7 Cara Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil yang Perlu Diketahui

Saat hendak melakukan perjalanan untuk berlibur atau mudik bersama keluarga tentu harus mengatur barang bawaan dengan benar, agar tidak menganggu kenyamanan saat di perjalanan. Hal ini tentu juga bisa berpengaruh dengan keselamatan berkendara, menghindari muatan yang berlebih.

Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengatur barang bawaan di bagasi mobil sangatlah penting, supaya kita bisa nyaman saat perjalanan liburan atau mudik ke tempat yang jauh

Berikut caranya:

  1. Utamakan Barang yang Benar-benar Dibutuhkan

Mengingat kabin bagasi mobil yang tersedia untuk membawa dan menempatkan barang itu terbatas, sebaiknya anda membuat prioritas terlebih dahulu. Pastikan hanya barang-barang yang dibutuhkan selama liburan atau mudik saja yang dibawa.

Perhitungkan barang bawaan dengan lamanya anda akan di kampung halaman. Jangan sampai barang bawaan anda malah jadi menyusahkan anda selama perjalanan. Jika ada barang berharga pastikan posisi penempatanya dengan jelas. Tempatkan barang tersebut yang tidak jauh dari anda.

  1. Kemas dan Tatalah dengan Tepat

Pilihlah tas atau koper yang simpel saat ingin liburan atau mudik, sehingga memudahkan anda untuk membawanya dan juga tidak memakan tempat. Pilih juga koper atau tas yang memiliki roda agar memudahkan anda untuk mengangkatnya.

Tempatkan pakaian yang besar dan berat terutama baju dan celana di urutan terbawah. Setelah itu tempatkan koper, tas atau kardus yang berukuran besar ditempatkan di bagian bawah. Namun perlu di ingat kalau barang yang sering digunakan harus ditempatkan di bagian atas bisa dipisahkan dengan tas atau ardus tersendiri.

  1. Cermat dalam Menempatkan Barang Kecil

Barang-barang yang berukuran kecil bisa dimasukkan ke kantong-kantong atau sela yang ada di tas atau koper tersebut. Maksimalkan ruang tas atau koper yang anda bawa.

  1. Urutkan Penempatan Sesuai dengan Ukuran Tas atau Koper

Hal yang perlu anda ingat adalah tempatkan tas atau koper berukuran besar di bagian terbawah dan jika urutanya menyamping maka tempatkan itu di bagian samping. Letakkan tas yang berisi barang-barang sangat penting dan sering digunakan di bagian paling atas.

Urutan seperti ini selain memudahkan pengambilan juga untuk keamanan, karena tas atau koper yang ditumpuk mudah bergeser atau berpindah tempat sehingga saat mobil mengerem mendadak atau menikung barang bawaan anda tetap aman dan tidak berantakan.

  1. Hindari Tumpukan Barang Menutupi Kaca Belakang

Hal yang kerap dilupakan saat liburan atau mudik oleh orang-orang adalah menumpuk barang bawaan sampai ke atas dan menutupi kaca bagian belakang mobil tersebut. Itu akan menyebabkan pengemudi akan kesulitan melihat situasi di belakang mobil.

Kondisi seperti itu sangat membahayakan bagi anda karena di sepanjang perjalanan tentu akan ramai oleh kendaraan yang lain juga, sedangkan kita juga tidak mengetahui secara persis kondisi jalan yang akan kita lalui.

Kita harus tetap waspada dari segala sisi mobil yang ada baik depan, samping kanan, samping kiri maupun belakang mobil, itu sangat wajib hukumnya. Oleh karena itu tumpuk barang sewajarnya saja batas maksimal menumpuk barang adalah setinggi jok mobil tersebut.

6 Maksimalkan Ruang Penyimpanan

Setelah semua bagasi di mobil terisi semua namun masih ada barang bawaan yang masih belum masuk? Tidak perlu kawathir, sebab masih ada langkah untuk mengakomodasikanya, melalui ruang-ruang seperti cup holder, glove box di dashboard, center console sampai dengan di bawah bangku baris pertama.

Glove box di dashboard bisa kita isi dengan tas kecil berisi peralatan mandi, menyimpan handuk dan tas kecil bisa diselipkan di bawah bangku baris pertama. Namun perlu diingat agar tidak terlalu berlebihan menaruk barang karena hal tersebut termasuk salah satu cara merawat dashboard mobil. Untuk cup holder bisa diisi dengan botol minuman, termos kecil dan botol susu jika anda membawa seorang balita dalam perjalanan.

  1. Menaruh Barang Di Atas Atap

Meskipun semua mobil tidak dilengkapi dengan perangkat roofrail di bagian atapnya, namun fungsi ini sangat berguna ketika anda melakukan perjalanan liburan atau mudik yaitu mengangkut barang bawaan yang tidak muat di bagasi.

Bila atap mobil terintergrasi dengan roofrail anda bisa mengaplikasikan roofbox, cargo bag atau carrier basket untuk mengakomodasi barang bawaan tersebut. Perlu anda ingat untuk roofbox perlu mengikat barang dengan tali pengaman supaya posisinya tidak berpindah-pindah karena bisa menyebabkan kerusakan pada roofbox itu sendiri.