Astra Daihatsu Waru, Melayani Dengan Hati

Surabaya, Otomotif1.com – Tidak salah jika JD Power Asia Pacific pada tahun 2018 memberikan penghargaan kepada Daihatsu pada peringkat peringkat pertama untuk kategori Sales Satisfaction Index (SSI), atau indek kepuasan pelanggan terhadap penjualan produk Daihatsu. Dan penghargaan ini bukanlah yang pertama bagi Daihatsu, tetapi sudah menjadi langganan karena Daihatsu pernah mendapatkannya pada tahun 2012, 2015 dan 2016.

Konsumen bagi Daihatsu adalah ‘Sahabat’,  menjadikan konsumen sebagai sahabat tentunya membuat konsumen merasa nyaman, tidak merasa dikejar-kejar untuk mendapatkan SPK. Hal ini diceritakan oleh beberapa konsumen Daihatsu yang berhasil dijumpai Otomotif1, tentang bagaimana kepuasan mereka terhadap pelayanan dari para sales Astra Daihatsu Waru yang dipimpin oleh Michael Hendro sebagai Kepala Cabang Astra Daihatsu Waru saat ini.

Pelayanan sempurna Astra Daihatsu Waru dirasakan sendiri oleh konsumen bernama Takad yang tinggal di Perum Tanggulangin Asri, Sidoarjo atas pelayanan Sales Counter (SC) PT Astra Daihatsu cabang Waru Sidoarjo, Ersa Rosita.

Awal perkenalan Takad dengan Ersa, ketika dirinya pada tahun 2015 membeli Daihatsu Grandmax PU, melalui Ersa.

“Beberapa hari kemudian saya mendapat telepon dari Mba Ersa, kalau saya menjadi pemenang undian dan berhak atas 1 unit Grandmax. Jadi sekarang saya sudah memiliki 2 unit Grandmax dan baru saja nambah satu lagi produk Daihatsu, lewat Mba Ersa juga,” cerita Takad dengan logat medok Jawa Timuran.

Saat ini Takad memiliki 3 unit Daihatsu di rumahnya, ketika disinggung kenapa memilih Daihatsu, Takad menjelaskan bahwa dirinya puas dengan pelayanan Era rosita selai itu juga dirinya performa mesin Daihatsu, yang tidak rewel, irit bahan bakar, biaya perawatan terjangkau dan pelayanannya sangat ramah.

Ersa Rosita anak keempat dari empat bersaudara, lulusan sebuah Universitas Airlangga, sudah bekerja di Daihatsu Surabaya sudah 7 tahun. Awalnya di tempatkan di Daihatsu HR Muhammad, kemudian dipindah sampai sekarang di Daihatsu Waru.

Sebagai sales counter, apalagi di dunia otomotif Ersa sama sekali tidak menyangka, karena sama sekali tidak mengetahui seluk beluk soal mobil.

“Awalnya sih saya iseng, karena sama sekali gak ada pandangan tentang dunia otomotif, tapi lama kelamaan saya jadi tahu tahu dan mulai mencintai pekerjaan ini. Yang membuat saya betah, karena pekerjaan saya sebagai sales counter ini tidak monoton sesekali saya keluar menemui kostumer,” terangnya.

Lebih jauh Ersa menjelaskan, bagaimana konsumen merasa nyaman ketika bertemu dirinya,”Pertama tama kostumer saya ajak ngobrol, tidak melulu harus kita arahkan untuk jadi membeli unit, tapi saya lebih banyak mendengarkan keinginan konsumen. Dan saya tahu konsumen ini akan membeli kendaraan atau tidak. Pokoknya saya harus membuat konsumen itu merasa nyaman untuk berbincang-bincang dengan saya. Setelah konsumen merasa nyaman, pastinya dia gak akan kemana-mana,” jelasnya.

Menjadi sales counter sebagai ujung tombak dari pelayanan yang paripurna dari layanan Daihatsu khususnya di Daihatsu Cabang Waru, Ersa berbagi tips bagaimana membuat konsumen merasa nyaman.

“Sales itu pelayanan, sebisa mungkin dan semaksimal mungkin kita melayani kostumer dengan sepenuh hati dan jujur.Info apapun untuk kostumer kita kasih, jadi gak setengah-setengah, jadi kenapa kostumer itu percaya sama kita, karena pelayanan kita yang dinilai oleh mereka. Apa yang dibutuhkan kostumer kita layani dengan cepat, dan info apapun harus kita sampaikan,” ujarnya.

Menurut kriteria terkini dan studi pasar, faktor pelayanan setelah penjualan (after sales service) merupakan faktor penting yang patut dipertimbangkan. Daihatsu memiliki keyakinan kuat dalam memberikan produk yang berdedikasi-pada-kualitas bersamaan dengan upayanya memberikan kepuasan pelayanan setelah penjualan (after sales service), yang semata-mata dilakukan untuk meraih keyakinan publik.

Menyadari hal tersebut, Daihatsu dengan slogan “Daihatsu Melayani Anda Lebih Baik” telah bekerja keras mengupayakan layanan-setelah-penjualan (post-sale service) yang terbaik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here