Daihatsu Gran Max Masih Memimpin di Kelas Light Comercial

 

Surabaya, Otomotif1.com – Di tengah ketatnya persaingan dan bermunculannya banyak produk baru, Daihatsu sepertinya tetap tenang dan tidak jor-joran“latah” mengeluarkan mengeluarkan model baru. Meski demikian, Daihatsu tetap mempertahankan posisi kedua produsen mobil terbesar di Indonesia.

Dari data Gaikindo sampai dengan April 2018, Daihatsu berada di urutan kedua setelah Toyota yang kemudian diikuti Mitsubishi dan Honda menempel ketat.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia mengalami penjualan positif diawal tahun 2018. Selama Januari 2018, Daihatsu mencatat penjualan sebesar 18.788 unit dengan market share 19,6 persen.

Kepada wartawan beberapa waktu di Hotel Swiss-Inn Tunjungan, Surabaya, Regional Head Jawa Timur PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Budhy Lau memaparkan, penjualan kendaraan di kelas light comersial seperti Gran max masih tetap tinggi karena dipicu kondisi ekonomi membaik dan pembangunan infrasturktur serta dibukanya beberapa ruas tol baru oleh pemerintah. Hal inilah yang menjadi Daihatsu Gran Max masih tetap memiliki penjualan terbesar.

“Daihatsu Grandmax sudah cukup lama sebagai market leader dengan jumlah penjualan tertinggi di Jawa Timur dan beberapa daerah di Indonesia. Karena sebagai kendaraan light commercial car, Gran Max selain irit dan memiliki kapasitas angkut cukup besar di kelasnya,” ujar Budhy Lau, beberapa waktu di Surabaya.

Lebih jauh Budhy Lau menjelaskan, jika penjualan Gran Max memang menopang penjualan Daihatsu di awal 2018.

“Secara umum penjualan Daihatsu sampai dengan Januari 2018 didukung oleh lima kontributor utama, yaitu Sigra, Xenia, Gran Max Pick up, Ayla dan Terios,” jelasnya lagi.

“Namun, penjualan teratas dipegang oleh Gran Max Pick up dengan raihan total penjualan nasional sebesar 4.390 unit, dan di Jawa Timur penjualank Gran Max terbesar sampai saat ini masih dipegang oleh Malang sebesar 75 persen,” jelasnya lagi.

Sebagai informasi tambahan, penjualan Daihatsu pada Januari 2018, Ayla menyumbang 2.611 unit, Terios 2.512 unit dan minibus Gran Max 939 unit. Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi sebesar 282 unit.

“Kami berharap pencapaian ini dapat terus memotivasi untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purna jual terbaik,” tutup Budhy Lau.

 

 

 

You might also like