Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam

Dashboard mobil adalah salah satu komponen yang ada dalam mobil untuk memudahkan pengendara. Pada umumnya dashboard mobil memiliki fasilitas berupa tempat untuk menempatkan radio, tape, atau juga CD, tombol-tombol kontrol AC, laci, tempat minuman, lampu dan juga komponen-komponen kendaraan lainnya.

Apabila dilihat dari fungsinya maka sudah jelas sekali bahwasannya dashboard mobil adalah kerangka yang membuat nyaman dalam berkendara. Dengan adanya dashboard, membuat pengendara lebih dimanjakan dengan adanya penempatan-penempatan alat yang dibutuhkan dalam mobil.

Kebersihan dashboard sangatlah dianjurkan untuk kenyamanan pengendara. Kemudian juga untuk menciptakan kebersihan di dalam mobil. Dashboard mobil salah satu bagian mobil yang sering terjemur oleh paparan sinar matahari. Sehingga memerlukan perawatan yang lebih apabila mengalami kekusaman.

Berikut ini beberapa cara membersihkan dashboard yang kusam sehingga terlihat bersih dan kinclong seperti baru:

  1. Gunakan Vacum Cleaner

Alat penghisap debu ini sangat efektif digunakan untuk membersihkan dashboard mobil karna cara kerja mesin yang sanggup menghisap debu pada celah dan bagian-bagian sempit dan tidak menyita banyak waktu. Gunakan jenis vakum cleaner yang sekiranya mampu membersihkan hingga pada bagian-bagian terkecil pada dashboard mobil agar bersih secara menyeluruh.

Vakum cleaner banyak dijumpai dengan jenis yang berbeda, maka pakailah vakum cleaner yang dapat menjangkau mobil dengan mudah sehingga tidak memaksa kinerjanya dan berujung pada kerusakan.

  1. Gunakan Cairan Pembersih

Cara membersihkan dashboard mobil yang kusam dengan menggunakan cairan  pembersih ini haruslah cairan khusus pembersih yang memang benar-benar difungsikan untuk itu jangan menggunakan cairan pembersih seperti sabun cuci atau yang lainnya karna cara itu justru akan membuat dashboard terlinggal bekas usap, atau bahkan terlihat lebih kusam.

  1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi salah satu alternatif dalam menghilangkan kekusaman dashboard. Minyak ini adalah salah satu minyak yang mempunyai banyak kegunaan, minyak zaitun terbukti dapat digunakan untuk banyak faktor tentunya juga memberikan beragam manfaat. Dari sekian banyak kegunaan dalam minyak zaitun bisa juga digunakan untuk membersihkan bahkan mengkilapkan dashboard mobil.

Cara kerjanya terbilang sederhana karna hanya membutuhkan kain lap yang dibasahi dengan air kemudian gunakan minyak zaitun secukupnya lalu usapkan pada dashboard mobil dengan berulang-ulang. Cara ini lebih dianjurkan jika dashboard dalam keadaan sudah dibersihkan sebelumnya  sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Kain Lap Mikrofiber

Kain lap ini termasuk dalam kategori mudah digunakan karna sifatnya yang cenderung lebih mudah menyerap juga dapat mudah diatur sesuai dengan fungsinya. Mengingat fungsi tersebut kain lap mokrofiber ini sangat cocok digunakan dalam cara membersihkan dashboard yang kusam.

Cara menggunakannya pun tidak terlalu repot dan membutuhkan banyak bahan penunjang lainnya, hanya cukup dengan dilembabkan dengan sedikit air lalu langsung bisa diusapkan pada bagian dashboard yang kotorannya sulit diangkat jika hanya dengan lap biasa.

  1. Gunakan Media Pembersih yang Berukuran Kecil

Menggunakan alat pembersih yang berukuran kecil seperti brush kecil, cottonbud, sukat kecil, dan yang lainnya dapat mempermudah tangan dalam melakukan pembersihan pada dashboard mobil. Hal ini harus dilakukan secara telaten agar menghasilkan hasil kebersihan yang diidamkan.

  1. Semprotkan Pelindung Paparan Sinar Matahari pada Dashboard Mobil

Faktor yang paling berpengaruh dalam terjadinya kerusaman pada dashboard mobil adalah adanya kontak antara dashboard dan sinar matahari. Sehingga hal itu menyebabkan kusam dan dahkan kerusakan pada dashboard. Sinar matahari memang dibutuhkan namun haruslah bijaksana sehingga tidak berlebihan yang malah berdampak pada kerusakan yang tidak direncanakan. Oleh karena itu, pengendara bisa menyemprotkan terlebih dahuli pelindung paparan sinar matahari pada dashboard mobil.

Cara membersihkan dashboard mobil yang kusam memang terlihat sederhana, namun jika dilakukan dapat memberikan dampak yang baik bagi mobil anda.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here