Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya saat melintasi jalan raya.

Terlebih lagi saat melintasi genangan air, meskipun terlihat sepele namun bila pengendara tidak berhati-hati dapat mengakibatkan kecelakaan yang cukup fatal.

Ilustrasi; Pengendara harus menghindari terjadinya kondisi melayang diatas air genangan atau yang biasa disebut dengan Aquaplanning yang bisa menyebabkan ban tergelincir (Slip).

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh Sahabat Daihatsu saat berkendara ataupun menjalankan aktifitas sehari-hari.

Berkendara di saat hujan membutuhkan persiapan tersendiri, mulai dari persiapan fisik hingga memahami teknik mengemudi yang baik, hal ini sangatlah penting karena membutuhkan konsentrasi ekstra, dan kondisi mobil yang prima saat digunakan.

Ilustrasi; Berkendara saat hujan deras membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kehati-hatian.

Daihatsu punya Tips yang aman bagi Sahabat Daihatsu saat berkendara dalam melintasi kondisi hujan, berikut tips nya:

Persiapan Diri

      • Sebelum berkendara, sudah pasti Sahabat harus memastikan kondisi kesehatan tubuh karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.
      • Kalimat Sedia Payung Sebelum Hujan bukan sekedar pepatah, tapi juga berarti secara harfiah. Sediakanlah payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki fasilitas atap kanopi. Sehingga, Sahabat dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.
      • Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara, dan untuk berjaga-jaga Sahabat dapat membawa alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Persiapan kendaraan

      • Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.
      • Cek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Sahabat dalam berkendara. Periksalah Karet Wiper secara berkala, apabila sudah getas dan sapuannya tidak bersih gantilah dengan yang baru di bengkel resmi.
      • Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi Sahabat atau pun pengendara lainnya.

Ilustrasi; Situasi lalu lintas saat terjadi hujan deras wajib menyalakan lampu untuk membantu pandangan pada kendaraan lain disekitar.

Selama berkendara

      • Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan, khususnya lampu rem akan sangat membantu Sahabat dan memberi tanda untuk pengendara di belakang.
      • Menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain dapat memberi jarak dan waktu yang cukup bagi kita untuk bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, juga dapat memberikan waktu Sahabat dalam menghindari genangan air yang dapat menyebabkan mobil melayang di atas air (aquaplanning).
      • Perlu kita ketahui lampu hazard hanya digunakan hanya untuk darurat berhenti di bahu jalan, jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lainnya, khususnya di belakang kita. Pengendara lain di belakang menjadi tidak peka saat kita memperlambat laju kendaraan dan menjadi tidak tahu ketika kita akan berpindah jalur atau berbelok arah.

“Kami berharap, melalui sharing tips ini, Sahabat dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan. Sahabat juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan service rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

 

[Sumber: Media Relation Astra Daihatsu Motor]; [Foto-foto: Dok. ADM]

UPDATE TERBARU

Related news

BMW Astra Kembali Hadirkan “Joyfest 2020”, Kali ini Akan Di Gelar di Astra Biz Centre Serpong 28 & 29 November 2020

Otomotif1.com l – BMW Astra akan kembali mengulang sukses penyelenggaraan JoyFest 2019 lalu dengan kembali diluncurkannya event “JoyFest 2020” yang akan digelar pada tanggal...

Honda Dukung Ajang Indonesia’s Next Top Model 2020, Honda HR-V Menjadi Hadiah Utama

Otomotif1.com l – Dipenghujung tahun 2020 ini, salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia yang juga merupakan agen tunggal pemegang merk (ATPM), PT Honda...

“Cars & Coffee” by Porsche Indonesia Akan Hadir Kembali di Kota Bandung

Otomotif1.com l – Porsche Indonesia, setelah sukses dengan penyelenggaraan event “Cars & Coffee” yang diselenggarakan di kota Pahlawan, Surabaya, bulan Oktober lalu, event ketiga...

Honda City Hatchback dan New Honda City E:HEV Pertama Di Dunia Mengaspal di Thailand

Otomotif1.com l – Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. akhirnya meluncurkan untuk pertama kalinya didunia dua model jenis sedan city car terbarunya, “All New Honda...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here