Cara Menguras Tangki Mobil paling Lengkap

Terkadang karena beberapa sebab, kita harus menguras tangki bahan bakar mobil kita. Karena kebersihan tangki pun juga penting adanya. Artikel kali ini akan membahas mengenai tata cara menguras tangki mobil dengan baik dan benar.

Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk menguras tangki bahan bakar dalam mobil anda tersebut antara lain:

  1. Dengan Menyedot Bensin

Cara menyedot bensin bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Habiskan Bahan Bakar Dalam Tangki Anda

Cara menguras tangki yang pertama adalah anda harus menghabiskan seluruh bahan bakar dalam tangki anda terlebih dahulu. Namun apabila memang mobil anda salah bahan bakar sehingga performanya tidak sebaik biasanya, anda hanya perlu menyalakan mesin mobil anda agar bahan bakar yang terdapat di dalam tangka tersebut habis. Setelah habis anda hanya perlu mengurasnya.

  • Gunakan Alat Penyedot Bahan Bakar

Cara menguras tangki mobil yang kedua adalah menggunakan alat penyedot bahan bakar. Umumnya  alat penyedot bahan bakar ini banyak dijual di toko suku cadang mobil. Alat penyedot ini merupakan pompa yang dioperasikan secara manual yang akan menyedot bahan bakar dari mobil anda ke dalam sebuah wadah.

  • Dengan Menggunakan Selang

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan selang. Bagian ini memang tergolong agak sulit, karena mobil yang lebih baru pada umumnya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangka apabla terjadi kecelakaan. Namun anda tetap bisa melakukan hal ini dengan mengarahkan selang tersebut pas pada lobang tangka bahan bakar tersebut.

Baca Juga ( Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua Agar Menjadi Baru Lagi )

  • Dengan Menggunakan Pompa

Selanjutnya, anda juga dapat membersihkan tangki dengan menggunakan pompa. Pompa ini juga bis anda peroleh di toko – toko otomotif atau bisa juga anda peroleh di toko penjual suku cadang otomotif yang lainnya.

  1. Menguras Bensin Bakar Dengan Pompa Bahan Bakar

Berikut ini adalah tahapan – tahapan yang bisa anda ikuti untuk melakukan pengurasan bahan bakar :

  • Hal pertama yang harus dilakukan, cek terlebih dahulu apakah mobil anda tangkinya dapat dikuras secara langsun? karena umumnya tidak semua tangki bahan bakar bisa dikuras secara langsung. Apabila anda dapat menemukan tangki berada di bawah mobil dan dapat melepas sambungan atau sumbat penguras kecil secara langsung , maka anda bisa langsung dengan mudah menguras tangka mobil anda tersebut.
  • Kedua, Letakkan dulang atau wadah di bawah sumbat penguras. Apabila ternyata masih terdapat sisa bensin dalam tangki bahan bakar anda, maka sebaiknya anda menampung bensin tersebut terlebih dahulu, ini agar bensin tidak tumpah ke lantai anda. Sediakan wadah yang sekiranya dapat menampung bahan bakar yan sisa tersebut.
  • Lalu masukkan tepat di bawah tangki mobil, wadah tersebut dan carilah selang sumbat penguras dalam mobil anda. Tangki bahan bakar merupakan wadah logam yang kukuh dan besar, berada di sisi mobil yang sama dengan tempat pengsian bensin. Gunakan pintu bensin sebagai pengukur. Pada umumnya berada pada bagain bawah kursi penumpang. Pastikan wadah tersebut anda tempatnya persis di bawahnya.
  • Buka terlebih dahulu baut sumbat penguras dan biarkan bahan bakar tersebut mengalir dengan sendirinya hingga habis. Langkah ini akan memakan banyak waktu sesuai dengan jumlah bahan abkar yang masih tersisa di tangki bahan bakar anda.
  • Setelah bensin yang terdapat pada tangki bahan bakar anda sudah habis dan berhenti mengalir, selanjunya lakukan pembersihan pada tangki tersebut karena dikhawatirkan ada beberapa kotoran yang menempel di dalamnya.
  • Setelah anda merasa tangki tersebut sudah bersih, tutuplah kembali sumbat penguras denagn rapat agar pada saat mengisi abhan bakar ke mobil anda tidak akan mengalami kebocoran.

Baca Juga ( Penyebab Gas Mobil Kosong )

Nah, kira-kira itu tadi tata cara menguras tangki mobil anda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda sekalian dan selamat mencoba.

 

You might also like