menggunakan high adjuster selain bisa diatur maju mundur. Untuk bagian setir sudah dilapis dengan kulit semi napa yang soft, sehingga tidak licin ketika tangan berkeringat. Dan desain setirnya sendiri sudah oke banget, dengan tampilan flat buttom yang sporty.

Tidak hanya itu saja, terdapat Console Box pada baris ke-2, di mana berfungsi agar penumpang dapat mengisi ulang Smartphone dalam kondisi berkendara. Mobil New Suzuki Ertiga ini juga memiliki kursi baris ketiga yang memiliki sistem split 50:50. Jadi, penumpang dapat membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Mesin

Untuk mesin, All New Ertiga menggunakan mesin terbaru dengan kode K14B, DOHC, VVT, 16 katup, 4 in-line, dari mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 97, 3 hp dengan torsi maksimum 128 Nm. New Suzuki Ertiga memiliki mesin yang dapat menghasilkan tenaga yang besar namun tetap halus. Dan konon saat ini Suzuki India sedang menyiapkan mesin All New Ertiga dengan Turbodiesel yang memiliki kapasitas 1.5L dengan 5 percepatan manual.

Suzuki All New Ertiga di banderol untuk OTR Surabaya dan Jatim sebagai berikut :

All New Ertiga type GA Rp. 195.500.000,-

All New Ertiga type GL M/T Rp. 214.000.000,-

All New Ertiga type GL A/T Rp. 224.500.000,-

All New Ertiga type GX M/T Rp. 225.500.000,-

All New Ertiga type GX A/T Rp.236.000.000

 

You might also like