Ajang Reli Lintas Negara dan Terganas di Asia AXCR 2022, Siap di Gelar

Otomotif1.com – Setelah sukses melakukan uji coba pada Juni 2022 yang lalu, Tim Mitsubishi Motors Ralliart kini siap berlaga diajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022, yang akan dihgelar pada 21 November 2022.

Ajang reli lintas negara yang sudah mengantongi sertikat FIA bahkan ajang balapan yang banyak menjadi impian para pereli di Aia, serkaligus menjadi ajang pembuktian ketangguhan dari teknologi dan ketahanan mesin kendaraan, seperti halnya Mitsubishi Motors Coporation yang menjadi salah satu peserta padga ajang bergengsi ini dan menurunkan Mitsubishi Triton pada ajang AXCR 2022.

Ajang AXCR yang sudah digelar pada 1996 silam ini, menurut Mitsubishi Motors Corporation yang menurunkan tim reli legendarisnya yaitu tim Mitsubishi Ralliart menganggap ajang AXCR ini sangat penting, hal ini dibuktikan Mitsubishi Motors mendaulat Hiroshi Masuoka sebagai sebagai direktur teknik pada tim yang akan berlaga diajang AXCR 2022 ini.

Dalam rilis resminya yang diterima redaksi Otomotif1.com, Jumat (18/11/2022), Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa tim Mitsubishi Ralliart, yang mendapatkan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors, akan berpartisipasi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang diselenggarakan pada 21 November dengan tiga unit mobil reli Triton (di Group T1 prototype cross-country vehicles).

Pada hari pertama kompetisi, tim tersebut akan mengemudi di sebuah lintasan special stage (SS) di Buriram, timur laut Thailand, diikuti oleh seremoni pembukaan, dan juga stage berskala penuh di Thailand dari 22 November, sebelum akhirnya mencapai tujuan di Siem Reap, timur laut Kamboja, pada 26 November.

Pada 9 November, sebelum pembukaan dari AXCR, tim Mitsubishi Ralliart melakukan shakedown dengan mobil Triton reli yang akan digunakan di AXCR, pada area proving ground Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd. (MMTh) di Si Racha, Chonburi, Thailand.

Pada tahun sebelumnya, reli dilakukan pada bulan Agusuts pada periode musim hujan, dengan rute yang dibuat menantang dengan jalan yang dipenuhi lumpur dan penyeberangan sungai, tetapi tahun ini, pandemi COVID-19 mendorong reli dimulai kembali ke bulan yang lebih kering di bulan November. Akibatnya, selain dari rute yang berat, tim mengantisipasi jalur off-road yang kering dan tantangan baru termasuk tanjakan curam.

Untuk mempersiapkan tantangan ini, Tim Mitsubishi Ralliart menguji mobil reli Triton dengan total pengujian ketahanan sejauh 1.900 kilometer.

Setelah pengecekan keandalan dan daya tahan mobil reli sambil melakukan penyesuaian mesin dan sasis akhir untuk menghasilkan performa yang bertenaga dan kemudahan penanganan, tim dapat mengonfirmasi bahwa mobil-mobil tersebut siap untuk reli.

Pada Babak 0, sebanyak 56 kendaraan dengan rincian – 21 kendaraan di kategori sepeda motor, 2 kendaraan di kategori sespan, 32 kendaraan di kategori mobil, dan 1 kendaraan dengan kategori truk – akan melaju dalam SS pembukaan di kota dan kemudian berpartisipasi dalam upacara mulai diadakan di Chang Arena.

Reli sebenarnya dimulai pada tanggal 22 November 2022 dengan Babak 1, dan akan dipertandingkan di area sekitar Buriram, hingga Babak 3 pada 24 November 2022.

Babak 4 pada 25 November 2022 mengadakan reli di dekat perbatasan Thailand dan Kamboja sebelum menyeberang ke Kamboja untuk Babak 5 terakhir pada tanggal 26 November 2022, menuju garis finis di dekat situs Warisan Dunia Angkor Wat.

Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President of Mitsubishi Motors, menyampaikan:
“Insinyur ulung dari tim pengembangan kami yang mensupport berbagai kemenangan tim di World Rally Championship dan Dakar Rally, telah mewariskan teknologi ini kepada generasi menengah dan generasi muda kami, memungkinkan mereka mempersiapkan mobil reli untuk AXCR yang melelahkan. Di bawah kepemimpinan direktur tim Hiroshi Masuoka, yang telah memenangkan Reli Dakar dua kali berturut-turut, saya yakin tim akan bersatu untuk memberikan performa yang kuat dengan Mitsubishi Motors-ness. Silakan nantikan penampilan hebat dari Tim Mitsubishi Ralliart.”

Hiroshi Masuoka, Direktur dari tim Mitsubishi Ralliart, menyampaikan untuk memimpin tim menuju kemenangan sebagai direktur tim, saya telah memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman reli saya, membangun organisasi tim, dan bekerja untuk mengasah mobil kami.

“Mobil reli Triton telah meningkat setiap kali berlari, dan sekarang lebih cepat, lebih kuat, dan lebih tangguh. Kami memiliki organisasi layanan yang hebat untuk mendukung tim, memungkinkan para pembalap untuk mengerahkan 100% dari potensi mereka sendiri. Seluruh tim siap untuk tantangan berat ini,” ujar Masuoka.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here