Cara Menghilangkan Stiker Motor – Yang Jarang Diketahui

Bagi seseorang dengan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi, tentu mendandani motor sesuai keinginannya, akan memiliki kepuasan tersendiri. Banyak bagian-bagian motor yang perlu dimodifikasi, seperti bagian depan motor, jok motor, belakang motor dan sebagainya. Hingga menempel stiker-stiker favorit kita. Menempel stiker pada motor memang terlihat mudah dan menyenangkan. Namun menghilangkannya setelah anda bosan dengan stiker motor anda, itulah yang cukup sulit.

Mencabut stiker motor dapat menimbulkan beberapa masalah misalnya bekas stiker yang mungkin akan tertinggal, body motor tergores atau bahkan cat body motor yang terkelupas.Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas terkait dengan tata cara menghilangkan stiker pada motor. Semua perlu diketahui agar motor usia motor dapat bertahan lebih lama dan estetikanya terjaga.

Cara Menghilangkan Stiker Motor

Sebelumnya yang perlu anda ketahui. Stiker yang dimaksud dalam artikel ini bukan hanya stiker baru yang ditempelkan setelah pembelian, tetapi stiker-stiker pabrik berupa peringatan atau pemberitahuan lainnya yang sudah tertempel sejak pertama kali pembelian. Kabar baiknya, stiker pabrik ini tetap bisa dihilangkan tanpa meninggalkan bekas ataupun mengelupas cat. Asal memakai alat-alat yang tepat dan juga dengan kesabaran lebih, stiker motor yang bandel tersebut bukan lagi masalah besar.

Stiker yang membandel umunya melekat pada kondisi suhu yang dingin. Jadi untuk melepasnya dibutuhkan suhu yang panas. Tidak masalah memaparkan stiker dengan suhu panas, asalkan jangan menggunakan korek atau api terbuka. Menggunakan cairan pelarut juga direkomendasikan untuk melepas stiker membandel ini. Yang perlu anda ingat adalah, jangan pernah mengerik stiker motor, karena akan berdampak buruk pada body ataupun cat motor. Dilansir dari motorcyclecruiser.com, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan.

  1. Pertama, semprotkan body motor yang ditempeli stiker dengan semprotan WD-40. Biarkan stiker basah, supaya stiker menjadi tidak terlalu lengket.
  2. Setelah itu, diamkan cairan WD-40 membasahi stiker motor anda untuk beberapa saat. Kemudian paparkan suhu panas ke stiker yang basah tersebut dengan menggunakan pengering rambut. Keringkan juga bagian di sekitar stiker agar pinggirannya terkelupas sehingga nantinya mudah dilepaskan. Namun, jangan terlalu lama mengeringkan stiker dengan pengering rambut. Cat motor yang terpapar suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan permukaannya menipis, sehingga sangat mudah tergores.
  3. Ketika stiker tersebut mengering, Anda akan menyadari bahwa permukaan stiker akan menjadi lembut. Ketika hal ini terjadi, mulailah secara perlahan melepaskan stiker dari pinggir ujungnya.
  4. Ketika stiker terangkat, aplikasikanlah lagi suhu panas di bagian permukaannya sedikit demi sedikit. Jika stiker mulai mencair, kurangi panasnya. Jangan kaget bila ada bagian stiker yang meleleh. Anda dapat menghilangkannya nanti.

Baca Juga ( Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam )

Setelah pembahasan panjang lebar mengenai Cara Menghilangkan Stiker Motor diatas. Mungkin beberapa dari anda, ada yang bertanya-tanya,  semprotan WD-40 itu semprotan apa? Dapatkah jika diganti dengan semprotan pelarut lain? Jawaban adalah tidak. Untuk saat ini, semprotan WD-40 adalah yang paling dianjurkan untuk menghilangkan stiker motor. Namun, cairan ini banyak dijual di Indonesia. Tidak hanya di bengkel atau tempat reparasi lainnya, WD-40 juga dijual di toko perabotan rumah tangga maupun di situs jual beli online. Manfaat WD-40-pun tidak hanya untuk menghilangkan stiker. Dikutip dari cerpen.co.id, manfaat lain dari WD-40 yaitu:

  • Menghilangkan cat air, minyak ataupun pilok pada kendaraan
  • Menghilangkan permen karet
  • Membersihkan kloset
  • Membersihkan coretan dinding
  • Membersihkan furnitur dari kulit
  • dan manfaat lainnya.

Baca Juga ( Cara Menghilangkan Karat dengan Coca Cola Pada Komponen Mobil )

Nah, itu tadi cara ampuh untuk menghilangkan stiker pada motor anda. Sekarang anda tidak perlu khawatir dengan stiker yang membandel. Semoga informasi diatas bermanfaat. Selamat Mencoba.

You might also like