Inilah Cara Merawat Pintu Mobil Automatic

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, mengenai pintu automatic. Pintu mobil automatic memang lebih membutuhkan perawatan extra dan juga kehati-hatian dalam pemakaiannya.

Karena umumnya, jika pintu automatic ini sudah mengalami kelecetan, ia akan susah diperbaiki di kemudian hari. Untuk itu, sebaiknya anda harus melakukan perawatan secara berkala untuk menjaga kondisi pintu mobil automatic anda tetap aman.

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa cara merawat pintu automatic. Seperti apa cara perawatannya yang benar? Simak penjelasannya :

  1. Kondisi Rem Pintu Automatic

Cara pertama merawat pintu mobil automatic anda adalah dengan memperhatikan kondisi rel pintu automatic anda, pada saat anda membersihkannya, sebaiknya menggunakan lap khusus yang halus karena kotoran kecil saja dapat mempengaruhi kondisi rel pintu automatic anda, gunakan lap bersih untuk membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih.

Baca Juga ( Booster Rem Mobil : Cara Kerja, Fungsi dan Cara Perawatannya )

  1. Pelumas Gemuk

Cara kedua merawat pintu mobil automatic anda adalah dengan memberinya pelumas gemuk. Tetapi yang harus anda perhatikan adalah gemuk yang digunakan adalah gemuk yang mengandung paraffin, jangan sampai yang mengandung oli karena gemuk yang mengandung oli akan membuat kotoran menempel di rel pintu mobil anda.

  1. Bearing

Berikutnya adalah dengan merawat bearingnya. Apabila pintu mobil automatic anda sudah mengeluarkan bunyi yang aneh atau tidak lazim, maka itu dapat menjadi pertanda anda harus melakukan pelumasan dengan menggunakan oli ke bearing pintu mobil anda. Lap terlebih dahulu bearing tersebut, kemudian oleskan oli agar kondisinya tidak kering atau aus.

  1. Hindari Benturan

Cara merawat pintu mobil automatic anda yang terakhir adalah pada saat anda menutup atau membuka pintu mobil automatic anda, hindari benturan secara langsung berupa hentakan pintu mobil, karena hentakan tersebut, bisa membuat pintu anda cepat rusak. Kebiasaan – kebiasaan yang anda lakukan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi pintu tersebut nantinya. Meskipun pintu mobil anda automatic, tetap hindari menutup pintu mobil anda terlalu keras.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Pintu Mobil Automatic – Paling Lengkap )

Nah, itu tadi beberapa cara merawat pintu automatic pada mobil. Memang sedikit lebih sulit, dibandingkan merawat pintu non automatic tapi bukan berarti tidak ada cara lain untuk membuat pintu automatic anda menjadi lebih terawat dan juga awet. Selamat mencoba.

 

 

You might also like