Ajang Reli Lintas Negara AXCR 2022 Jadi Pembuktian Tangguhnya Mitsubishi Triton Dalam Menaklukan Medan Berat

Otomotif1.com – Kemenangan besar tim Mitsubishi Ralliart diajang AXCR 2o22 menjadi signal bahwa sang legenda reli dunia akan bangkit dari tidurnya, setelah vakum selama kurang lebih 12 tahun.

Kemenanan besar Tim Mitsubishi Ralliart ini juga menjadi penanda akan tangguhnya Mitsubishi Triton sebagai mobil pekerja keras meskipun dengan mesin standar pabrikan.

Dalam ajang ini Tim Mitsubishi Ralliart menurunkan tia mobil dengan transmisi manual yang digawangi driver Rifat Helmy Sungkar (Indonesia) dan co-driver Chupong Chaiwan (Thailand) sebagai mobil pertama, driver Chayapon Yotha (Thailand) dan co-driver Peerapong Sambutwong (Thailand). Sedangkan mobil ketiga adalah driver Sakchai Hantrakul (Thailand) dan co-driver Kittisak Klinchan (Thailand).

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 26 November 2022 di Thailand dan Kamboja dengan dengan jarak total 1.524 kilometer (km), termasuk 637 km special stages (SS).

pembalap Chayapon Yotha (Thailand) sukses finis di posisi pertama secara keseluruhan, dengan total Setelah absen selama tiga tahun.

Melakukan start pada tanggal 21 November di Buriram, di bagian timur laut Thailand, di mana SS pertama dari reli dan seremonial start diadakan.

Paruh pertama reli di Thailand sebagian besar terdiri dari etape berkecepatan tinggi di jalan beraspal yang kasar dan kering, sedangkan babak kedua lebih menantang dengan genangan air yang besar dan dalam yang tersebar di jalan berlumpur yang disebabkan oleh hujan lebat yang mengguyur lintasan dan jalur yang lebih sulit dibandingkan dengan lima tahapan sebelumnya menunggu para peserta di Kamboja.

Chayapon Yotha, mengendarai mobil Triton #105, finis kelima di SS1 pada hari pertama. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat di SS2, SS terpanjang AXCR tahun ini dengan lintasan 203 km, dan naik ke posisi keseluruhan teratas. Setelah itu, kinerja mengemudi yang kuat dan handling Triton yang gesit membantunya menyelesaikan SS3 di urutan ketujuh, SS4 di urutan keenam, SS5 di urutan kelima, dan SS6 di urutan kelima, dan dia mempertahankan keunggulan yang telah dia bangun di SS2 untuk mengambil kemenangan keseluruhan.

Rifat Sungkar di mobil #118 finis SS1 di posisi keenam setelah rekan setimnya. Dia mengincar posisi yang lebih tinggi, tetapi setelah menderita ban kempes dan kerusakan sasis di SS2, akibatnya dia turun ke posisi kedelapan.

Pekerjaan perbaikan tim memungkinkannya untuk melanjutkan reli keesokan harinya, dan Rifat Sungkar bersama Chupong Chaiwan sukses merangsek finis keempat di SS3, kelima di SS4, keempat di SS5, dan ketujuh di SS6, menyelesaikan reli di urutan kelima secara keseluruhan sambil membuktikan ketangguhan Triton.

Sakchai Hantrakul di mobil #119 dinyatakan positif Covid-19 setelah SS1 dan sayangnya harus menghentikan reli.

“Untuk AXCR tahun ini, kami membangun reliabilitas dan durabilitas Triton yang tinggi dengan menyetel mesin dan sasis, serta memasuki reli dengan spesifikasi yang relatif mendekati mobil produksi. Meski begitu, kedua mobil reli Triton memberikan tenaga berkendara yang kuat, dan saya sangat bangga dengan hasil akhir kami yang tinggi. Performa luar biasa datang dari para pembalap, yang mampu mengekstraksi performa Triton dan menunjukkan kepada kami beberapa pengendaraan yang hebat, para insinyur yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyetelan kendaraan dengan sempurna, semua staf yang memberikan dukungan, dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun. Kunci dari semua itu adalah dukungan luar biasa dari sponsor kami dan pesan dukungan penuh semangat yang kami terima dari para penggemar di seluruh dunia. Kami ingin menambah pengetahuan yang kami peroleh melalui partisipasi kami di AXCR kembali ke pengembangan kendaraan produksi, dan membangun ,kendaraan Mitsubishi yang lebih tangguh, lebih bertenaga, dan lebih andal,” urai Hiroshi Masuoka, direktur tim Mitsubishi Ralliart.

Hasil Keseluruhan Kategori Mobil di AXCR 2022
1st Chayapon Yotha (Mitsubishi Triton) 8:22:42
2nd Jaras Jaengkamolkulchai (Toyota Hilux Revo) 8:28:29
3rd Ikuo Hanawa (Toyota Fortuner) 8:28:34
4th Takuma Aoki (Toyota Fortuner) 8:38:26
5th Rifat Sungkar (Mitsubishi Triton) 8:39:56
6th Tawee Neanna (Isuzu D-Max) 8:51:24

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here