Kelebihan dan Kekurangan Pintu Mobil Automatic – Paling Lengkap

Seperti yang anda ketahui dan anda lihat, pintu mobil Automatic selalu memiliki kesan mewah, elegant dan canggih. Namun dibalik itu semua, tentu selalu terdapat kelebihan dan kekurangan produksinya.

Artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pintu mobil Automatic. Bagi anda yang mungkin tertarik membeli mobil dengan pintu automatic, mungkin anda harus tahu kelebihan dan juga kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Kelebihan Pintu Mobil Automatic

Berikut ini kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan mobil yang mempunyai pintu automatic :

  • Simple, Praktis dan Keren

Dengan adanya pintu automatic, sudah jelas saat kita ingin keluar masuk mobil akan menjadi lebih simple dan praktis. Pintu mobil pun juga terlihat lebih keren, mewah dan elegant.

  • Hemat Tempat

Dengan pintu automatic pada mobil anda, anda akan lebih menghemat lahan parkir dan tentunya anda akan lebih mudah memarkir mobil anda. Karena mobil dengan pintu automatic tidak membutuhkan lahan parkir luas, dibandingkan dengan pintu non automatic.

  • Hemat Tenaga

Jika pintu mobil anda automatic, anda akan lebih menghemat tenaga. Karena dengan menggunakan pintu otomatis, maka anda hanya tinggal menekan tombol saja maka secara otomatis pintu mobil anda akan terbuka.

  • Lebih Mudah

Dengan pintu automatic ini, tentu saja akan memudahkan penumpang untuk baris ke dua dan ketiga lebih mudah masuk ke kabin, Karena tidak harus melewati daun pintu jika dibuka. Dengan begitu, juga akan menghemat waktu.

Baca Juga ( Pengaman Pada Pintu Mobil )

Kelemahan Pintu Mobil Automatic

Berikut ini kekurangan yang ada pada mobil yang mempunyai pintu automatic :

  • Budget Perawatan Lebih Banyak

Pintu mobil automatic memang terkesan mewah dan canggih, namun disamping itu biaya perawatannya juga lebih mahal disbandingkan pintu non automatic.

  • Lebih Rentan Rusak

Kekurangan kedua, jika pintu mobil anda automatic, pintu tersebut lebih rentan rusak. Oh ya, jangan sekali – kali anda membukanya dengan bantuan tangan dan tenaga, karena jika anda melakukan hal tersebut maka lama kelamaan akan merusak tombol otomatis pintu mobil anda.

Baca Juga ( Akibat Kebiasaan Buruk Menutup Pintu Terlalu Keras – Jangka Panjang )

  • Proses Perawatan Lebih Ribet

Ini juga merupakan kekurangan mutlak, jika anda memiliki pintu automatic. Perawatan pintu automatic memang lebih ribet dan manja. Anda harus lebih extra melakukan pembersihan di area rel pintu mobil anda karena jika sedikit terdapat kotoran saja pada rel pintu tersebut akan membuat pintu automatic anda akan mengalami masalah nantinya. Selain itu anda juga harus memberikan perawatan pelumasan secara teratur.

Karena jika terlalu lama tidak diperhatikan, oli atau pelumasan rel pintu automatic tersebut akan mengakibatkan pintu tersebut seret dan menimbulkan kendala pada saat anda akan membuka pintu tersebut secara otomatis

  • Jangan Sampai Telat Melakukan Pengecekan Kondisi Bearing

Kekurangan jika pintu mobil anda adalah pintu automatic adalah anda harus lebih extra membersihkan dan menjaga kebersihan bearing pintu mobil automatic anda. Adapun perawatan yang harus anda lakukan untuk menjaga bearing ini adalah dengan cara melumasinya dengan oli yang terbuat dari paraffin. Jangan melumasinya dengan menggunakan oli yang biasa, karena oli tersebut hanya akan membuat kotoran akan menempel banyak pada bearing mobil anda nantinya.

Nah, mungkin itu tadi kelebihan dan kekurangan yang akan anda dapatkan jika pintu mobil anda adalah pintu automatic. Semoga menambah wawasan anda. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like