Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Jalan Rusak

Sering merasakan setir mobil bergetar pada saat menyetir fi jalanan yang rusak? Apalagi jika anda menggunakannya dalam kecepatan tinggi, tentu saja kondisi setir seperti ini akan sangat membahayakan bukan?

Namun banyak pengendara yang belum mengetahui apa yang menyebabkan setir mobiol bergetar ketika sedang berada di jalanan yang rusak. Berikut akan diulas lebih dalam penyebab setir mobil bergetar saat jalan rusak.

  1. Tidak Pernah Dilakukan Spooring Balancing

Spooring balancing merupakan jenis service mobil yang sangat vital yang penting dilakukan karena erat kaitannya dengan permasalahan-permasalahan yang menyebabkan setir mobil bergetar ketika di jalanan rusak.

Biasanya spooring balancing dilakukan ketika mobil menempuh jarak 10.000 km dan kelipatannya. Jika mobil anda tidak pernah dilakukan spooring balancing, maka tentu saja hal ini lah yang menyebabkan mobil terasa goyang saat berada di jalanan rusak.

  1. Velg Yang Kurang Sesuai Dengan Spesifikasi Mobil

Kebanyakan pemilik mobil ingin membuat tampilan mobil miliknya menjadi keren dan macho dengan mengganti beberapa item pada mobil, termasuk velg model racing dan ban yang memiliki telapak lebar.

Namun, terkadang komponen-komponen tersebut malah tidak sesuai dengan setiap mobil, sehingga menyebabkan mobil terasa oleng ketika dikendarai pada jalanna yang rusak.

  1. Keausan Pada Kaki-Kaki Mobil

Biasanya hal ini disebabkan karena komponen kaki-kaki mobil sudah aus maupun rusak. Mulai dari rakcsteer, long tie rod, tie rod, ball joint, dan lainnya. Coabalah lakukan pengecekan pada bagian komponen kaki-kaki mobil.

Ketika anda menemukan kerusakan dan permasalahan pada bagian kaki-kaki mobil, maka segera lakukan perbaikan dengan mengganti komponen yang rusak.

  1. Setelan Racksteer Terlalu Longgar

Biasanya pemilik mobil melakukan penyetelan pada racksteer sehingga membuat setir terasa lebih ringan, hal ini dilakukan dengan cara melonggarkan baut-baut penyetelnya. Namun jika pelonggaran dilakukan terlalu banyak malah akan menyebabkan freeplay. Sehingga ketika mobil dikendarai pada jalanan yang rusak dan dengan kecepatan tinggi membuat munculnya getaran yang disertai bunyi “duk duk” dari bagian depan mobil.

Jika memang anda pernah melakukan penyetelan pada bagian tersebut, maka anda bisa mengembalikan kondisinya seperti semula.

  1. Masalah Pada Sistem Pengereman

Selanjutnya, jika kondisi ini semakin parah ketika melakukan pengereman, maka permasalah dapat berasal dari sistem pengereman mobil. Anda bisa mencoba untuk mengecek kondisi disc brake (piringan rem) apakah posiisnya oleng atau tidak.

Jika memang oleng, anda bisa mencoba untuk melakukan penggantian dengan komponen yang baru.

  1. Permukaan Ban Benjol atau Tidak Rata

Hal ini biasanya terjadi jika pengendara mobil memiliki kebiasaan menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi pada jalanan yang rusak dan bergelombang. Akibatnya membuat kondisi permukaan ban mobil menjadi benjol dikarenakan sering menghantam lubang-lubang yang ada di jalanan. Kebiasaan ini akan membuat masalah yang serius pada ban dan berakibat membuat setir mobil bergetar.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara mendongkrak pada bagian depan mobil dan setelah itu putar ban dengan menggunakan tangan. Anda bisa meminta bantuan dari orang lain untuk melihat apakah kondisi ban terdapat benjol atay tidak. Jika iya, maka segra ganti ban mobil dengan yang baru. Pengecekan biasanya dilakukan pada bengkel yang khusus menangani spooring dan balancing.

  1. Piringan Rem Tidak Rata

Penyebab setir mboil bergetar saat jalan rusak lainnya adalah piringan rem yang tidak rata atau bergelombang. Hal ini semakin parah ketika dilakukan pengereman. Getaran tersebut kemudian diteruskan menuju setir mobil yang menyebabkan getaran terasa hingga pada tangan pengendara.

Untuk itu anda bisa segera melakukan pengecekan pada bengkel untuk memastikan kondisi piringan rem mobil anda. Efeknya akan lebih baik jika piringan rem yang sudah aus diganti dengan komponen yang baru.

  1. Laher atau Bearing Mengalami Keausan

Kondisi aus pada bearing atau laher roda depan juga menyebabkan getaran pada setir mobil. Namun biasanya getaran ini hanya dapat muncul ketika mobil sedang di rem saja. Getaran tersebut juga makin terasa ketika digunakan pada kecepatan tinggi dalam jalanan yang kurang rata.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut anda bisa menggantinya dengan komponen yang baru.