Inilah Penyebab Klakson Mobil Tidak Menyala – Yang Perlu Anda Ketahui

Klakson mobil anda adalah komponen yang cukup penting. Bayangkan jika klakson mobil anda mati dan apa yang terjadi? Tentu sangat berbahaya bukan? Karena mengingat fungsi klakson mobil yang amat penting, sehingga jangan sampai klakson mobil anda tidak bekerja ataupun tidak menyala. Tentu saja ini akan membuat berkendara anda menjadi tidak nyaman.

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa penyebab klakson mobil anda tidak menyala. Agar anda sekalian tidak penasaran, Berikut ini penjelasannya.

  1. Kabel Klakson Bermasalah Atau Putus

Sebab klakson mati yang pertama adalah karena kabel klakson bermasalah atau kemungkinan putus. Sudah jelas saja, jika hal tersebut terjadi, klakson anda tidak akan berbunyi walaupun anda tekan berkali-kali. Umumnya, kerusakan pada kabek klakson terjadi karena masalah kelistrikan atau kabel yang putus diakibatkan karena terdapat jamur dan karat.

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menggunakan tes terminal pada klakson mobil dengan test lamph. Hubungkan test lamp dengan masa body dan kemudian pencet saklar klakson jika diperlukan. Jika test lamp menyala, hal ini adalah pertanda jika terdapat arus listrik di dalamnya dan kondisi kabel dalam keadaan normal. Jika tidak maka dipastikan ada masalah pada kabel klakson mobil anda. Untuk memperbaikinya, anda bisa menggantinya dengan kabel yang baru jika memang sudha putus dan rusak.

Baca Juga ( Etika Menggunakan Klakson yang Wajib Anda Ketahui )

  1. Sekring Klakson Bermasalah

Sebab klakson mati yang kedua adalah karena sekring klakson bermasalah. Jika mungkin sekring klakson terputus, maka sudah dipastikan klakson mati ketika dibunyikan. Sekring yang mati umumnya disebabkan karena adanya suplay listrik yang terlalu besar ataupun karena usia pemakaiannya yang sudah tua dan sudah seharusnya diganti. Untuk mengatasinya, anda dapat mengganti sekring dengan yang baru. Gunakan sekring yang sama dan sesuai dengan bawaan pabrik sehingga dapat bekerja dengan baik pada mobil anda.

  1. Saklar Klakson Bermasalah

Penyebab klakson mati selanjutnya adalah karena saklarnya bermasalah. Kerusakan yang demikian ini biasanya disebabkan karena adanya karat pada lempengan tembaga, kotoran yang sudah menumpuk, ataupun masalah pada kelistrikan mobil. Untuk memperbaikinya memang agak rumit, yakni anda perlu membongkar saklar dan memastikan jika aliran listrik yang mengalir baik dan cukup. Setelah itu bersihkan semua kotoran yang menempel. Jika anda merasa kesulitan, maka anda bisa membawa mobil anda ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki.

  1. Rellay Klakson Bermasalah

Sebab klakson mati yang terakhir adalah Rellay klakson bermasalah. Jika sudah terjadi hal ini, maka kemungkinan akan menyebabkan klakson mobil anda tidak menyala. Kerusakan ini terjadi biasanya disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama atau sering terkena kotoran dan air di dalamnya. Untuk mengatasinya, anda bisa menggantinya dengan rellay yang baru dan sesuai pabrikan mobil anda.

Baca Juga ( Cara Merawat Klakson Mobil Agar Awet )

Nah, kira-kira itu tadi beberapa sebab mengapa klakson mobil anda tidak menyala. Jika mungkin anda mengalami permasalahan diatas, semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Salam.

You might also like