Suzuki Siap Luncurkan Skuter Listrik Pertamanya Di Tahun 2020

 

New Delhi, Otomotif1.com – Suzuki telah mengungkapkan bahwa selain dari mobil listrik, divisi kendaraan roda dua di perusahaannya sedang mengembangkan model motor listrik untuk pasar India.

Seperti ditulis Indianautos, Jumat (6/7), Suzuki Motorcycle India berencana untuk meluncurkan skuter listrik pertama di India pada 2020 yang juga diikuti oleh sepeda motor listrik.

Kantor pusat Suzuki Jepang sendiri, telah meminta kepada Suzuki Motorcycle India untuk bersama-sama mengembangkan skuter listrik dan sepeda motor listrik barunya yang nanti akan diluncurkan di India.

Permintaan ini disambut baik oleh Suzuki Motorcycle India dan telah menugaskan timnya yang beranggotakan lima orang mempelajari lebih jauh tentang kendaraan listrik roda dua ini.

Tingginya biaya skuter listrik juga masih dikeluhkan oleh Satoshi Uchida Suzuki, Managing Director Suzuki Motorcyle India.

“Biaya skuter listrik masih tinggi jika dibandingkan dengan skuter konvensional. Saat ini kami sedang mempelajari bagaimana kami dapat menawarkan skuter listrik yang dapat diakses dan mengatasi masalah jangkauan. Kita harus memiliki skuter listrik untuk India pada tahun 2020,” ungkapnya.

Satoshi Uchida Suzuki, Managing Director Suzuki Motorcycle India.

 

Untuk merampungkan proyek ini, Suzuki menggandeng dua perusahaan raksasa Jepang lainnya yaitu Denso dan Toshiba. Dan saat ini baru tahap pendirian pabrik manufaktur baterai di daerah Gujarat, India.

Sebagai info, sebenarnya Suzuki Motorcycle telah mengembangkan skuter listrik dengan label  e-Lets pada tahun 2011.

Suzuki e-Lets menggunakan baterai 100-volt dengan jarak tempuh hanya 30 km dengan muatan penuh. Proyek e-Lets ahirnya dihentikan karena skuter nol-emisi dengan jarak yang pendek seperti ini merupakan bukan pilihan yang praktis bagi konsumen.

Mengembangkan dan memasarkan skuter listrik adalah tantangan dimasa depan. Namun, mengingat kemajuan teknologi dan harga komponen baterai yang lebih rendah, kendaraan bermotor listrik bukan lagi mimpi yang jauh. Dibandingkan produk-produk sebelumnya, e-skuter Suzuki yang akan datang menjanjikan akan jauh lebih maju.

Suzuki Motorcycle, yang bekerja sama dengan perusahaan induknya, berencana untuk mendukung visi Pemerintah India untuk memiliki lebih banyak kendaraan roda dua listrik di jalan-jalan India. Setelah skuter listrik pada 2020, Suzuki berencana meluncurkan sepeda motor listrik di pasar India. Suzuki percaya bahwa mengadopsi kendaraan roda dua bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Konon, Suzuki Motorcycle India akan meluncurkan skuter bensin bertenaga Burgman Street pada 19 Juli. Perusahaan telah secara konsisten menjual lebih dari 40.000 unit Suzuki Access 125 per bulan dan Burgman, yang kemungkinan diposisikan di atasnya, akan melayani pengendara yang mencari lebih banyak gaya dan kinerja.