SUV Murah Dibawah 100 Juta – Yang Layak Anda Miliki

Saat ini mobil sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita. Disamping itu, setiap pembelian mobil juga sudah sangat dipermudah, mulai dari DP Ringan ataupun angsurannya yang ringan. Berbagai jenis mobil ditawarkan dengan DP atau angsuran ringan. Salah satu mobil yang masih menjadi favorit masyarakat kita, salah satunya adalah jenis SUV. Mobil SUV memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat kita karena tampilannya yang elegant dan mewah.

Sebagian orang mengidam-idamkan mobil SUV. Hingga rela memeras keringat dan menabung mati-matian agar mendapatkan mobil yang diinginkan tersebut. Nyatanya harga mobil SUV ini umumnya cukup mahal.

SUV sendiri itu adalah sebuah singkatan dari Sport Utility Vehicle yang dapat diartikan sebagai klasifikasi mobil penumpang yang dibangun diatas kerangka truk ringan. Memang kalau di Indonesia masih jarang sekali yang memiliki, karena persepsinya masih membutuhkan dana yang tinggi.

Normalnya mobil yang dikategorikan sebagai SUV ini dilengkapi dengan penggerak empat roda atau sering disebut 4WD atau 4×4. Hal tersebut berfungsi agar SUV dapat digunakan pada  medan berat. Tapi Biasanya, di Indonesia hanya sekedar mobil SUV biasa alias bukan 4×4 seperti halnya Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, Fortuner, dan Pajero.

Ciri khas yang dimiliki mobil ini umumnya dipasangi ban serep dibagian belakang yang memiliki jarang yang tinggi dari tanah. Faktanya, di Indonesia sendiri, mobil SUV mempunyai nilai tersendiri dibanding mobil lain. Setiap mobil memang punya keunggulan masing-masing namun mobil jenis ini mempunyai keunggulan sendiri hingga menjadi sebuah aktor benda mati yang mempunyai banyak penggemar.

Artikel Otomotif1 kali ini akan membahas mengenai beberapa mobil SUV murah dengan harga dibawah 100 Juta. Mungkin anda bertanya-tanya, apakah ada SUV dengan harga dibawah 100 Juta? Tapi bagaimana jika memang ada? Lebih baik anda simak artikel dibawah ini. Beberapa mobil SUV dibawah ini dibanderol dengan harga dibawah 100 Juta :

  1. Toyota RAV 4 (1994)

Mobil SUV dibawah 100 Juta yang pertama adalah Toyota RAV 4. Mobil keluaran 1994 ini mempunyai empat generasi yang berawal dari mesin kompak Toyota 2.500cc 4 silinder Dual-VVT-I sebagai penghasil tenaga hingga 176hp dan torsi 172 lb.ft.

Disamping itu, hal itu masih dalam cc dan dan jumlah silinder yang sama namun VVT-inya menggunakan ECO Mode. Walaupun bukan termasuk mobil keluaran terbaru, bahan bakar mobil satu ini relatif cukup irit untuk mobil sekelasnya karena mencapai angka 11,8liter/100km di dalam kota dan 9,1liter/100km jangkauan luar kota.

Baca Juga ( Berbasis Tangga, Nissan Hadirkan SUV Berteknologi Tinggi New Terra Ke Asia Tenggara )

  1. Honda CR-V Gen 1-2

CR-V masih saja menjadi favorit masyarakat kita. Walaupun mobil ini bukan produk terbaru Honda namun ia mempunyai suspensi double wishbone bagian depan dan belakang yang membuatnya sangat nyaman dikendarai.

Mesin B2OB 1,973 cc yang dibuat pada tahun 1997 hingga awal tahun 1999 ini mempunyai tenaga output 126 HP pada 5.400 RPM dan torsi 130 Nm yang pada putaran mesinnya hingga 4,300rpm dibuat standar. Melihat perkembangan zaman muncul kembali mesin B20Z pertengahan tahun 99 yang dimaksimalkan pada torsi low-end-nya.

B20Z merupakan upgrade dari B2OB hingga memilih power 150 HP pada 6.300 RPM, torsi 180Nm pada 4,500 RPM yang menjadi penopang bobotnya yang tidak ringan. CRV versi CBU menjadi domain pada kedua mesin tersebut dan versi CKD menggunakan mesin F20A pada sedan HONDA. Transmisi yang diletakkan pada belakang kemudi ini terbagi 2 jenis yaitu transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed yang memiliki konsumsi bahan bakar 6-8 kilometer setiap liternya untuk dalam kota dan delapan sampai sepuluh kilometer untuk jalan luar kota.

Selain itu Honda CR-V dengan kapasitas 1.998cc yang di produksi 2002-2004 mempunyai mesin 4 -silinder dengan tenaga 145 dk dan bantingan suspensi yang keras. Namun pada baris ketiga tempat duduk terasa cukup sempit yang nyaman diduduki anak kecil. CR-V 2004 ini dibanderol dengan harga second 90jutaan saja, cukup murah bukan?

Baca Juga ( Mobil SUV Murah dan Irit Paling Rekomendasi )

  1. Nissan Terrano 2004

SUV Murah dibawah 100 Juta selanjutnya adalah Nissan Terrano keluaran 2004. Nissan Terrano memiliki design dengan aura tangguh, tegas dalam setiap sudut body nya. Mobil satu ini merupakan SUV andalan merk Nissan sebelum X-Trail dan Juke dengan langsiran harga second sekitar 80jutaan.

  1. Suzuki 2004 (Grand Escudo XL-7)

Suzuki Grand Escudo XL-7 keluaran tahun 2004 juga merupakan SUV murah dibawah 100 Juta. Suzuki Grand Escudo XL-7 memiliki kapasitas mesin 2.5liter V6 16 katup DOHC, ini memiliki pilihan transmisi antara manual dan otomatis dengan suspensi yang nyaman. Grand Escudo XL-7 mempunyai interior mewah dan memiliki fitur yang melimpah yang dipasarkan pada tahun 2003-2007 sebagai penerus dari Escudo. Kendaraan roda empat ini dirancang dengan kenyamanan layaknya mobil sedan, namun tangguh dan memiliki desain khas SUV dengan harga second yakni kisaran 80-90jutaan saja.

Baca Juga ( Mobil SUV paling Irit dan Bertenaga )

  1. Hyundai 2005 (Tucson GLS)

SUV bekas yang dibanderol dengan harga 100 Juta-an selanjutnya adalah Hyundai Tucson GLS keluaran 2005. Mobil keluaran korea ini memiliki kabin senyap yang tidak akan mengganggu kenyamanan pengendara.

Hyundai juga memiliki mesin yang halus dan daya jelajah yang baik, karena ia memiliki kaki-kaki yang tinggi, selain itu mobil ini juga menjadi salah satu pelopor mobil SUV di negara asalnya. Bantingan dan suspensi yang lembut menjadikan penumpang dan pengemudi akan merasakan nyaman selama perjalanan. Mobil ini sendiri, secondnya dibanderol dengan harga sekitar 80jutaan.

  1. KIA 2005 (Sportage)

Selanjutnya adalah KIA Sportage 2005. KIA ini memang belum seberapa jika dibandingkan dengan mobil-mobil merk jepang, namun Mobil asal Korea Selatan ini nyaman dipakai di segala medan, Ground clearance Sportage tinggi dan bantingan suspensinya yang empuk sehingga nyaman untuk dikendarai. Walaupun bahan bakarnya tidak terlalu bagus dan jok mobilnya dinilai ergonomis, pengemudi akan terasa nyaman mengendarainya. Secondnya, mobil ini dijual dengan harga 80jutaan.

  1. Daihatsu 2007 (Terios)

Mobil SUV bekas dibawah 100 Juta yang terakhir adalah Daihatsu Terios keluaran 2007. Walaupun mungkin suspensi terasa sedikit limbung dan akselerasinya sedikit lambat, namun Low SUV ini mempunyai ground clearance yang tinggi sehingga memudahkan pengguna melalui medan yang berat.

Sedangkan Harga jual mobil ini tergantung tipe, tahun pembuatan dan kondisi mobil. Terios keluaran tahun 2007 ternyata mempunyai harga second masih sekitar 80jutaan.

Baca Juga ( Sepanjang 2018, Penjualan Honda Di Segmen SUV Meningkat )

Itu tadi beberapa mobil SUV bekas yang dapat anda miliki dengan budget dibawah 100 Juta. Yang mana yang paling membuat anda tertarik? Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan anda, sebelum anda membelinya. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

You might also like