Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 100 KM/Jam – yang Perlu Anda Ketahui

Yang perlu kita tahu adalah mobil yang terlalu sering digunakan pada kecepatan tinggi, akan berdampak buruk pada kinerja mobil itu sendiri. Jika kinerja mobil tersebut menurun, tentu akan menyebabkan masalah-masalah pada mobil, yang tentu saja akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Jika sudah seperti itu, masalah yang dialami oleh mobil mulai beragam adanya. Salah satunya masalah yang disebabkan oleh rem mobil. Umumnya masalah tersebut mencangkup : Rem cakram mobil panas, rem blong, rem trombol macet. Rem menjadi lebih seret dan yang lainnya.

Sedangkan pada saat kita mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, terkadang setir mobil yang kita gunakan bergetar, nah, artikel kali ini akan membahas mengenai sebab-sebab setir mobil bergetar pada kecepatan 100 Km/Jam.

Karena faktanya, setir mobil yang bergetar penyebabnya bukan hanya karena masalah rem mobil. Penyebab setir mobil yang bergetar juga dapat terjadi karena kecepatan mobil yang terlalu tinggi, misalnya 100 km/jam.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 100 km/jam

Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 100 km/Jam dapat dikarenakan oleh beberapa hal. Menurut laman www.oards.com, diketahui ada lima penyebab setir mobil bergetar ketika berada dalam kecepatan tinggi maupun kecepatan yang rendah :

  1. Ban yang Tidak Seimbang

Penyebab setir bergetar saat mobil berkecepatan 100 km/jam adalah ban yang tidak seimbang. Ini sebab paling umum terjadi. Untuk membuktikannya, anda perlu memeriksa ban mobil Anda terlebih dahulu. Jika ban mobil Anda kekurangan tekanan udara (kempes) atau bagian luarnya usang, maka kemungkinan ban mobil Anda akan kehilangan keseimbangan ketika menyentuh jalan. Karena setir mobil yang mengendalikan arah roda mobil, maka keadaan ban yang tidak seimbang ini akan menyebabkan setir mobil bergetar.

Baca Juga ( Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Jalan Rusak )

  1. Masalah Pada Roda

Penyebab kedua adalah terdapat masalah pada roda mobil anda. Wheel bearing atau bantalan ban memiliki tingkat keawetan yang tinggi, namun tetap harus diperiksa untuk memastikan bahwa bagian ini tidak bermasalah. Karena wheel bearing juga bisa saja usang dan rusak. Selain itu periksa juga ball joint dan tie rod end pada roda mobil. Biasanya setir mobil yang bergetar ketika berbelok disebabkan karena tie rod end yang bermasalah. Sedangkan setir yang bergetar ketika lurus disebabkan karena masalah ball joint.

  1. Masalah Pada Rem

Penyebab mobil bergetar jika digunakan pada kecepatan tinggi adalah kemungkinan ada masalah pada rem. Jika mungkin setir mobil Anda bergetar ketika pedal rem anda injak, berarti kemungkinan rotor pada sistem pengereman mobil Anda bermasalah. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa bagian kaliper pada rem mobil. Karena kaliper yang bermasalah juga dapat menyebabkan setir mobil bergetar. Terutama pada mobil-mobil tua.

  1. Kerusakan Pada Axle

Penyebab yang keempat adalah adanya kerusakan pada Axle. Jika mungkin sebelumnya mobil anda pernah mengalami kecelakaan dan setir mobil mulai bergetar setelahnya. Kemungkinan axle mobil anda rusak ataupun bengkok, biasanya itu akan berdampak pada setir yang bergetar baik pada kecepatan tinggi maupun pada kecepatan rendah. Jika batang setir mobil Anda yang rusak, maka Anda akan mengalami keadaan setir yang bergerak tidak karuan ke kanan dan ke kiri.

  1. Masalah Pada Mesin

Penyebab yang terakhir karena adanya masalah pada mesin mobil anda. Asal anda tahu, Setir yang bergetar adalah tanda pertama dari mesin mobil yang rusak. Selanjutnya jika masalah mesin semakin parah, maka keseluruhan mobil juga bisa bergetar.

Baca Juga ( 7 Penyebab Body Mobil Bergetar )

Nah, itu tadi beberapa sebab setir mobil bergetar saat dikendarai di kecepatan tinggi. Semoga senantiasa menambah wawasan anda dan anda pun juga tidak terlalu panik dan bingung saat tahu setir mobil anda bergetar saat anda mengendarainya dengan kecepatan tinggi. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like