Cara Merawat Klakson Mobil agar Awet

Klakson dapat diartikan sebagai penanda apabila pengguna kendaraan akan mendahului pengendara yang ada di depan atau sebagai alat komunikasi antar sesama pengendara kendaraan. Apabila klakson tidak berfungsi tentunya akan sangat mengganggu pengendara, terlebih lagi kita sering menggunakan klakson sebagai alat komunikasi.

Sebagai pemilik mobil kita harusnya tau semua kondisi mobil kita termasuk komponennya dan usia pakai dari setiap komponennya. Salah satunya adalah klakson. Menurut standarisasi, klakson yang baik harusnya berbunyi sebanyak 10.000 kali. Itu berarti jika satu hari kita membunyikan 5 kali maka secara otomatis klakson tersebut bisa bertahan sampai 2000 hari atau sekitar 5-6 tahun.

Namun, pada kenyataannya usia klakson hanya ada pada kisaran 1-4 tahun saja. Itu berarti tidak sesuai dengan perkiraan usia klakson 5-6 tahun. Sehingga kita para pengguna kendaraan dapat mengukur usia komponen yang ada dimobil kita agar sesuai dengan usianya dan merawat setiap komponen tersebut tidak mudah rusak.

Penyebab Klakson Mobil Tidak Berfungsi

Sebelum kita membahasnya kita harus tahu dulu apa yang menyebabkan klakson tidak berfungsi agar dapat merawat klakson dengan baik.

  • Sekring Klakson

Langkah pertama bisa dicek aliran sekring mobil, jika sekring terputus maka klakson tidak akan berbunyi dan begitu sebaliknya. Sekring bisa terputus karena tegangan listrik ke sekring terlalu besar. Untuk memperbaiki sekring klakson ini bisa dengan mengganti sekring yang lama dengan sekring yang baru.

  • Kabel Klakson

Kabel klakson disini menghubungkan antara klakson dan juga stir mobil sehingga apabila klakson ditekan, klakson akan mengeluarkan bunyi. Namun, apabila kabel disini terputus maka klakson tidak akan berbunyi (mati). Ini terjadi karena korsleting listrik atau bisa juga karena kerusakan faktor eksternal seperti jamur, dll.

Untuk memperbaikinya hanya dengan mengetes terminal pada klakson dengan menggunakan test lamph yang dihubungkan dengan masa body kemudian tekan saklar klakson yang ada pada power streering mobil. Jika test lampu menyala itu artinya ada aliran listrik yang mengalir.

  • Klakson Rusak

Pastikan klakson itu menyala atau mati dan berfungsi atau tidak. Kita bisa mengeceknya dengan menghubungkan terminal positif dan negatif klakson mobil dengan aki. apabila klakson berbunyi maka klakson masih berfungsi dengan baik, begitu juga sebaliknya.

  • Rellay Klakson

Mobil yang sudah menggunakan rellay maka rellay tersebut juga wajib di cek. Rellay tidak akan berfungsi apabila sering terkena kotoran atau air. Untuk mengatasinya hanya perlu menggantinya dengan yang baru.

  • Saklar Klakson

Saklar klakson yang tidak berfungsi biasanya bisa disebabkan oleh berbagai hal yaitu, karena kotoran, terkena air, atau bahkan karena masalah kelistrikannya. Saklar klakson dapat diperbaiki dengan cara memastikan aliran listriknya baik, dan bersihkan juga dari kotoran yang menempel, jika memang belum bisa berfungsi segera bawa kebengkel agar bisa diperbaiki dengan tenaga yang lebih profesional lagi.

Cara Menjaga Kualitas Klakson Agar Awet

Karena klakson merupakan hal penting yang sering kita gunakan setiap hari saat berkendara. Selain pemahaman tentang penyebab klakson tidak berfungsi kita juga harus mengetahui bagaiamana cara merawat klakson agar awet sesuai dengan usia pakainya.

  1. Cara Penekanan Pada Saat Menekan Klakson

Penekanan pada klakson harusnya tidak dilakukan secara tergesa-gesa, setengah-setengah, terlalu lama, terlalu keras bahkan sampai memukul-mukul klakson. Apabila kita menekan teralalu keras yang ditakutkan penekanan keras tersebut akan mengenai saklar klakson yang mengakibatkan klakson tidak berfungsi. Jangan juga menekan klakson terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan klakson cepat memanas yang mengakibatkan klakson cepat rusak.

Sedangkan apabila kita menekan klakson setengah-setengah itu memicu percikan api  yang sangat membahayakan bagi umur klakson itu sendiri. Sehingga akibat dari itu tidak hanya rusak atau umur pakainya lebih pendek tapi juga dapat mengakibatkan bunyi yang dihasilkan tidak nyaring lagi.

  1. Gunakan Klakson Hanya Saat Diperlukan

Semakin sering kita menggunakannya maka semakin cepat umur klakson tersebut. Tapi tidak memungkiri kita untuk menyalakan klakson tersebut. Namun, hanya pada saat keadaan atau kondisi yang mendesak. Seperti saat kita berada dijalan raya dan menjumpai pengendara kendaraan lain yang membahayakan, maka kita bisa menggunkannya agar tidak terjadi kesalahpahaman antar sesama pengguna jalan.

  1. Cara Penempatan Klakson

Cara penempatan klakson ini menjadi sangat penting untuk diketahui oleh pengguna mobil. Seperti halnya rangkaian listrik yang lainnya, klakson tidak boleh terkena air walau sedikit. Apabila rumah keong klakson terkena air walau sedikit itu dapat menimbulkan kerak pada komponen klakson yang akan mengakibatkan klakson berhenti berfungsi.

  1. Pahami Kualitas Klakson

Karena klakson menjadi salah satu hal yang penting, untuk menjaga keawetan klakson itu sendiri juga harus kita lihat dari kualitas klakson yang kita gunakan atau kita beli. Jangan hanya karena harganya yang murah atau karena bentuknya yang unik membuat kita lupa akan fungsi klakson dijalan raya.

Bukan untuk sekedar bersenang-senang, klakson menjadi faktor penting dalam mencegah kecelakaan. Apabila kita menggunakan produk yang memiliki kualitas baik, selain umur pakainya lebih lama, juga demi menjaga keselamatan kita.