Jenis Ban Mobil yang Cocok Untuk Musim Hujan

Musim hujan sudah barang otomatis membuat jalan menjadi lebih licin karena kondisi hujan terus saja mengguyur  jalanan. Inilah yang menjadikan jalan menjadi rawan kecelakaan. Selain jalan licin, perlu diwaspadai adanya lubang yang tertutup genangan air yang harus membuat anda senantiasa waspada saat berkendara disaat musim hujan tiba.

Selain waspada, anda harus menyiapkan kondisi mobil anda saat musim hujan dan mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi. Seperti misalnya penggunaan ban mobil anda. Ban saat musim hujan juga komponen yang bekerja keras dan amat penting, maka dari itu artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis ban yang cocok untuk digunakan pada musim hujan.Berikut penjelasannya :

  1. Ban Standart

Ban pertama yang cocok digunakan pada musim hujan adalah ban Standart. Gunakan saja ban standart yakni yang direkomendasikan oleh pabrikan pembuatnya atau mungkin anda dapat mengecek sesuai dengan yang tertera pada buku manual (Manual book). Umumnya ban yang direkomendasikan memiliki ketebalan antara 55 hingga 70.

  1. Hindari Terlalu Banyak Motif Kembangan

Jenis ban mobil kedua yang cocok digunakan pada musim hujan adalah hindari penggunaan ban mobil yang banyak motifnya, sebaiknya tidak perlu ban dengan motif kembangan yang terlalu banyak corak. Karena motif kembangan akan membuat anda tidak nyaman dan cenderung membuat jalanan lebih licin.

Baca Juga ( Tanda-Tanda Ban Kempes Yang Harus Anda Ketahui )

  1. Hindari Penggunaan Ban Slik

Lalu hindari juga penggunaan ban slik atau ban tanpa pola. Walaupun memang terlihat lunak dan di tujukan agar melekat dijalan yang licin, namun ban ini juga tidak baik digunakan dalam kondisi jalan basah. Apabila digunakan pada jalanan yang basah maka akan cenderung membuat jalanan yang anda lintasi lebih licin.

  1. Hindari Penggantian Ban Baru

Anda boleh saja membeli ban baru, namun jangan digunakan saat musim hujan karena pada umumnya ban yang masih baru memiliki lapisan silikon yang cenderung licin dan memiliki daya cengkaram yang kurang khususnya untuk jalanan yang basah. Untuk itu sebaiknya gunakan ban mobil yang lama saja.

  1. Gunakan Ban Dengan Jalur Undirection Orientasi Satu Arah

Selain jenis ban seperti yang diatas, yang perlu anda perhatikan dan tidak kalah penting adalah mengenai alur yang terdapat pada tapak ban anda. Sebaiknya untuk melintasi jalanan pada saat musim hujan, gunakanlah jenis alur ban yang memiliki jalur undirection dengan orietasi satu arah, yang biasnaya tidak bisa dipindah dari satu sisi ke sisi lainnya. Anda menggunakan jenis alur ban seperti ini karena pada umumnya ban seperti ini memiliki pola yang lebih baik untuk memecah air dijalanan yang akan anda lalui agar tidak begitu berasa licin.

Baca Juga ( Tips Merawat Ban Mobil Paling Mudah dan Tepat )

Nah itu tadi beberapa jenis ban yang cocok digunakan pada saat musim hujan. Selalu utamakan keselamatan dalam berkendara, terlebih saat musim hujan tiba. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

 

You might also like