Kurangi Jumlah Lakalantas, Adira Insurance Gelar Safety Campaign Award 2018

 

Jakarta, Otomotif1.com – Meski angka kecelakaan lalu lintas sepanjang Januari-Desember 2017 yang mencapai 6.949 kasus, menurun 4 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 7.200 kasus, tapi jika dilihat dari jumlahnya, angka ini masih terbilang tinggi. Hal ini mengundang Adira Insurance untuk menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut.

Dengan tajuk ‘I Wanna Get Home Safely!’(IWGHS), kegiatan yang digelar untuk kelima kalinya ini, sekaligus menggelar ajang penganugerahan ‘Safety Campaign Award 2018’ (SCA) bagi para komunitas atau klub motor se-Jabodetabek yang selama ini aktif mengkampanyekan keselamatan di jalan.

“Kami sangat bangga bisa terus menyelenggarakan kembali ajang SCA2018. Kami ingin terus menularkan virus road safety kepada banyak orang terutama di kalangan kelompok pengguna sepeda motor, mengingat sekitar 70 persen kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor,” ungkap Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance, lewat siaran persnya yang diterima Otomotif1, Jumat (20/7).

Lewat ajang SCA ini, Adira Insurance mengajak para bikers untuk mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas sekaligus road safety yang baik dan benar kepada para masyarakat pengguna kendaraan di jalan raya.

“Pesan dari kampanye ini diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan impact yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan,” imbuh Tanny Megah Lestari.

Acara yang mengangkat tema Bikers Ready For Road Safety, SCA 2018 ini dibuka oleh Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head pada Sabtu (14/7) di Warung Tekko, Bekasi.  Dengan tema tersebut diharapkan seluruh bikers selalu siap saat sebelum berkendara, selama berkendara dan ketika harus menangani kecelakaan saat berada di jalan.

“SCA digelar sebagai bentuk apresiasi Adira Insurance terhadap komunitas motor yang aktif mengampanyekan keselamatan di jalan guna menurunkan angka fatalitas kecelakaan. Lebih jauh dari itu, kami berharap SCA dapat menjadi wadah bagi komunitas motor untuk mengembangkan komunitasnya secara mandiri dan terlatih untuk melakukan sosialisasi kampanye keselamatan yang berkelanjutan dan berdampak luas,” jelas Tanny Megah Lestari.

Bersamaan dengan peresmian pembukaan kegiatan SCA 2018, para bikers yang tergabung dalam komunitas motor dapat secara langsung mendaftarkan komunitasnya melalui website www.gethomesafely.co.id selama periode 14 Juli – 11 Agustus 2018.

Saat pendaftaran, peserta hanya perlu mengisi formulir beserta memilih tema kampanye yang akan digunakan saat mengikuti ajang SCA. Setelah itu akan dipilih Top 50 dari peserta yang sudah mendaftar dan akan didampingi oleh mentor untuk mengikuti tahap proposal, dimana komunitas harus membuat proposal satu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan. Dalam tahap ini akan dipilih 10 komunitas terbaik yang akan lanjut ke tahap implementasi. Pada tahap ini 10 besar komunitas terbaik akan mengimplementasikan kampanye keselamatan jalan yang telah dirancang pada tahap proposal.

Tahap akhir dalam rangkaian kegiatan SCA adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri. Tahap presentasi adalah tahap akhir pada rangkaian SCA. Pada tahap ini, 10 komunitas atau klub motor terbaik yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya diharuskan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan.

Tanny menambahkan yang membedakan penyelenggaraan SCA 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah lebih meningkatkan peran mentor saat mendampingi komunitas. Mentor akan dilibatkan langsung saat peserta SCA berada di tahap proposal. Tidak hanya itu, peningkatan kualitas mentor juga dilakukan seperti mengadakan pelatihan untuk para mentor dalam memberikan bimbingan terbaiknya untuk para peserta.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan rekan-rekan Adira Insurance untuk terus mengadakan ajang penghargaan SCA ini. Karena memang dibutuhkan semangat, komitmen dan keterlibatan yang mendalam untuk mewujudkan zero accident di Indonesia,” pungkas Eddo Rusdyanto, selaku perwakilan dewan juri SCA 2018.

 

You might also like