Berlogo Benteng Yahudi, Helm Jericho Asli Buatan Indonesia Untuk Penggila Motor Kustom Kultur

Otomotif1.com – Belum lama ini lewat halaman Djoko Iman Santoso atau yang akrab disapa Djokoimans lewat laman IG @Djokoimans memposting sebuah helm retro, khusus untuk penggemar motor kustom kultur.

Helm retro dengan tampilan hitam pekat ini memang secara resmi baru saja beredar. Dengan bahan dasar serat karbon yang biasa digunakan pada mobil balap dunia atau kendaraan listrik, helm dengan label Jericho ini memang dikhususkan untuk mereka para penggila motor kustom.

Dikutip dari Pikira-Rakyat.com,  Helm yang diproduksi oleh anak perusahaan dari PT Jericho Komposit Indonesia (JKI) telah resmi terdaftar di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan resmi bersertifikat SNI 18112007.

Sebagai informasi, PT JKI sendiri memulai research & developlement (R&D) selama 8 tahun untuk helm ini, tepatnya dimulai sejak tahun 2012. Sampai akhirnya perusahaan ini mengerjakan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) yang biasa digunakan untuk memodifikasi kendaraan.

Seiring dengan perkembangan usaha dari PT JKI, beberapa universitas terkemuka di Indonesia sangat mempercayai PT JKI untuk memproduksi sasis ringan mobil untuk mobil hemat energy yang berbahan 100% serat karbon.

PT JKI memiliki divisi khusus yaitu divisi FRP (Fiber Reinforced Plastic) yang khusus menyuplai suku cadang OEM yang berbahan baku serat karbon untuk beberapa perusahaan otomotif di Indonesia.

Sampai akhirnya di tahun 2018, Perusahaan yang terkenal dengan tagline “Strong like steel, lights as a feather” ini memiliki lini produk inti yang khusus untuk memproduksi serat karbon.

Tidak perlu berlama-lama, dikarenakan pendiri dari PT JKI merupakan mantan pembalap motor, maka diputuskan untuk memproduksi helm yang berbahan dasar serat karbon fiber.

Helm Jericho Berbahan Baku Istimewa Kuat serta Ringan

Pada dasarnya helm dengan bahan carbon banyak diproduksi oleh pabrikan helm yang berasal dari luar negeri, sebut saja Arai, AGV, Xlite, dan LS2 adalah beberapa contoh pabrikan helm luar negeri yang memproduksi helm dengan basis bahan carbon.

Akan tetapi, bukan berarti pabrikan helm Indonesia tidak ada yang melakukan hal serupa. Lihat saja salah satu pabrikan PT Jericho Komposit Indonesia yang memproduksi helm klasik khusus pengendara motor retro.

Meskipun helm klasik, Jericho menggunakan bahan carbon fiber sebagai cangkang (shell) utama dari helm tersebut. Bahan carbon fiber yang dipilih akan membuat helm menjadi lebih ringan saat digunakan namun menjadi lebih maksimal saat melindungi kepala pengendara. Ini juga membuat pengendara bisa tampil dengan kesan yang lebih mewah dan juga sporty.

Selain menggunakan bahan carbon fiber, dibagian tengah helm juga diperkuat dengan core material. Ini berupa bagian penguat struktur cangkang yang berguna untuk menyerap efek benturan saat kecelakaan terjadi.

Harga Helm Jericho

Satu buah helm Jericho FF 1400 Retro R dihargai dengan harga Rp 2,3 – 2,5 juta saja. Harganya dibawah pasaran helm carbon yang rata-rata dijual dengan harga Rp 3 juta keatas. Jericho helmet sendiri bukan nama baru dalam pasar helm yang ada di Indonesia.

Berlogo Benteng Yahudi

Logo helm Jericho terinpsirasi dari sebuah benteng Jericho, sebuah benteng terkuat di dunia yang berada di West Bank of Region Israel.

Benteng Jericho sendiri diketahui berdiri kokoh hingga saat ini sejak 8.000 tahun lalu Benteng setinggi, 8,5 meter dengan ketebalan 9 meter ini, merupakan konsep dari logo helm Jericho dengan bentuk hexagonal yang merupakan lambing dari atom cabon.(*)

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here