World Premier Brio RS Generasi Baru Di GIIAS 2018

 

Surabaya, Otomotif1.com – Honda Propect Motor (HPM) belum lama daam siaran persnya menegaskan, bahwa mereka berencana akan menggelar world premier di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018), yang dijadwalkan akan berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 mendatang.

Meski pihak HPM tidak menyebutkan produk apa yang akan digelar dalam world premier tersebut, seorang sumber yang dapat dipercayakan mengatakan bahwa produk tersebut tidak lain adalah Honda Brio generasi terbaru.

Meski sempat ditepis isu tersebut oleh Jonfis Fandi, Marketing & After Sales Director -HPM.”Jangan tanya sekarang, nanti aja kita lihat bersama-sama di GIIAS 2018,” katanya.

Sebenarnya produk apa yang akan diluncurkan nanti, marilah kita tengok sejenak kebelakang. Karena jika kita melihat debut dunia dari produk Honda, HR-V facelift sudah dilakukan world premier –nya di Jepang beberapa bulan lalu. Freed, rasanya tidak mungkin. Kemudian Honda Jazz, rasanya masih terlalu lama. Jadi satu-satunya produk Honda yang paling masuk akan untuk di gelar World Premiernya di GIIAS 2018 siapa lagi kalau bukan  Honda Brio RS generasi terbaru.

Karena satu-satunya mobil murah Honda karena perubahan siklus hidup saat ini adalah Honda Brio. Honda Brio generasi pertama diperkenalkan secara global pada tahun 2011 dan di Indonesia pada tahun 2012. Pada IIMS 2016, Honda Brio facelift akan diresmikan. Indonesia adalah pasar terbesar pembuat mobil Jepang di kawasan Asia dan Oceania, dan Brio adalah penjual utamanya di sana. Tahun lalu, penjualan tahunan mobil di sana tumbuh 34%.

Pengenalan Honda Small RS Concept di IIMS 2018 telah mengindikasikan bahwa Honda Brio yang benar-benar baru dalam karya. Honda Small RS Concept terlihat hampir sama dalam ukuran dan proporsi sebagai Honda Brio saat ini.

Honda Small RS Concept menampilkan lampu depan yang lebih besar dan persegi panjang mirip dengan Honda Mobilio facelifted, lampu ekor yang didesain ulang yang mengingatkan Ford Figo dan bak truk konvensional sebagai pengganti tailgate semua-kaca. Perubahan ini harus tetap dalam versi produksi. Pasar ASEAN mungkin mendapatkan grade RS sporty sekali lagi, dengan lampu depan proyektor yang menampilkan panduan lampu LED, velg 15-inci dan suspensi yang disetel berbeda. Interiornya mungkin terlihat hampir identik dengan Honda Amaze yang serba baru.

Tidak ada rincian tentang Honda Brio generasi terbaru saat ini. Honda dapat menawarkannya di sebagian besar pasar dengan mesin bensin i-VTEC 1,2 liter yang sama yang menggerakkan Honda Brio saat ini dan bahkan Honda Amaze yang sama sekali baru. Mesin bensin empat silinder yang diaspirasi secara alami menghasilkan 90 PS pada 6.000 rpm dan 110 Nm torsi pada 4.800. Transmisi manual 5-percepatan atau transmisi variabel yang terus-menerus mengalirkan tenaga ke roda.

Di Filipina, Honda Brio saat ini didukung oleh mesin bensin 1.3L i-VTEC yang mengembangkan 100 PS pada 6.000 rpm dan 13,0 kg.m (127,49 Nm) torsi pada 4.800 rpm. 5-speed manual dan 5-speed automatic adalah pilihan transmisi.

Honda Brio generasi berikutnya mungkin akan dijual di Indonesia tidak lama setelah premier dunianya. Well, kita lihat saja !

You might also like