Akibat Isi Bensin Luber, Suzuki Thunder Terbakar Hebat

 

Malang, Otomotif1.com – Sebuah sepeda motor Suzuki Thunder terbakar di SPBU Sengguruh, Kepanjen Malang, Jawa Timur, Selasa pagi (29/5) sekitar pukul 08.00 WIB.

Suzuki Thunder yang katanya hendak mengisi bensin tersebut tiba-tiba terbakar hebat, dan menyebabkan kepanikan di sekitar SPBU dan warga disekitar jalan raya Sengguruh, Kepanjen.

Dari unggahan sebuah status di media sosial milik Agoes_Bandz terlihat kondisi bangkai Suzuki Thunder yang hanya menyisakan rangka.

Kebakaran tersebut sempat mengundang warga setempat beramai-ramai merekam dan mengunggahnya ke media sosial, sedangkan para petigas SPBU sempat lari tunggang langgang menjauh. Mereka khawatir terjadi ledakan di salah satu mesin pompa pengisian BBM tersebut.

Dari keterangan warga, Mochamad Ali (40) mengatakan, untungnya motor yang tengah terbakar itu sempat ditarik menjauh saat api masih berkobar. Api baru padam setelah warga beramai-ramai menyiram dengan air dan Apar berulangkali.

Dari hasil olah TKP, Kapolsek Kepanjen, Kompol Bindriyo menjelaskan penyebab utama kebakaran sepeda motor Suzuki Thunder warna hitam ini dikarena adanya percikan api dari busi yang distarter. Menurut Bidriyo, peristiwa ini bermula dari pengendara motor saat mengisi bensin dan menggeser kendaraannya yang menyebabkan luberan bensin menetes pada busi motor.

Sebagai masukan kepada pemilik kendaraan baik roda dua atau roda empat, janganlah pernah mengisi BBM sampai luber. Alasannya karena bahan bakar sebenarnya butuh udara, agar tidak terjadi endapan dalam tangki. Dan setiap tangki kendaraan sebenarnya selalu dilengkapi dengan lobang hawa yang fungsinya mengurangi tekanan yang dihasilkan bahan bakar saat ada di dalam tangki.

Banyak penyebab motor bisa terbakar,  mulai dari saluran bensin yang bocor. Saluran bensin ini antara tangki sampai karburator, sering kita temui selang bensin ngerembes bahkan paking karburator ngerembes basah bensin, kondisi ini berbahaya karena takutnya proses penguapan bensin bisa timbul percikan api apalagi ada busi atau kabel koil yang bocor.

 

You might also like