Cara Merawat Mobil Avanza Tanpa Harus Ke Bengkel

Siapa yang tidak mengenal Avanza. Mobil yang dikenal dengan mobil sejuta umat. Mobil Avanza adalah salah satu mobil dengan penjualan terbanyak di Indonesia, karena banyak dipercaya sebagai mobil keluarga. Tak hanya fitur-fiturnya yang dirasa cukup lengkap, harganya pun juga cukup terjangkau oleh masyarakat kita.

Tapi bagaimanapun, mobil Avanza juga butuh perawatan rutin, demi performa dan estetika Avanza. Artikel kali ini akan mengulas tata cara merawat mobil Avanza, tanpa membuat anda harus repot-repot ke bengkel. Berikut ini adalah cara-cara merawat mobil Avanza dengan baik :

  1. Jangan Lupa Memanaskan Mesin Kendaraan

Hal pertama yang harus anda perhatikan disini adalah jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil Avanza, setiap kali akan digunakan. Panaskan mesin Avanza anda kurang lebih 10-15 Menit sebelum anda menggunakan mobil tersebut. Pemanasan tersebut akan membuat oli mesin akan bekerja maksimal sampai ke celah-celah terkecil sekalipun.

  1. Lakukan Penggantian Oli Berkala

Cara perawatan kedua yakni jangan lupa untuk secara berkala melakukan penggantian oli mobil Avanza. Oli tak hanya menjadi pelumas saja. Oli juga menjadi faktor terpenting yang akan mempengaruhi umur mesin mobil anda. Apalagi untuk Avanza tahun 2010, oli berkualitas akan memperpanjang umur mesin mobil anda.

Baca Juga ( Ciri Oli Mobil Matic Harus Diganti dan Cara Penggantian Oli yang Tepat )

  1. Bersihkan Filter Udara dengan Rutin

Perawatan selanjutnya adalah bersihkan filter udara secara rutin. Jika anda jarang membersihkan filter udara mobil anda, nantinya akan terdapat gumpalan-gumpalan kotoran yang menumpuk dan menyebabkan peforma mesin kendaraan avaza anda menurun. Apalagi jika kotoran tersebut ikut terhisap masuk ke dalam mesin, maka akan menyebabkan mesin menjadi cepat rusak.

  1. Perawatan Aki

Accu atau Aki adalah komponen cukup penting bagi mobil anda. Tanpa aki, sudah barang otomatis mobil anda tidak akan berjalan. Maka jangan lupa mengecek serta membersihkan aki secara rutin.

Baca Juga ( 6 Tips Memilih Aki Mobil Berkualitas dan Awet )

  1. Pengecekan Radiator

Bagian ini juga jangan sampai terlupakan. Bagian radiator juga harus diperhatikan. Hal ini karena radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Sehingga penting melakukan pemeriksaan rutin pada air radiator untuk menghindari terjadinya resiko mesin mobil yang mengalami overheat. Anda bisa melakukan pengisian air radiator sendiri di rumah, yang terpenting adalah menyesuaikan volume air radiator antara full dan low.

  1. Masalah Mesin Yang Susah Dihidupkan

Bagi anda pemilik mobil Avanza, tentu sudah hafal bahwa Avanza termasuk seringkali mengalami mesin yang susah dihidupkan, apalagi jika usia Avanza anda sudah cukup lama. Ini disebabkan karena mesin yang terlalu panas serta dipakai terus menerus sehingga mesin mobil menjadi mati dan tidak dapat dinyalakan. sehingga untuk mengatasi hal ini anda perlu memastikan kondisi injektor mobil sedang kotor atau tidak. Terkadang masalah juga terdapat pada choke dan kompresi silinder yang cukup rendah.

  1. Pembersihan Interior dan Eksterior Mobil

Dalam perawatan Avanza, sangat penting juga rutin membersihkan Interior dan eksterior mobil secara rutin. Dengan anda membersihkan eksterior anda, sudah barang tentu membuat tampilan mobil anda selalu bersih dan menarik dilihat.

Saat anda mencuci mobil, pastikan jika kondisi mobil anda sudah dalam keadaan dingin sehingga nantinya tidak muncul bercak-bercak yang tersisa pada body mobil. SedangkanuUntuk interior mobil, beberapa komponen mungkin perlu untuk dicuci namun beberapa lainnya dapat anda bersihkan dengan hanya mengelap dengan kain microfiber dan cairan khusus secara rutin.

Baca Juga ( Memelihara Eksterior dan Interior Mobil )

  1. Mengganti Ban Luar

Ban juga komponen penting bagi kendaraan anda, karena ban yang selalu bersentuhan langsung dengan jalan, seberapapun lamanya anda berkendara. Maka dari itu jangan lupa mengganti ban luar mobil anda ketika anda sudah berkendara sekitar 50.000 km ataupun batas maksimal mencapai 80.000 km. Jika anda menggunakan bas yang sudah aus, tentu saja akan membahayakan pengemudi kendaraan. Jangan lupa untuk mengecek rutin volume angin pada ban kendaraan, jangan terlalu tinggi maupun rendah.

 

Nah, kira-kira itu tadi beberapa cara perawatan mobil Avanza yang dapat anda lakukan tanpa harus pergi ke bengkel. Selamat Mencoba.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here