Inilah akibatnya, Jika Anda Menggunakan AC Mobil Secara Berlebihan

Seperti yang sudah kita ketahui, bumi memang sudah sangat panas saat ini. Alangkah nyamannya jika disiang hari saat kita berkendara, kita menyalakan AC didalam mobil. Tetapi saking nyamannya, terkadang kita lupa jika kita sudah terlalu lama menggunakan AC.

Karena memang pada dasarnya AC merupakan kebutuhan yang mendasar bagi kita, terlebih saat udara diluar sangat panas dan juga penuh dengan polusi, namun tahukah anda, jika kita berlebihan menggunakan AC maka ada akibat-akibat buruk yang akan kita rasakan nantinya. Berikut penjelasannya :

  1. Bahan Bakar Anda Akan Boros

Dampak penggunaan AC mobil yang pertama adalah pemakaian bahan bakar mobil anda menjadi lebih banyak (boros). Dengan menggunakan AC secara berlebihan, tanpa anda sadari, anda akan lebih banyak menghabiskan bahan bakar mobil anda.

Baca Juga ( Penyebab Mobil Boros BBM dan Cara Mengatasinya )

  1. Gangguan Paru-paru

Akibat yang kedua, jika anda menggunakan AC secara berlebihan adalah anda dan keluarga akan lebih rentan terkena gangguan paru-paru. Gangguan kesehatan tidak dapat diremehkan.

Hal ini terjadi karena suhu dalam mobil anda terlalu dingin dan juga tidak terkontrol. Apabila anda membawa seorang yang mengalami gangguan pernapasan, sangat disarankan untuk jangan menggunakan AC karena akan cukup berbahaya. Anda yang sehat pun juga akan berpeluang sakit pernapasan jika anda sering berlebihan menggunakan AC.

  1. Tenaga Kendaraan Anda Jadi Berkurang

Akibat yang ketiga adalah tenaga kendaraan anda jadi berkurang. Hal ini diakibatkan oleh penggunaan Ac yang berlebihan sehingga mesin mobil anda cepat panas.

Baca Juga ( 4 Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya )

  1. Merusak Ozon

Akibat yang ketiga jika anda sering menggunakan AC secara berlebihan adalah anda ikut berkontribusi untuk meruzak lapisan ozon bumi kita. Bagi kebaikan lingkungan bumi secara keseluruhan, CFC yang dihasilkan oleh penggunaan AC anda dapat mengakibatkan lapisan ozon yang ada di atmosfer bumi kita menjadi berlubang. Jika sudah banyak yang berlobang maka tentu saja sinar ultraviolet dapat dengan bebas mengenai kulit kita, tentu saja itu akan sangat berbahaya.

 

Nah, itu tadi beberapa akibat jika anda menggunakan AC mobil anda secara berlebihan. Semoga senantiasa menambah wawasan anda sekalian. Jangan Lupa Menggunakan AC secukupnya. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

You might also like