Akibat Kebiasaan Buruk Menutup Pintu Mobil Terlalu Keras Jangka Panjang

Pintu mobil adalah bagian yang sering terlupakan oleh pemiliknya. Padahal pintu mobil adalah bagian yang cukup penting. Sama seperti bagian-bagian lainnya, bagian ini juga sebaiknya dirawat secara rutin. Jika pintu mobil anda rusak, tidak dapat dibuka maupun tidak dapat ditutup. Bisa bayangkan bukan betapa kerepotannya anda?

Apalagi banyak pemilik mobil yang memiliki kebiasaan buruk, salah satunya menutup pintu mobilnya terlalu keras, dengan alasan jika tidak keras, maka tidak tertutup dengan sempurna. Pemilik mobil kadang terkesan membanting pintu bahkan berulang-berulang, padahal kebiasaan buruk yang satu ini akan menimbulkan dampak buruk bagi pintu anda.

Artikel kali ini akan membahas mengenai akibat-akibat yang ditimbulkan jika kita terlalu keras menutup pintu mobil. Adapun dampaknya adalah sebagaimana berikut :

      1.Pintu Mobil Dol

Saat ingin menutup pintu mobil anda dengan keras, anda harus ingat bahwa hal itu lama-kelamaan akan membuat pintu mobil lama kelamaan akan kebiasan diperlakukan keras, dan pada saat anda menutupnya dengan pelan atau sesuai dengan yang normalnya, biasanya pintu tersebut tidak akan mau mengunci, karena selama ini sudah diperlakukan dengan menutup keras.

  1. Karet Menjadi Keras dan Tidak Lentur Lagi

Dampak kedua jika anda memperlakukan pintu terlalu keras adalah karet pintu menjadi keras dan tidak lentur lagi. Lama-kelamaan karet pintu mobil anda akan keras atau getas bahkan body mobil bergetar. Tentu saja Hal ini diakibatkan oleh seringnya pintu tersebut ditekan terlalu keras pada karet penutup pintu tersebut, karena lama – kelamaan karet pintu mobil tersebut akan aus dan lama kelamaan akan berasa seperti getas, hal ini tentunya berpengaruh terhadap keamanan pintu mobil anda.

  1. Pintu tidak Presisi

Dampak yang ketiga jika anda menutup pintu terlalu keras adalah pintu mobil anda tidak akan presisi pada saat dibuka ataupun di tutup. Terlalu keras menutup pintu akan mengakibatkan berubahnya posisi piranti –  piranti pada pintu. Sebaiknya tutuplah pintu anda dengan kekuatan saja, jangan terlalu keras atau bahkan dibanting.

Baca Juga ( Penyebab Kaca Mobil Macet Yang Wajib Diketahui )

Nah itu tadi akibatnya jika anda sering menutup pintu mobil anda terlalu keras. Jadi tutuplah pintu anda dengan sedang-sedang saja, yang terpenting pintu tertutup dengan rapat, hilangkan kebiasaan menutup pintu dengan keras atau bahkan membantingnya. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like