Cara Mengganti Kampas Kopling

Tentunya, kampas kopling yang mulai menipis tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika hal ini sudah terlihat pada mobil anda, maka segera mungkin untuk mengganti kampas mobil dengan yang baru.

Beberapa orang mungkin belum begitu paham bagaimana cara mengganti kampas kopling mobil yang sudah tipis. Berikut kami ulas bagaimana caranya mengganti kampas kopling yang bisa dilakukan sendiri.

  1. Langkah pertama ialah mempersiapkan semua alat-alat yang digunakan untuk proses penggantian kampas kopling mobil.
  2. Sebelum melakukan pemasangan, pastikan untuk melumasi grease yang ada pada poros transmisi dan release bearing.
  3. Setelah itu lakukan pemasangan kampas kopling beserta rumah kopling yang baru pada roda gaya. Pemasangan dapat dilakukan dengan menggunakan batang pelumas sehingga memudahkan saat memasang poros transmisi.
  4. Setelah pemasangan kampas dan rumah kopling selesai, maka anda bisa memasang baut pengikat pada rumah kopling dengan menggunakan kunci sok (12 mm) secara bergantian dan merata.
  5. Kencangkan semua baut dengan menggunakan kunci momeng. Pastikan pemasangan baut sudah kuat dan tidak goyang.
  6. Pasang bak tranmsisi yaitu dengan meletakkan bak transmisi di dongkrkan dan kemudian pompa dongkrak hingga ketinggia antra transmisi dan rumah kopling sama. Setelah itu dorong bak transmisi hingga maju sampai poros transmisi dapat masuk ke poros kopling.
  7. Pasang baut pengikat pada bak transmisi dengan kunci (14 mm) dengan menyilang dan rata. Setelah itu barulah lepaskan jack stand yang digunakan untuk menahan mesin.
  8. Pasang penyangga pada bak transmisi dengan body mobil dengan cara mengikatknya dengan menggunakan 4 baut pengikat. Lakukan dengan menggunakan kunci ring (17 mm)
  9. Pasangan poros propeller dengan memasukkan poros, dimulai dari depan hingga masuk ke dalam bak transmisi yang ada pada bagian output. Setelah itu pasang poros propeller yang ada di bagian belakang dengan 4 buah mur dan 1 baut pengikat.
  10. Pasang kembali olor kopling yang ada pada garpu pembebas, setelah itu pasang pegas pembalik dengan menggunakan obeng (-) dan tang. Setelah itu pasang kembali kabel mundur yang ada pada soket.
  11. Pasang olor perseneling dengan tang
  12. Kemudian pasang kembali motor starter dengan 2 baut pengikatnya dan hubungkan kembali kabel aki (-) dengan terminal 30 dan 50 starter serta ST Kunci kontak.
  13. Lepaskan dongkrak secara perlahan.
  14. Setelah selesai jangan lupa melakukan pengujian. Untuk menguji nya, anda bisa melakukan di jalanan umum dengan memindah-mindahkan perseneling mobil. Jika dapat berjalan mulus tanpa munculnya bunyi-bunyi aneh, maka proses penggantian yang anda lakukan berhasil.

Penggtantian kampas kopling sangat dianjurkan apabila sudah melihat gejala-gejala kampas kopling yang mulai tipis. Hal ini harus dilakukan karena akan berbahaya jika kampas kopling dibiarkan tipis begitu saja.



UPDATE TERBARU

Related news

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...

Wealthy Product Air Purifier dan Air Sanitizer Solusi Terbaik Setelah Proses Fogging Pada Kendaraan

Jakarta, Otomotif1.com – Selama masa diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) dibeberapa wilayah, juga turut diwarnai pemberlakuan anjuran untuk tetap dirumah saja dan Work...

Bosan Saat WFH, Ini Tips Rawat Kendaraan ala Daihatsu

Jakarta, Otomotif1.com - Saat pemerintah memberlakukan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), banyak dari kita melakukan pekerjaan dari rumah (WFH), yang membuat rutinitas kegiatan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here