Akibat Jangka Pendek dan Jangka Panjang, Jika Kita Memberikan Beban Terlalu Berat Pada Mobil

Saat kita melakukan perjalanan jauh, mudik ataupun liburan kita sering membawa barang bawaan yang terlampau banyak. Padahal seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap kendaraan tentunya sudah dberikan standar mengenai beban bawaan ataupun standar berat barang yang mampu dibawanya. Begitupun dengan kendaraan roda empat atau mobil tentunya sudah mempunyai standar beban bawaan.

Namun terlepas dari semua itu, kita terkadang masih keras kepala untuk membawa barang bawaan terlalu banyak dan berat, padahal hal tersebut tentu akan memberikan dampak buruk pada mobil anda,  baik jangka pendek maupun  jangka panjang.

Untuk lebih jelasnya, artikel Otomotif1 kali ini akan membahas akibat jangka pendek dan jangka panjang, jika kita sering memberi beban terlalu berat pada mobil. Berikut penjelasannya :

Dampak Jangka Pendek

Adapun dampak jangka pendek akibat membawa beban terlalu berat pada mobil adalah sebagai berikut :

  • Boros Akan Bahan Bakar

Dampak jangka pendek jika anda terlalu sering memberikan beban berat pada mobil anda yaitu mobil anda akan menjadi boros bahan bakar. Hal ini karena pada saat beban yang dibawa kendaraan terlalu berat, maka beban kerja mesin juga meningkat.

  • Resiko Ditilang Polisi

Dampak jangka pendek yang kedua adalah bisa jadi anda nantinya ditilang oleh pihak kepolisian hanya karena masalah beban berat pada mobil anda. Karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa setiap kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaran pribadi, tentunya mempunyai batas maksimal beban angkut yang sesuai dengan standarnya.

Nah, apabila anda ketahuan oleh polisi sedang membawa barang bawaan yang berlebihan dari batas maksimal yang sudah ditentukan, maka polisi berhak mengambil tindakan yang tegas untuk anda yaitu “ menilang anda“.

  • Mengurangi Kenyaman Penghuni Kendaraan Anda

Dampak jangka pendek yang ketiga adalah anda dapat mengurangi kenyamanan penghuni kendaraan anda. Hal ini tentu berpengaruh, karena pada saat anda membawa barang terlalu banyak tentunya akan memaksa “ space “ atau tempat yang seharusnya tidak dikhususkan untuk barang, seperti di lantai atau karpet mobil anda misalnya, tentunya penghuninya akan merasa sempit dan tidak nyaman. Apalagi jika anda melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Kasihan bukan keluarga yang melakukan perjalanan jauh bersama anda?

Baca Juga ( Akibat Kebiasaan Buruk Menutup Pintu Terlalu Keras – Jangka Panjang )

Dampak Jangka Panjang

Adapun dampak jangka panjang akibat membawa  beban terlalu berat pada mobil adalah sebagai berikut :

  • Kerusakan Pada Ban Dan Vleg

Sampailah kita pada jangka panjang. Jangka panjang jika anda sering membawa beban berat pada mobil anda adalah dapat menimbulkan kerusakan pada ban dan juga vleg. Kendaraan yang sering membawa beban overload alias “Berlebihan“, akan membuat ban kendaraan anda juga lebih cepat habis akibat beban yang harus ditanggungnya terlalu berat.

Selain itu, apabila anda menggunakan ban yang aus atau tipis tersebut akan berpotensi membuat vleg mobil anda akan “ aus “.

  • Merusak Komponen Kaki – Kaki Mobil

Dampak jangka panjang yang kedua adalah akan merusak komponen kaki-kaki mobil atau understeels mobil anda. Apabila anda terlalu sering membawa beban overload, itu akan membuat daya tahan understeel pada mobil anda akan rawan patah, karena tidak kuat menahan beban yang ditanggungnya.

  • Manuver Mobil Akan Berkurang Dan Jarak Tempuh Yang Lama

Dampak panjang yang terakhir adalah manuver mobil akan berkurang dan jarak tempuh anda menjadi lebih lama. Hal ini sudah jelas, karena apabila beban mobil terlalu banyak dan berat, sudah pasti pada saat anda menemui tikungan, maka mobil anda akan susah cari titik keseimbangan yang tentunya akan berpengaruh pada jarak tempuh semakin lama.

Baca Juga ( Akibat Isi Bensin Luber, Suzuki Thunder Terbakar Hebat )

Nah, sudah tahu kan akibat jangka pendek dan jangka panjang jika anda sering membawa beban berat pada mobil anda. Bawalah secukupnya, selalu utamakan keselamatan anda sekalian, terlebih saat perjalanan jauh. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like