Cara Coating Mobil Sendiri Mudah dan Cepat

Pernah mendengar kata coating mobiol bukan? Coating mobil adalah suatu pekerjaan khusus dari auto detailing dimana memberikan sebuah lapisan coating pada permukaan cat mobil. Sehingga dengan adanya tambahan lapisan coating ini akan membuat tampilan mobil anda selalu kinclong, terlihat tidak kusam dan sejuk dipandang.

Hal tersebut akan mempermudah kita dalam hal perawatan eksterior mobil. Dari bahannya sendiri pun masih terbagi menjadi beberapa jenis dilihat dari jenis coating dan juga seberapa tebal lapisan coating yang dilapiskan ke permukaan cat.

Proses Coating Mobil

Lalu apakah proses coating mobil dapat anda lakukan sendiri di rumah? Tentu saja bisa, namun akan lebih baik jika anda menyerahkan pada ahlinya ataupun salon mobil. Hal ini karena perlu proses detailing pada permukaan mobil yang mana dapat mengangkat kotoran dan residu yang menempel.

Untuk proses coating sendiri ada beberapa step yang perlu dilakukan dan hal tersebut tergantung dari produk coating yang digunakan. Untuk itu lah penting melakukan diskusi dengan ahlinya sehingga nantinya proses coating yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

  • Sebelum anda melakukan proses coating, akan lebih baik jika anda mencuci mobil anda terlebih dahulu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada permukaan body mobil.
  • Lakukan proses detailing untuk mengangkat residu dan oksidasi yang masih menempel pada permukaan mobil. Untuk itu lah disarankan melakukan proses coating di salon mobil sehingga proses detailing dapat dilakukan lebih maksimal.
  • Lakukan polish mobil yang mana tujuannya dapat menghilangkan baret-baret halus pada permukaan body mobil. Sehingga nantinya cat menjadi lebih maksimal. Disarankan bagi anda menggunakan mesin poles yang mana kecepatan dan tekanan putarannya lebih konstan.
  • Lakukan proses waxing yang mana sebenarnya hanya opsi saja, dapat anda lakukan atau tidak karena nantinya mobil akan dilapisi dengan coating.
  • Selanjutnya lakukan cara coating mobil sendiri, namun akan lebih baik untuk tidak melakukan nya sendirian dan membawanya ke salon mobil.
  • Proses coating ini memiliki sifat permanen tidak seperti wax.
  • Proses coating ini dilakukan di dalam ruangan yang tertutup sehingga mencegah adanya debu dan kotoran yang menempel. Suhu ruangan pun diatur sekitar 25 derajat celcius dengan penerangan yang merata.

Setelah proses pelapisan coating selesai dilakukan, maka beberapa salon mobil biasanya akan melakukan maintenance, namun hal ini akan terganutng dari produk coating yang digunakan.

Pelapisan coating biasanya dilakukan dalam beberapa lapis, ada yang hanya 1 lapis saja, 2 lapis, hingga lebih.

Lapisan pertama biasanya layer yang lebih keras serta mampu bertahan lebih lama. Bahkan anda hanya dapat menghilangkannya dengan cara mengeroknya saja.Untuk lapisan kedua menggunakan lapisan yang bahannya lebih soft dan dapat mengalami kelunturan sewaktu-waktu.

Sehingga penting untuk melakukan maintenance untuk mengecek lapisan kedua ini apakah sudah luntur atau tidak. Setidaknya lakukan maintenance satu tahun sekali.

UPDATE TERBARU

Related news

Tips, Riding Off-Road Bersama Yamaha WR 155 R

Otomotif1.com - Yamaha WR 155 R menjadi pilihan yang pas untuk menemani pecinta adventure Tanah Air. Agar pengalaman berkendara bersama WR 155 R lebih menyenangkan...

Mitsubishi Berbagi Tips, Pengecekan dan Perawatan Ban Mobil untuk Kondisi Optimal

Otomotif1.com – Ban mobil mungkin menjadi salah satu komponen yang sering luput dari pengecekan pengguna. Padahal komponen ini memiliki peran vital pada perjalanan dan...

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here