Baksos HDCI Surabaya, dari Tebar 10 Ekor Sapi Kurban Sampai Resmikan Dua Mushola di Kota Surabaya

HDCI Surabaya kembali menggelar bakti sosial kali ini dilakuan di dua tempat terpisah, selain menebar 10 ekor sapi kurban HDCI Surabaya juga meresmikan dua musola di daerah Kedurus dan Rusunawa Sumur Welut Surabaya, Minggu (26/7).

Otomotif1.com – Komunitas motor Harlery-Davidson Surabaya yang tergabung dalam Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Surabaya, menjelang Idul Adha kembali menggelar bakti sosial (Baksos) dengan menebar sebanyak 10 ekor sapi dan membantu dua pembabangunan dua mushola di wilayah, Kota Surabaya, Minggu (26/7).

Kedua rumah ibadah yang menjadi target donasi dari HDCI Surabaya yaitu Mushola Darus Sholihin yang berada di daerah Kedurus, Wiyung dan Mushika At Taqwa yang berada di Rusunawa Sumur Welut, Surabaya.

Selain membantu pembangunan kedua mushola yang sudah sampai tahap 99 persen rampung tersebut, HDCI Surabaya juga memberikan donasi kepada anak-anak panti Yatim Piatu Arrohyati dan bantuan modal usaha kepala salah satu keluarga yang tinggal di Rusunawa Sumur Welut, dimana kepala keluarganya adalah seorang pemijat tunanetra. Tapi karena adanya pandemi Covid-19 ini, mata pencaharian keluarga yang memiliki 2 anak ini otomotis terhenti sama sekali.

Menjawab pertanyaan wartawan ketika dijumpai di lokasi Baksos, Ketua HDCI Surabaya, Tony Wahyudi atau yang akrab disapa Yudhi Ndut ini dengan gamblang memberikan perihal kegiatan Baksos yang menjadi agenda rutin HDCI Surabaya kepada wartawan.

Menurut Tony Wahyudi, kegiatan Baksos adalah agenda rutin dan penting selain touring. Kegiatan ini dilakukan dalam dua pekan sekali.

“Agenda Baksos kali ini kita lakukan sebanyak dua tempat, yaitu meresmikan mushola Darus Sholihin di daerah Kedurus dan mushola At Taqwa di Rusunawa Sumur Welut. Serta suami istri tuna netra yang kehilangan penghasilan selama pandemi Covid-19. Selain itu juga menjelang Idul Adha ini, HDCI Surabaya menyerahkan bantuan sapi kurban sebanyak 10 ekor yang akan dibagikan pada 29 Juli 2020,” jelasnya.

Sebagai informasi untuk pembangunan Mushola Darus Sholihin Kedurus diserahkan bantuan pembangunan senilai Rp 280 juta, 1 ekor sapi senilai Rp 20 juta, alat sekolah, tas dan uang saku untuk anak-anak yatim piatu Rp 8 juta.

Sedangkan ke Mushola At Taqwa, HDCI Surabaya membantu bangunan kanopi mushola, paving, alat musik, penyekat ruang ibadah, tempat memandikan jenazah, dan perbaikan ruas jalan. Juga 1 ekor sapi untuk qurban.

“Selain kegiatan touring, kegiatan amal dan baksti sosial merupakan komitmen HDCI Surabaya. Kami menggalang dana dari khusus anggota untuk bahu-membahu membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas Yudi.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Bidang Baksos Efrandy Rachman menjelaskan bahwa kegiatan Baksos memang menjadi salah satu agenda rutin dan penting bagi HDCI Surabaya. Dana yang terhimpun untuk kegiatan Baksos ini adalah dana swadaya dari anggota HDCI Surabaya yang disalurkan dalam agenda Baksos.

“Soal Baksos ini , Ya tergantung temanya, kita rutin menggelar baksos dua bulan sekali. Ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada sesama serta keinginan membantu orang lain. Seperti pada Baksos kali ini, karena menjelang Idul Adha maka kami membantu beberapa daerah di Surabaya dengan menyerahkan bantuan sebanyak 10 ekor sapi kurban. Nanti di bulan Desember temanya beda lagi, yaitu menjelang Natal, kita adakan lagi kegiatan Baksos,” jelas Efrandy.

Selama ini HDCI Surabaya sudah melakukan berbagai kegiatan Baksos diantaranya memberangkatkan umroh marbot masjid, bantuan sekolah, bedah rumah, hingga memberikan bantuan kepada panti asuhan, serta membantu pembangunan mushola di Surabaya dan beberapa daerah di Jawa Timur sampai memberikan donasi ambulans.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here