Cara Aman Berkendara di Tanjakan Agar Tidak Mundur – Paling Mudah dan Aman

Semua orang pasti pernah mengendarai mobil dengan situasi jalan yang menanjak. Terlebih di kampung, pegunungan ataupun yang lainnya. Ini merupakan momok maupun tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Demi keamanan dan kenyamanan berkendara, anda sebaiknya tahu benar tahu benar tata cara berkendara di jalan yang menanjak atau tanjakan yang tajam.

Pada kesempatan kali ini, artikel Otomotif1 akan membahas mengenai tips-tips aman berkendara di jalanan yang menanjak atau tanjakan yang tajam, agar tidak mundur. Tidak ada salahnya anda menyimak artikel ini, siapa tahu akan sangat berguna nantinya.

  1. Memperhitungkan Kemiringan Jalanan

Cara pertama saat anda melewati jalan yang menanjak adalah anda perlu memperhitungkan kemiringan dari jalanan yang anda akan lewati tersebut. Jika memang jalanan tersebut tidak terlalu curam, maka anda bisa tetap mengendarai  mobil dengan tetap memposisikan gigi pada gigi 2 dan 3. Namun apabila jalanan tersebut sudah terlihat kemirinagn yang cukup curam maka sebaiknya gunakanlah gigi 1 agar mobil anda tidak mundur.

Baca Juga ( Ciri Mobil Yang Kuat dikendarai dijalan Tanjakan )

  1. Tindakan Saat Terjadi Kemacetan

Saat jalan menanjak dan jalan yang kita lewati juga macet. Tentu akan menjadi momok tersendiri bagi pengendara. Apabila pada saat berada di jalan tanjakan terjadi kemacetan maka perlu dilakukan pengereman dengan tiga cara, yakni :

  • Anda dapat menggunakan rem tangan dan anda juga harus memahami tata cara menyetel rem tangan.
  • Setelah itu, diikuti dengan rem kaki.
  • Lalu, memastikan menggunakan setengah kopling.
  1. Manfaatkan Rem Tangan Sebagai Back Up

Cara ketiga mengendarai mobil saat berada dijalan tanjakkan adalah dengan pengereman rem tangan dan hal ini dapat dilakukan pada saat kemacetan yang panjang sehingga memungkinkan mobil anda tidak akan berhenti lama.

Apabila anda ingin mencoba metode ini, pastikan untuk menarik rem tangan, baru pindahkan gigi pada posisi netral dan pada saat jalanan mulai lancar maka pindahkan ke gigi 1 kemudian menekan pedal gas lalu melepaskan kopling secara perlahan, kemudian tahap terakhir anda tinggal melepaskan handle rem atau rem tangan.

  1. Pengereman Menggunakan Kaki Sesuai Kebutuhan

Cara keempat adalah Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki. Pengereman seperti ini dapat anda lakukan pada saat mobil anda berhenti tidak terlalu lama dan ini dilakukan agar mobil anda tidak mundur pada saat anda berada dijalanan yang menanjak, cara penggunaan rem seperti ini adalah dengan cara menekan secara perlahan pedal kopling bersamaan dengan menekan pedal rem.

Pada saat mobil akan dijalankan, maka anda bisa melepaskan kaki dari pedal rem terlebih dahulu secara perlahan, baru setelah itu injak pedal gas dengan diikuti melepas pedal kopling juga tentunya. Lakukan dengan menggunakan perkiraan yang tepat, karena bagi pemula, umumnya akan kesulitan.

  1. Lakukan Pengereman Setengah Kopling

Cara terakhir yang dapat anda lakukan terkait cara aman berkendara dijalan menanjak adalah melakukan pengereman setengah kopling. Pengereman setengah kopling disini maksudnya adalah saat mobil anda berhenti dalam waktu singkat, maka anda dapat mengkombinasikan antara pedal gas dengan pedal kopling. Setelah itu, baru anda menyesuaikannya saat menginjak kedua pedal tersebut agar tidak terjadi kesalahan nantinya. .

Baca Juga ( Kabel Rem Parkir Pada Mobil : Cara Kerja, Fungsi dan Cara Perawatannya )

Nah, kira-kira itu tadi beberapa tips sederhana mengenai cara aman berkendara di tanjakan agar mobil tidak mundur. Semoga menambah wawasan anda sekaliam. Tetap utamakan keselamatan dalam berkendara. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here