Toyota Sienta Facelift Meluncur Juli 2018

 

Surabaya, Otomotif1.com – Toyota Sienta salah satu MPV medium yang dimiliki Toyota memang sedang mengalami masa sulit. Hal ini bisa dilihat dari jarangnya Toyota Sienta wara-wiri di jalanan Kota Surabaya. Jarangnya terlihat Toyota Sienta bersliweran di jalan-jalan ternyata dikuatkan oleh jumlah penjualannya yang terus menurun belakangan ini.

Dari data Gaikindo, penjualan Toyota Sienta pada tahun 2017 lalu, rata-rata penjualannya sebanyak 1.819 unit setiap bulannya.

Namun, memasuki tahun 2018 penjualannya menurun tajam, hingga pada bulan April 2018 saja Toyota Sienta dilaporkan penjualannya hanya sebesar 300-unit  saja setiap bulannya.

Jika menghitung sejak awal pertama meluncur pada tahun 2016 lalu, nampaknya TAM memang harus sudah bisa memberikan penyegaran, untuk menyiasati penjualan Sienta yang semakin turun.

Dan nampaknya kesan penyegaran Sienta bakalan tidak lama lagi, karena generasi kedua Toyota Sienta akan mendapatkan facelift pada Juli 2018, seperti yang dilansir majalah Best Car, Jepang.Secara kebetulan, MPV akan merayakan ulang tahun ketiga juga bulan depan.

Penyegaran dari MPV medium pada Toyota ini menurut Best Car akan mendapatka perubahan pada desain eksterior dan interior, peningkatan sistem keselamatan dan masih banyak lagi.

Perubahan desain eksterior mungkin termasuk headlamp tweak dan grafis lampu belakang, bumper yang direvisi, grill depan baru, dan velg baru. Perubahan interior mungkin termasuk upgrade ke MID dan sistem infotainment, trim baru dan pelapis dan beberapa fitur kenyamanan baru.

Informasi yang didapat Toyota Sienta (facelift) akan dilengkapi dengan paket Keselamatan Sense generasi kedua untuk meningkatkan keselamatan. Model pra-facelift tersedia dengan (generasi pertama) paket Toyota Safety Sense C dari fitur keselamatan preventif.

TSS-C termasuk Sistem Pra-tabrakan (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) dan fungsi tambahan yang mendeteksi pergerakan maju kendaraan sebelumnya dan meminta pengemudi dengan peringatan audio dan visual jika pengemudi melanjutkan menunggu bahkan setelah kendaraan sebelumnya telah bergerak maju. Dengan upgrade ke paket TSS gen kedua, PCS Toyota Sienta mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda di depan. Sistem terakhir ini, juga bisa membuat mobil mengerem secara otomatis jika pengemudi lalai.

Toyota Sienta tersedia dengan empat mesin bensin: bensin 1NZ-FE 1,5L, bensin 2NR-FE 1,5L, bensin 2NR-FKE 1,5L, dan mesin bensin 1,8L 2ZR-FAE.

Di Jepang sendiri, Toyota Sienta sudah tersedia dengan model hybrid dan electric. Pada Toyota Sienta Hybrid menggunakan kombinasi mesin bensin 1NZ-FXE 1.5 liter (74 PS / 111 Nm) dan motor listrik 2LM (61 PS / 169 Nm).

Setelah memulai debut di Jepang pada bulan Juli, dan kemungkinan Toyota Sienta facelift dapat mencapai pasar ASEAN menjelang akhir tahun ini.

You might also like