4 Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya

Melewatkan perawatan rutin tentu saja akan membuat permasalahan pada mobil anda. Terkadang mobil yang sering digunakan tanpa adanya perawatan dapat menyebabkan tenaga mesin mobil berkurang atau ngempos.

Kondisi seperti ini tentunya dapat terjadi secara tiba-tiba bahkan membuat tarikan terasa berat. Sebelum anda mengatasinya, tentunya anda harus mengetahui penyebab dan faktor yang memicu setelah itu menemukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

  1. Mesin Mobil Yang Overheating

Kondisi ini biasanya disebabkan karena sistem pendingin mobil yang kurang bekerja optimal sehingga menyebabkan komponen mesin mobil dapat memuai dengan ekstrim terutama pada bagian silinder atau piston.

Jika komponen ini memuai maka akan menyebabkan pergeseran piston dengan dinding silinder lebih besar. Hal ini lah yang membuat pergerakan menjadi lebih berat dan otomatis membuat tenaga mesin menjadi berkurang bahkan bisa menghilang.

Untuk itu maka sebagai pengemudi tentu saja harus selalu mengecek indikator temperatur mesin pada dashboard mobil. Jika pada indikator sudah menunjukkan kenaikan temperatur yang melebihi batas normal, maka segera hentikan mobil anda.

Hal ini akan sangat membahayakan ketika anda mengendarainya secara terus menerus bahkan memicu kerusakan yang lebih parah. Cara mengatasi mobil overheating adalah dengan membiarkan mobil beberapa saat hingga suhu menurun. Setelah itu dinginkan maka selanjutnya buka kap mesin sehingga pendinginan mesin dapat terbantu udara luar.

  1. Sistem Pengapian Yang Bermasalah

Sistem pengapian merupakan komponen yang sangat menetukan tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan karena hal ini menyangkut tentang kerja proses pembakaran. Sehingga ketika sistem pengapian mengalami masalah  maka bisa menyebabkan tenaga menurun drastis secara otomatis. Masalah pada sistem pengapian dapat disebabkan karena banyak faktor, mulai dari kerusakan pada bagian busi, kabel busi, hingga koil pada mobil tersebut.

Panasnya mesin kendaraan secara terus menerus akan sangat mempengaruhi komponen-komponen di dalam sistem pengapian menjadi kurang baik, semisal lapisan pada luar kabel busi yang mengeras akibat terkena panas secara terus menerus. Kondisi ini menyebabkan percikan api yang menuju busi mengecil dan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna yang secara otomatis membuat tenaga mesin menjadi berkurang dan ngempos.

  1. Kondisi Filter Udara Yang Kotor

Filter udara memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah kendaraan karena fungsinya yang menyaring udara agar terbebas dari beragam kotoran yang dapat menganggu kinerjanya. Mesin juga membutuhkan asupan oksigen di dalam udara yang membantu proses pembakaran.

Sehingga jika komponen filter udara penuh dengan kotoran atau debu, maka oksigen yang terserap akan berkurang dikarenakan kondisi filter yang penuh dengan kotoran yang menyumbat. Untuk mengatasi masalah ini maka tentu saja anda perlu membersihkan filter udara dari segala kotoran yang menempel. Jika kondisi filter sudah terlalu parah, maka sebaiknya anda menggantinya dengan yang baru.

  1. Busi Yang Kotor

Busi memiliki peranan yang cukup vital karena kualitas akhir dari sistem pembakaran akan sangat dipengaruhi oleh komponen ini. Kondisi busi yang kotor dan berkerak tentu saja akan menghambat proses pembakaran di dalam mesin.

Untuk mengatasi hal ini maka anda bisa mencoba membersihkan komponen busi kendaraan dari kerak yang menempel ataupun menggantinya dengan komponen baru jika kondisi kerusakannya cukup parah.

Mencegah Mobil Ngempos Saat Dikendarai

Tak hanya mengetahui cara mengatasi kerusakan yang terjadi, penting bagi anda untuk mencegah agar mobil tidak ngempos ketika dikendarai di jalanan. Hal paling penting yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada sistem pengapian serta pendingin mobil apakah bekerja secra normal atau tidak. Langkah-langkah dibawah ini bisa anda lakukan untuk mengecek kedua hal tersebut.

  • Pertama kali periksa kondisi dari air radiator. Apakah kondisinya keruh, kotor, atau masih bersih. Jangan lupa untuk memastikan jika kondisi radiator tidak basah. Kondisi radiator yang basah menunjukkan jika terjadinya kebocoran radiator yang harus segera anda perbaiki.
  • Pastikan jika sirkulasi air radiator dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.
  • Periksa kerja kipas pendingin, apakah berfungsi normal atau tidak. Hal ini akan sangat mempengaruhi suhu mesin saat sedang bekerja.
  • Yang terakhis jangan lupa untuk memeriksa volume dan kualitas oli yang digunakan, apakah masih baik atau sudah tidak layak digunakan.

Lakukan pemeriksaan diatas dengan cermat dan rutin sehingga nantinya anda bisa mengetahui kondisi mobil anda dengan baik sehingga dapat terhindar dari masalah tenaga mesin mobil ngempos. Anda bisa juga membawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan service secara rutin oleh teknisi yang sudah ahli. Sehingga jika terdapat masalah pada mobil, anda bisa segera mengatasinya.