Kongsi Toyota-Suzuki Lahirkan Baleno Bercorak Corolla

 

Surabaya, Otomotif1.com –  Tidak ada kawan dan lawan yang abadi, yang ada hanya kepentingan abadi. Pepatah yang berbau politik setidaknya cocok sebagai pembuka mengenai terjalinnya kerjasama duo raksasa otomotif asal negeri Sakura, Jepang antara Suzuki-Toyota di India sana.

Kemitraan antara Toyota dan Suzuki  untuk berbagi merek (rebadge) di India akan mengeluarkan beberapa produk selain Suzuki Vitara  yang berlogo Toyota juga Suzuki Baleno yang menggunakan logo Toyota.

Toyota dan Suzuki telah bermitra untuk berbagi kendaraan anak perusahaan India satu sama lain, dan perjanjian ini termasuk Maruti Baleno. Otomotif manipulator Kleber Silva telah menciptakan rendering untuk menunjukkan bagaimana Suzuki Baleno dengan logo Toyota akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Model yang dibagikan oleh Maruti Suzuki dan Toyota Kirloskar Motor kemungkinan akan mengikuti norma yang biasa seperti kendaraan yang diremajakan (facelift).

Jika melihat dari tampilan gambar, model penggabungan dua merek tersebut cenderung memiliki fasia depan dan belakang berbeda.

“Kemungkinan besar, kedua perusahaan tersebut bersepakat hanya akan mengubah bagian-bagian kecil dari kendaraan ini, seperti bumper, lampu dan kisi-kisinya,” ujar Kleber.

Di sisi lain jika mengacu pada gambar yang sudah ada, model rebadged mungkin memiliki velg unik. Perubahan lembaran logam pun tidak mungkin, karena akan mengarah pada pengembangan dan biaya produksi yang lebih tinggi.

“Baleno dengan logo Toyota yang dibuat di sini (India-red) memiliki fasia depan yang sangat terinspirasi oleh spesifikasi generasi kesebelas Toyota Corolla model lama yang beredar di Amerika Utara. Sementara pada bagian belakang, akan terlihat lampur ekor juga berasal dari model yang sama, hanya saja dari produk Toyota Corolla model S yang sudah mengalami pembaruan,” jelas Kleber.

Namun demikian, mengenai interior Baleno berlogo Toyota ini, Kleber tidak berani berspakulasi lebih jauh. Apakah akan tetap mempertahankan seperti interior Baleno yang sudah ada seperti sekarang ini atau mengalami perubahan sesuai dengan kesepakatan kedua raksasa otomotif  Jepang tersebut.

Suzuki Baleno dengan Logo Toyota, kemungkinan akan hadir dengan menggunakan mesin Toyota dengan transmisi yang sama dengan Baleno yang sudah ada saat ini. Mesin Baleno yang sudah ada sekarang ini menggunakan mesin bensin 1.2L yang dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Sementara yang bermesin diesel menggunakan mesin 1.3L yang digabungkan dengan 5-percepatan.

Peluncuran Baleno berlogo Toyota ini sendiri baru akan dilakukan pada kuartal kedua tahun 2019.

You might also like