Cara Membersihkan Kabin Mobil yang Baik dan Benar

Saat kabin anda bau apek, kotor dan berdebu. Apakah anda merasa nyaman mengendarai mobil anda? Tentu tidak. Perawatan mobil, tidak seharusnya hanya dari luarnya saja tapi juga bagian dalam. Karena jika bagian dalam mobil contohnya kabin, jika ia kotor dan tidak terawat, maka akan menimbulkan bau tidak sedap dan perasaan tidak nyaman berada didalam mobil. Entah karena bau dari bekas makanan, asap rokok, disertai debu karena sistem pendingin yang kotor, tentu semua membuat kita tidak nyaman berkendara.

Untuk itu, anda sebaiknya senantiasa teratur membersihkan kabin mobil. Agar anda merasa nyaman saat berkendara. Selain itu, dengan menjaga kabin agar tetap bersih, tentunya akan membuat kondisi mobil menjadi sehat dan bersih. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara membersihkan kabin mobil yang baik dan benar.

  1. Persiapan

Sebelum anda membersihkan kabin mobil anda, sangat disarankan untuk anda agar membersihkan bagian eksterior terlebih dahulu sampai bersih dan lap terlebih dahulu hingga benar-benar kering.

Setelah bagian eksterior mobil benar-benar bersih barulah anda bisa memulai membersihkan bagian dalam mobil anda. Siapkan saja alat-alat seperti sikat, kuas, penyedot debu, lap kering dan juga cairan pembersih.

Jangan lupa untuk mengeluarkan barang-barang dari dalam kabin mobil anda misalnya tas, payung, sandal dan sebagainya. Buang sampah yang ada didalam mobil anda. Pastikan bagian dalam mobil anda dalam keadaan kosong. Setelah itu, anda bisa membersihkan bagian kabin mobil. Pada saat dibersihkan, buka jendela mobil secara keseluruhan, agar debu didalam dapat keluar dan tidak membuat pengap dalam mobil.

  2. Membersihkan Karpet-karpet Tambahan

Membersihkan kabin mobil pertama kali, dapat anda mulai dari membersihkan terlebih dahulu karpet-kerpet tambahan yang ada didalam mobil, karena karpet-karpet itulah penyebab bau tidak enak dalam mobil. Anda dapat membersihkan karpet tersebut dengan alat penyedot debu pada mobil atau langsung saja keluarkan lalu anda bersihkan hingga terlihat tidak ada debu yang menempel. Lalu jemurlah beberapa saat.

  3. Membersihkan Dashbor Mobil

Selanjutnya adalah bersihkan dashbor mobil. Anda dapat menggunakan lap kain yang lembut serta cairan pembersih untuk membersihkannya. Anda dapat mudah membeli cairan-cairan tersebut di took-toko perlengkapan mobil. Untuk bagian dashbor yang sulit terjangkau kain lap, anda dapat menggunakan kuas yang berbulu halus.

 4. Membersihkan Jok Mobil

Lalu selanjutnya adalah jok mobil. Bersihkan debu dan kotoran-kotoran lainnya yang biasanya terdapat pada sudut-sudut jok mobil. Membersihkannya anda bisa menggunakan penyedot debu untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk pembersihan jok sendiri, rawat dan bersihkan jok mobil anda sesuai dengan rekomendasi pabrik atau bahan material jok. Setiap jok memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Perhatikan kebersihan jok dan juga bagasi mobil termasuk sela antar jok. Siapa tahu didalam masih terdapat sisa makanan, sampah ataupun yang lainnya.

5. Membersihkan Plafon Mobil

Jika membersihkan kabin mobil, jangan lupakan plafon mobil yang juga harus dibersihkan. Plafon mobil merupakan bagian mobil yang mungkin jarang sekali tersentuh, tetapi ini juga bukan jaminan plafon mobil anda selalu bersih. Untuk itu sangat penting membersihkan dengan rutin plafon mobil anda. Namun pembersihannya pun perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan plafon mobil merupakan bagian yang juga mudah rusak, sobek dan lain sebagainya. Apalagi jika bahannya adalah bahan berserat. Bila salah penanganan, plafon bisa kendur, sobek dan bolong.

6. Nyalakan AC Mobil

Penyebab bau tak sedap pada mobil, biasanya juga disebabkan oleh sistem pendingin (AC) yang kotor. Jadi jangan lupa membersihkan juga bagian ini. Setelah semua langkah-langkah sudah dikerjakan dengan tepat, anda bisa menyalakan AC mobil beberapa saat dengan kondisi pintu dan jendela terbuka. Hal ini dilakukan agar semua bau-bau sisa dari cairan pembersih yang anda gunakan bisa hilang dan juga sirkulasi udara menjadi lancar.

 7. Menggunakan Bahan Alami untuk Mengusir Bau

Arang kayu, kopi, baking soda, cuka dan lain sebagainya, ternyata dapat mejadi bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bau-bau tidak sedap dalam mobil. Anda bisa meletakkannya salah satu bahan diatas pada sebuah wadah terbuka dan menempatkannya di bagian depan dan belakang dalam mobil kesayangan anda. Biarkan saja bahan terbuka kurang lebih 24 Jam dengan kondisi mobil tertutup.

Nah, itu tadi beberapa cara membersihkan kabin mobil anda dengan baik dan benar, agar senantiasa mobil anda bersih dan senantiasa nyaman dikendarai. Beberapa cara diatas harus dilakukan secara rutin. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di otomotif1. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Salam.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

Hati-Hati Jika Ingin Memodifikasi Ban Pada Kendaraan Anda! Bisa Berakibat Fatal Saat Berkendara

Otomotif1.com l – Penggunaan ban bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja. Perhatian dan pengetahuan tentang ban tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan...

Hadapi Musim Penghujan, Mulailah Lakukan Pengecekan Kendaraan dan Persiapan Berkendara Saat Hujan

Otomotif1.com – Beberapa bulan ini beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum...

Tips Berkendara Aman Melewati Genangan di Kala Musim Penghujan dari Mitsubishi

Otomotif1.com – Berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, akibatnya ketika hujan lebat terdapat area yang tergenang banjir. Berkendara di tengah guyuran...

Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan Untuk Sahabat Daihatsu

Otomotif1.com l – Saat ini disebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati dalam...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here