Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua Agar Menjadi Baru Lagi

Mobil-mobil berusia tua tetap ada dan menarik bagi sebagian besar orang. Bagi pemilik mobil yang berusia tua. Nilai estetika serta keunikan yang dimiliki oleh mobil tersebut menjadi suatu yang sangat diidamkan oleh penggemar mobil tua. Sama halnya dengan mobil pada umumnya, mobil tua juga membutuhkan perawatan.

Bahkan mobil tua membutuhkan perawatan dan pengecekan yang lebih rutin dikarenakan kondisi mesin yang dimilikinya pula. Sehingga cara merawat dan membersihkan mobil tua tentunya akan sedikit berbeda dibandingkan mobil pada umumnya, terutama pada pembersihan mesin mobil. Apalagi usia mesin yang cukup tua, sehingga perlu diperhatikan dengan benar dan tidak boleh sembarangan.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua

  1. Pemilihan Tempat Pencucian Mobil Yang Tepat

Tempat pencucian mesin mobil yang tepat dapat anda lakukan di tempat yang sejuk, hal ini dikarenakan tempat yang sejuk akan memberikan kenyamanan sendiri saat mencuci mobil.

Pilihlah pula tempat yang terang sehingga memudahkan anda untuk membersihkan segala komponen yang ada di dalam mesin. Apalagi di dalam mesin terdapat banyak komponen yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya.

Perhatikan pula tempat sekitar anda jangan sampai berdekatan dengan api, apalagi bahan bakar mobil serta bahan bahan yang digunakan dalam membersihkan mesin mobil adalah cairan yang mudah terbakar, sehingga perlu diperhatikan dengan benar.

Selain itu, pilihlah tempat yang tidak berdebu karena akan menghambat proses mencuci mesin mobil anda. Tempat yang berdebu malah akan membuat komponen dalam mesin terkena debu yang dapat berakibat masalah baru.

  1. Pastikan Mesin Dalam Kondisi Dingin

Pastikan terlebih dahulu anda membersihkan mesin yang kotor dalam kondisi yang sudah dingin. Mencuci mesin mobil dalam keadaan yang masih panas akan membuat mobil mengalami pendinginan mendadak yang akhirnya membuat beberapa komponen dapat mengalami deformasi atau melengkung.

Jika sampai komponen mesin di dalamnya mengalami deformasi tentu saja akan menyebabkan gangguan kerja pada mesin mobil tersebut. Apalagi kondisi mesin mobil anda yang sudah cukup tua.

  1. Bungkus Semua Komponen Elektrik

Hal ini bertujuan agar komponen tersebut tidak kemasukan air ketika proses pencucian mesin. Anda bisa menutupnya dengan menggunakan alumunium foil atau hal apapun yang dapat menjadi pelindung yang aman untuk perangkat elektrik. Namun pada mesin tua, mungkin hanya sedikit komponen elektrik yang harus dilindungi jika dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru saat ini.

  1. Memilih Sabun Yang Tepat

Ada banyak jenis sabun yang dapat anda gunakan mulai dari bel, sabun, dresser, air dan lainnya. Minyak tanah dapat anda gunakan untuk membersihkan lelehan oli yang ada di dalam ruang mesin. Ada juga beberapa orang yang menggunakan solar untuk membesihkan mesin, namun perlu diperhatikan karena solar akan lebih mudah terbakar dan beresiko dibandingkan dengan minyak tanah.

Saat ini juga ada pembersih khusus sepeti engine degreaser yang dapat digunakan untuk membersihkan area mesin mobil tua anda, namun harganya memang cukup mahal.

  1. Bersihkan Bagian Yang Mudah Terlebih Dahulu

Anda bisa memulai membersihkan semua kotoran yang ada di dalam mesin, misalnya saja bekas tetesan oli mobil yang ada di sekitar mesin termasuk pada yang menempel pada kap mesin, ruangan mesin, serta pada mekanisme mesin mobil.

Mulailah dengan membersihkan bagian bawah dari kap mobil, semprotkan air pada bagian tersebut namun ingat perlu hati hati dan jangan menggunakan tekanan yang tinggi.

Anda bisa menggunakan sabun colek untuk membersihkannya karena dapat melarutkan kotoran serta lemak dan oli. Gosok dengan menggunakan sikat yang sedikit kasar hingga bersih, namun ingat untuk tetap perlahan.

Setelah dirasa bersih, siram dengan menggunakan air. Jangan sampai sabun mengering sendirinya karena dapat meninggalkan bekas atau bercak. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain lembut bersih.

  1. Lanjutkan Ke Bagian Yang Sulit Terjangkau

Anda bisa mencoba untuk membersihkannya dengan sikat gigi bekas yang dapat menjangkau ke sela-sela yang tersulit. Bila sudah selesai, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Pastikan sisa minyak ataupun sabun tidak menempel pada mesin dan mesin benar-benar bersih. Bagi anda yang membersihkan mesin dengan menggunakan minyak tanah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa komponen yang tidak dapat anda bersihkan dengan minyak tanah, terutama pada komponen dengan bahan karet. Mulai dari karet damper, selang-selang ac, dan lainnya. Membersihkan komponen-komponen tersebut dengan menggunakan minyak tanah malah akan membuat karet melar dan rusak.

  1. Bersihkan Bagian AC dan Radiator

Pemilik mobil tua ada yang memang memodifikasi mobilnya dengan menambahkan sistem pendingin. Bagian ini memang agak sulit untuk dibersihkan. AC dan radiator berada dan ditempatkan secara permanen. Sehingga anda perlu membongkar terlebih dahulu grill bagian depan.

Membongkar ini pun juga tidak mudah dan butuh kehati-hatian karena mudah sekali patah. Anda dapat menghilangkan kotoran yang menempel di sekitanya terlebih dahulu. Setelah itu, semprotkan air perlahan namun jangan sampai mengenai kisi halus dan high pressure cleaner. Jangan menggunakan tekanan air yang tinggi.

8.Mengeringkan Mesin Mobil

Anda bisa menggunakan kain lembut bersih untuk mengelap mesin mobil anda. Lalu semprot dengan menggunakan silikon pada komponen yang terbuat dari karet. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga terserap sempurna dan kemudian bersihkan dengan lap katun.

  1. Memberikan Pelumas

Berikan pelumas pada grease yang ada pada kunci pembuka kap. Semprotkan pada semua bagian karet belt dengan menggunakan belt dresser. Hal ini dianggap efektif karena anda bisa menghilangkan sisa air yang masih menempel pada komponen mesin.

  1. Hidupkan Mesin Mobil Anda

Periksa kembali seluruh bagian pada mesin kendaraan anda, apakah masih ada yang kotor atau tidak. Jika iya, maka anda bisa membersihkannya kembali dan mengeringkan dengan menggunakan kain. Namun jika dirasa sudah bersih, anda bisa menciba menghidupkan mesin kendaraan agar dapat mengeringkan bagian yang sulit terjangkau agar kering. Dengan keirng merata tentu saja tidak ada sisa air yang masih menempel pada mesin kendaraan.

Sebenarnya, mencuci mesin mobil tua dan mobil baru sama saja, hanya saja anda perlu sedikit berhati hati karena kondisi mesin yang memang sudah cukup lama.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here