All New Xpander dan Xpander Cross Terima Diskon Permanen PPnBM Sebesar 50 Persen

Otomotif1.com – Meski Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang sedianya berakhir pada 31 Desember 2021, kabarnya bakal berlaku permanen pada 2022. Namun demikian, Kementerian Perindustrian telah mengajukan syarat utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan subdisi dari pemerintah, yakni memiliki kandungan lokal atau lokal purchase minimal 80 persen.

Hal ini mengacu pada salinan Keputuan Menteri Perindustrian No. 1737 Tahun 2021 tentang kendaraan bermotor dengan PPnBM Ditanggung Pemerintah (DTP).

Ini artinya, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengarahkan pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 0 persen untuk mobil baru akan digelar tahun depan untuk mobil-mobil keluaran terbaru yang memenuhi persyaratan.

Mobil baru yang memenuhi syarat dengan kandungan lokal minimalnya harus 80 persen. Dan sejauh ini ada belasan mobil yang sesuai dengan syarat tersebut.

Berdasarkan aturan tersebut sedikitnya ada 36 mobil yang mendapatkan diskon PPnBM, namun cuma 11 mobil yang kandungan lokalnya minimal 80 persen salah  satunya adalah duo Mitsubishi yakni Mitsubisho Xpander dan Mitsubishi All New Xpander dan Xpander Cross.

Atas informasi tersebut, Otomotif1 mencoba melakukan konfirmasi langsung kepada salah satu diler Mitsubishi terbesar di Jawa Timur.

Dari konfirmasi tersebut diperoleh keterangan, meski belum ada lampu hijau dari pihak MMKSI selaku distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia, kendaraan yang di jualnya untuk Jatim-Bali sudah mendapatkan diskon PPnBM sebesar 50 persen.

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here