Booster Rem Mobil: Cara Kerja, Fungsi dan Cara Perawatannya

Dalam kendaraan bermotor sistem pengereman merupakan salah satu piranti yang sangat penting, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sistem pengereman ini adalah salah satu komponen yang bisa menunjang keamanan dan keselamatan pengendaranya.

Salah satu dari komponen pengereman dalam mobil dikenal dengan nama booster  rem mobil. booster rem mobil atau yang dikenal dengan nama lain brake booster ni merupakan alat yang digunakan untuk menghasilakan tenaga yang digunkana sebagai penekan pedal yang dapat mengoperasikan sistem pengereman.

Adapun booster rem mobil ini menggunakan alat sejeni valum yang menggunakan perbedaan antara tekanan atmosfer dengan engine vacuum untuk menghasilkan tenaga tersebut.

Pada umumnya, booster rem mobil ini mendapatkan tenaga dari vacuum pada saluran masuk kedalam mesin. Tenaga vacuum yang diambil dari saluran masuk mesin ini nantinya akan disalurkan dalam bentuk tekanan ke dalam master cylinder saat si pengemudi menginjak pedal rem.

Hasilnya, tekanan pada master cylinder tersebut seolah – olah bersumber dai dua kaki pengemudi yang menginjak pedal tersebut, dimana satu kaki pengemudi yang memnginjak pedal, sedangkan satu kaki lagi dari booster rem tersebut.

Adapun kehampaan alias vacuum pada saluran meisn tidak aka nada saat mesin dalam keadaan mati.  Oleh karena hal tersebutlah dalm keadaan mesin mati, booster rre ini tidak akan bekerja. Akibatna, pada saat konsisi mesin mati, untuk menghentikan putaran ban maka hanya akan mengandalkan atau menggunakan injakan kaki pengemudi pada rem.

Fungsi Booster Rem Mobil

Adapun fungsi dari booster rem mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk meringankan pedal rem, sehingga anda tidak perlu menginjak pedal rem dengan keras untuk menghentkan laju mobil anda.
  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk meringankan energy yang akan dikeluarkan oleh si pengemudi pada saat melakukan pengereman.
  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga atau energi yang nantinya akan digunakan sebagai penekan pedal yang dapt mengoperasikan pada sistem pengereman.

Cara Kerja Booster Rem Mobil

Adapun cara kerja booster rem mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pada saat rem tidak digunakan maka katup udara akan dihubungkan kebatang operasi katup dan ditarik kearah kanan dikarenakan adanya pegas pembalik.
  • Katup kontrol akan didorong kearah kiri oleh pegan pengontrol. Hal ini akan mengakibatkan udara atmosfer akan mengalir melalui elemen pembersih udara yang kemudian di cegah masuk ke dalam ruang tekanan.
  • Pada saat konsisi booster rem ini tidak dalam keadaan digunakan, katup pada udara akan dipisahkan dengan katup pengontrol, sehingga membukan saluran yang terdapat didalamnya yaitu slauran A dan saluran B.
  • Pada saat rem pedal ditekan, maka batang pengopersian katup akan mendorong katup uara sehingga katup udara nantinya akan bergerak ke arah kiri.
  • Setelah itu, katup pengontrol juga akna bergerak ke arah kiri, sampai berhubugan dengan katup pengontrol tersebut, sehingga hal ini akan menutup pemukaan saluran antara A dan saluran B yang tadi.

Cara Perawatan Booster Rem Mobil

  • Lakukan pengecekan secara rutin, apakah kondisi booster rem mobil anda dalam keadan normal seeprti yang seharunsya.
  • Jika memang ditemukan ada masalah atau ada keadaan yang tidak normal, sebaiknya segeralah lakukan service ke bengkel resmi agar ditangani oleh ahli dalam bidang otomotif tersebut.
  • Jagalah perilaku berkendara anda, jangan ngebut dan melakukan pengereman secara mendadak karena akan merusak booster rem tersebut.