12 Alat Repair Body Mobil Paling Lengkap Beserta Penjelasannya

Dalam berkendara, kita sering menemui kondisi yang tidak terduga. Misalnya kerusakan pada salah satu komponen kendaraan. Maka, dari itu, sebagai pertolongan pertama, sebaiknya kita membawa alat repair body. Alat repair body mobil jika dihitung memang sangat banyak jumlah dengan fungsi dan peran sesuai dengan kebutuhan dalam hal perbaikan. Tanpa memahami kegunaannya masing – masing, maka rasanya mustahil bisa menggunakannya dengan baik.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai alat repair body mobil yang akan diulas lebih dalam lagi. Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Obeng Plus dan Minus

Pada obeng plus (+), jika dilihat dari bentuk fisiknya menyerupai kembang, dan mempunyai fungsi utama untuk membanytu melepaskan baut atau pun mengencangkan baut khususnya yang mempunyai bentuk kepala menyerupai kembang.

Sedangkan pada obeng minus (-) jika dilihat dari bentuk fisiknya pipih. Namun, apabila dilihat dari sisi  horizontal menghadap ke bagian depan, maka terlihat menyerupai bentuk simbol minus (-). Fungsi utama dari obeng jenis ini ialah untuk membantu membuka baut yang mempunyai bentuk minus (-).

  1. Kunci Pas dan Ring

Kunci pas merupakan kombinasi antara kunci ring dan juga pas yang mempunyai fungsi tidak jauh berbeda dengan kunci pas. Kunci pas mempunyai bentuk datar yang modelnya seperti rahang dan bisa dimanfaatkan pada kedua bagiannya (bolak – balik). Hal dikarenakan kunci pas mempunyai sudut rahang yang tidak sama.

  1. Kunci Shock

Sebagian besar masyarakat mempunyai keinginan untuk membeli kunci sok disesuaikan dengan kebutuhan yang mereka perlukan untuk membantu memudahkan semua pekerjaan sehingga diharapkan menjadi lebih efisien. Sebagian lainnya berkeinginan memiliki kunci sok hanya untuk digunakan melengkapi koleksi perlengkapan perbengkelan saja agar sewaktu – waktu saat butuh tidak kebingungan. Untuk fungsinya sendiri bisa ditentukan sesuai dengan masing – masing spesifikasinya.

  1. Kunci Hexagonal dan Kunci Bintang

Kemudian, ada kunci hexagonal dan juga kunci bintang yang pada dasarnya mempunyai fungsi yang hampir sama dengan kunci sock atau pun obeng. Fungsi utamanya ialah untuk membantu proses membuka atau pun melepas baut khususnya yang mempunyai bentuk kepala hexagonal (bentuk menyerupai bintang). Untuk ukurannya sendiri terdapat beberapa menyesuaikan dengan standar yang sudah ada yakni inchi dan metric.

  1. Kunci Inggris

Alat repair body mobil selanjutnya ialah kunci inggris. Kunci inggris merupakan kunci yang mempunyai fungsi sangat serba guna untuk berbagai macam ukuran baut. Namun disarankan untuk menjadikan kunci inggris sebagai back up saja apabila kunci pas, kunci socket atau pun kunci ring memang tidak ada. Dikarenakan kunci ini mempunyai sifat tidak tetap dan juga bisa berubah ukurannya (flexible).

  1. Kunci Momen

Kunci momen mempunyai ukuran fisik yang cukup besar dan fungsi utamanya ialah untuk proses pengerjaan akhir sehingga baut atau pun mur bisa lebih kencang. Jadi pada saat permulaan untuk mengencangkan baut anda bisa menggunakan kunci biasa terlebih dahulu seperti kunci sock, kunci pas dan kunci ring. Selanjutnya maksimalkan dengan kunci momen.

  1. Tang

Tang merupakan alat yang bisa dipakai untuk memegang ataupun mencengkeram komponen – komponen yang nantinya akan dibuka. Caranya ialah dengan memutarkan bagian yang sudah dicengkeram tersebut.

Tang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan atau pun untuk melonggarkan baut namun tidak disarankan untuk penggunaan seperti itu sebab kekuatan cengkraman yang dimiliki oleh tang tidak bisa sebaik dan sekuat cengkraman kunci lainnya (kunci pas, sock, ring).

  1. Gergaji

Gergaji merupakan salah satu peralatan yang bisa dikatakan serbaguna karena bisa digunakan untuk memotong berbagai jenis benda. Namun penggunaan gergaji harus disesuaikan dengan benda yang akan dipotong. Jika benda yang akan dipotong adalah berbahan besi maka gunakan gergaji khusus untuk memotong besi.

  1. Palu

Palu merupakan peralatan serbaguna yang biasa digunakan untuk memukul – mukul benda lain sehingga pekerjaan pertukangan atau pun perbengkelan menjadi lebih mudah. Namun dalam hal penggunaannya anda harus hati – hati karena jika tidak bisa jadi tangan anda yang akan menjadi sasaran pukul.

  1. Kikir

Kikir dalam dunia pertukangan atau pun perbengkelan digunakan untuk meratakan dan mengikis benda sehingga mendapatkan permukaan benda yang rata dan halus. Jadi benda yang sudah dikikir tidak lagi memiliki permukaan yang tinggi rendahnya tidak sama.

  1. Pahat

Fungsi pahat secara umum yang sering dilakukan sehari – hari ialah untuk memotong, membuat lubang, mengupas dan juga untuk menjadikan benda menjadi lebih tipis sesuai dengan ukuran yang diinginkan sehingga nantinya akan memudahkan berbagai pekerjaan.

  1. Penitik dan Penggores

Penggores merupakan salah satu peralatan yang sederhana dan banyak digunakan untuk alat tulis seperti contohnya melukis benda-benda yang mempunyai tekstur keras. Bagian ujung dari penggores dibuat tajam dan meruncing serta berbahan keras sehingga tidak akan mudah patah atau rusak ketika digoreskan ke benda – benda keras.

Penitik merupakan salah satu alat pertukangan atau pun perbengkelan yang digunakan sebagai pemberi tanda dengan cara menekan bagian – bagian benda kerja yang diinginkan. Proses penekanan biasanya dilakukan pada benda kerja yang mempunyai tekstur lebih lunak dibandingkan tekstur yang dimiliki oleh alat penitik itu sendiri.

Demikian artikel terkait alat repair body mobil kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here