AXIC Gelar Kampanye Prioritaskan Ambulan di Jalan Raya

Otomotif1.com – Minimnya kesadaran bertoleransi dalam berlalulintas khususnya untuk kendaraan ambulan di Indonesia masih kurang, hal ini banyak mengundang keprihatinan disebagian kalangan. Hal ini mengundang komunitas mobil sejuta umat untuk mengkampanyekan kesadaran dalam bertoleransi berkendara.

Dengan tajuk ‘Let The Ambulance Pass Through’ atau “Prioritaskan Ambulan di Jalan Raya”, Komunitas otomotif Avanza Xenia Club (AXIC) menggelar kampanye smart driving ke-6 . Setelah sebelumnya AXIC juga pernah melakukan kampanye smart driving seperti Anti Bahu Jalan, Seat Belt for All, No Hazard Just for Emergency Only dan Think Before Cross The Flood.

Dihadiri sedikitnya 6.000 member, peluncuran kampanye smart driving dilakukan acara “Sponsor & Media Partner Gathering AXIC” yang helat di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Sabtu siang (3/11).

Dalam acara ini juga panitia mengundang para PIC chapter dan ketua cabang AXIC. Saat ini klub ini memiliki 12 chapter di Jabodetabek dan 54 cabang di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Taufik Hidayatulloh, Ketua Umum AXIC mengatakan peluncuran kampanye keenam ini menjadi puncak acara, setelah acara perkenalan pengurus pusat AXIC periode 2018-2020, paparan rencana kegiatan dan inovasi kepengurusan baru ini, seperti soft launching website axic.or.id dan aplikasi mobile.

“Selain gathering bersama mitra media dan sponsor,  AXIC meluncurkan kampanye smart driving keenam; ‘Let the Ambulance Pass Through’,” jelas Taufik.

Menurutnya,  kampanye mendahulukan ambulan di jalan dari AXIC ini lahir, akibat  kekhawatiran kami saat jalanan makin macet, tapi masyarakat seperti  kurang peduli terhadap ambulan yang menurut UU Lalu Lintas dan Jalan rata No 22 Tahun 2009 pasal 134 menyebutkan, ambulance termasuk jenis kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya bersama mobil kepolisian dan pemadam kebakaran.

Apalagi berdasarkan riset kami, banyak kejadian ambulance tidak mendapat prioritas oleh pengguna jalan.

“Lewat kampanye ini kami ingin para pengguna jalan khususnya seluruh anggota AXIC menghormati ambulance saat mellintas di jalan raya dan memprioritaskan melaju lebih dahulu,” katanya.

Demi meningkatkan intensitas kampanyenya, lanjut dia, AXIC akan melakukan seluruh kampanye smart driving-nya ke seluruh Indonesia pada 2019, terutama ke Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua. Perlu diketahui, AXIC telah mempunyai lima pilar smart driving, yaitu Anti-Bahu Jalan, Seat Bell for All, No Texting While Driving, No Hazard Just for Emergency Only, dan Think before Cross the Flood.

Dalam kegiatan kali ini, selain para PIC dan ketua cabang AXIC, turut hadir perwakilan sponsor dan mitra, antara lain PT Toyota Astra Motor (TAM), Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Mandiri Utama Finance (MUF).

Rendhy Ervianto, Community and Social Nedia Management TAM, berpendapat kampanye keenam AXIC dan kegiatan ini sangat bagus. “Kami akan selalu mendukung kegiatan apa pun terutama kegiatan komunitas yang positif. Karena komunitas bukan hanya konsumen mobil kami. Seperti yang sedang dikampanyekan AXIC mengenai prioritas ambulance, kami sangat dukung,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Theodorin Nawang Sari, Marketinag Communication Mandiri Utama Finance. Kata dia,  pihaknya juga selalu mendukung kegiatan komunitas terutama AXIC ini. “Seperti safety campaign untuk ambulance, itu positif ya. Jadi selalu mengutamakan keselamatan dan memerhatikan rambu-ranbu lalu lintas yang berlaku,” ucapnya.

Kami sangat mengapresiasi kegiatan AXIC selama ini. Kami juga dukung ke depannya agar bersama-sama lebih mengutamakan aspek safety, pungkas Priyo Pratomo, CSVC Division ADM.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here