6 Cara Merawat Bagasi Mobil agar Awet Beserta Teknik Penyusunan Barangnya

Bagi yang memiliki mobil, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata “bagasi” bukan? Komponen mobil yang ini sangat berperan penting bagi kendaraan, apabila mobil akan digunakan untuk tempat menyimpan barang apabila melakukan perjalanan jauh. Kebanyak pemilik mobil hanya memperhatikan kebersihan dan perawatan interior area penumpang saja, tanpa memperhatikan area bagasi yang juga memang membutuhkan perawatan. Padahal kebersihan dan perawatan bagasi ini juga sudah selayaknya menjadi rutinitas anda sobat.

Karena biasanya, apabila tidak dirawat dan tidak dibersihkan akan memberikan aroma yang tidak sedap dan tentunya tidak nyaman bagi para penumpangnya. Selain itu pada saat anda akan menaruh barang di dalam bagasi, tentunya barang yang akan anda teruh tersebut akan berpotensi kotor dan bau juga apabila tempat penyimpanannya di bagasi tidak bersih.

Bagi anda yang mempunyai bagasi yang kotor, ada baiknya memperhatikan tips – tips di bawah ini, agar kebersihan bagasi mobil dapat terjaga. Jika kondisi interior mobil nyaman dan wangi, tentunya penumpang di dalamnya juga betah dan nyaman. Yuk kita simak cara merawat bagasi mobil di bawah ini!

  1. Tahap Persiapan

Sebelum anda mengeksekusi pembersihan bagasi mobil anda tersebut, sebaiknya anda persiapkan alat – alat yang dibuthkan terlebih dahulu. Adapun alat yang dibutukan adalah seperti vacum cleaner, pengharum kabin, dan cairan pembersih untuk membersihkan bagasi mobil anda. Selain itu, kita perlu menyiapkan lap yang bersih juga.

  1. Tahap Pembersihan

Cara merawat bagasi mobil yang kedua dengan melakukan pembersihan rutin. Untuk membersihkan bagasi mobil sebenarnya sangat gampang. Justru karena gampang dan simple anda sering melupakan kegiatan yang satu ini. Caranya adalah anda terlebih dahulu mengeluarkan barang – barang anda yang masih berada dalam bagasi.

Setelah itu bersihkanlah bagasi tersebut menggunakan vacum cleaner yang tadi anda siapkan. Setelah itu, bagian yang memang tidak terjangkau oleh vacum cleaner anda bisa bersihkan menggunakan lap dengan menggunakan cairan pembersih tentunya. Gampang kan?

  1. Tahap Pengeringan

Setelah anda melakukan proses pertama dan kedua di atas, sekarang lanjut lagi ke tahap pengeringan. Pada tahap ini, pastikan semua bagian bagasi dalam kondisi kering total, baik karpet yang terdapat pada lantai bagasi maupun pada bagian dinding bagasi yang tadi dibersihkan menggunakan caran pembersih.

Bukalah lebar – lebar bagasi anda di bawah sinar matahari langsung, pastikan kondisinya sampai benar – benar kering. Hal ini dilakukan agar kondisi bagasi anda tidak lembab. Jika masih lembab, maka akan menjadikan bagasi anda bau dan tidak nyaman bagi penghuninya.

  1. Tahap Pengeringan Pada Saat Musim Hujan

Apabila pada saat pengeringan bagasi mobil anda kebetulan sedang musim hujan, tentunya tidak bisa dilakukan diruangan terbuka bukan? Nah cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengeringakannya menggunakan hair driyer atau jika anda tidak mempunyai alat ini, bisa juga dengan menggunakan kipas angin. Pada bagian dindingnya, anda bisa mengeringaknnya dengan menggunakan kanebo, agar lebih cepat kering.

  1. Pastikan Kondisi Ban Serep Anda Bersih

Bagi kebanyakan pemilik mobil, pastinya menggunakan bagasi sebagai tempat ban serepnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kebocoran pada saat melakukan perjalanan. Sebaiknya sebelum anda memasukkan ban ke bagasi mobil anda, pastikan terlebih dahulu ban serep yang akan anda masukkan dalam kondisi bersih dan kering. Ban serep yang kotor dan basah juga menjadi salah satu pemicu timbulnya aroma bau dari bagasi anda yang menjadikan suasana dalm mobil anda tidak nyaman bagi penghuninya.

  1. Tahap Finishing

Jika kelima hal di atas sudah anda lakukan, maka tahap terakhir adalah tahap finishing. Tahap finishing disini maksudnya adalah proses pemasukan kembali barang – barang yang tadi anda keluarkan ke dalam bagasi anda. Pastikan anda memasukkanya dengan rapi dan kondisi barang yang akan anda msukkan juga dalam keadaan bersih ya.

Nah, demikian tahap-tahap merawat bagasi mobil. Sebagai pemilik, kita tidak hanya harus menjaga penampilan luar mobil kita bukan? Kita juga harus merawat interior mobil kita, termasuk bagasi. Sekian dan semoga bermanfat!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here