5 Cara Merawat Kemudi Mobil Paling Lengkap

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang memiliki mobil. Namun, tak jarang orang tidak mengerti cara merawat mobil mereka sendiri. Banyak kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian yang dilakukan oleh pengemudi karena tidak merawat mobilnya. Salah satunya karena kemudi mobil dalam kondisi buruk.

Cara Merawat Kemudi Mobil

Keadaan mobil yang prima akan mengantarkan kamu ke tempat tujuan yang kamu tuju dengan cepat dan selamat. Bagaimana jadinya bila di tengah perjalanan setir mobil kamu tidak berfungsi secara optimal? Pasti panik bukan? Nah, maka dari itu, sebagai pemilik mobil atau pengemudi mobil,  sebelum melakukan perjalanan harus mengecek keadaan mobil terlebih dahulu.

Karena fungsi kemudi mobil untuk mengatur laju arah kendaraan  sesuai keinginan dengan cara membelok-belokan roda depan, maka sudah sewajarnya pemilik mobil merawatnya dengan baik. Bila kemudi mobil bermasalah, bisa dibayangkan jika mobil tidak belok sesuai dengan yang kita harapkan. Bahaya bukan?

Nah, pada kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat kemudi mobil. Simak penjelasannya dengan baik!

  1. Merawat Setir atau Steering Wheel

Kendali mobil salah satunya terletak di setir mobil. Setir mobil berfungsi untuk membelokan atau memutarkan roda depan dengan cara memutar-mutar roda kemudi. Saat setir di putar ke kiri, mobil akan belok ke kiri. Saat setir diputar ke kanan, mobil akan belok ke kanan. Seperti itulah pentingnya setir mobil atau roda kemudi. Maka dari itu, perlulah kita sebagai pemiliki untuk merawat setir atau steering wheel yang ada pada kendaraan kita.

  1. Mencuci Tangan Sebelum Menyetir

Cara merawat kemudi mobil selanjutnya ialah mencuci tangan sebelum menyetir. Bagi pengemudi yang akan menyetir mobil baiknya mencuci tangan terlebih dahulu, apalagi setelah selesai makan. Selain untuk menjaga kesehatan juga sebagai upaya untuk menjaga kebersihan setir. Kemudian, jangan lupa juga setelah cuci tangan untuk mengelap tangan dengan lap, supaya tangan yang basah setelah mencuci tangan tidak membasahi setir.

  1. Membersihkan Setir Mobil yang Dibalut Dengan Bahan Kulit dan Vinil

Material yang terdapat di bagian pembalut setir mobil setiap memang  berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kulit, dan ada juga yang terbuat dari bahan vynil atau karet. Karena perbedaan jenis bahan tersebut, alat dan bahan untuk membersihkan setir mobil juga berbeda.

Cara merawat setir mobil yang terbuat dari kulit dengan menggunakan pembersih kulit. Sama halnya dengan membersihkan jok mobil yang terbuat dari kulit. Langkah –langkah membersihkan setir mobil yang terbuat dari kulit yaitu:

  • Siapkan alat pembersih yang akan digunakan untuk membersihkan setir mobil di antaranya sikat gigi, kain lap, dan cairan pembersih kulit.
  • Bersihkan debu yang menempel di kemudi mobil dengan mengelap setir menggunakan lap kering.
  • Semprotkan cairan pembersih kulit tadi pada setir mobil, diamkan beberapa menit sampai meresap kemudian sikat menggunakan sikat gigi.
  • Lap setir mobil yang sudah disikat tadi dengan lap kering dan keringkan. Pada bagian tengah setir, cara membersihkannya bisa menggunakan lap basah yang sudah diperas kering.
  • Gunakan conditioner untuk melembabkan permukaan kulit pada setir mobil kamu.

Jika pembalut setir mobil terbuat dari bahan vynil, kamu bisa membersihkannya dengan pembersih vinyl yaitu Turtle Wax F21, Autoglym Super Sheem atau Meguiar’s Quick Interior Detil.  Cairan pembersih vynil bisa kamu dapatkan di toko ataupun supermarket terdekat.

Selain menggunakan pembersih di atas, kamu juga bisa menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan shampoo kemudian dimasukan ke botol spray. Langkah-langkah membersihkan setir mobil yang terbuat dari vynil yaitu:

  • Semprotkan cairan pembersih pada setir mobil kamu, diamkan hingga beberapa waktu.
  • Setelah itu lap setir mobil kamu menggunakan lap bersih dan halus yang dibasahi dan telah diperas supaya tidak merusak permukaan setir  mobil kamu, kamu bisa menggunakan microfiber.
  • Bila masih belum bersih, kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkan noda yang membandal tapi jangan terlalu keras dalam menggosok. Lap kembali setir mobil hingga kering.
  1. Putar Kemudi Dengan Kecepatan Pelan atau Sedang

Putaran kemudi/setir yang dilakukan dengan kecepatan pelan dan halus akan membuat awet komponen power streeting. Tidak hanya manusia yang ingin diperlakukan secara baik, kemudi mobil pun juga. Bila kemudi mobil diperlakukan secara kasar, maka akan mengakibatkan kerusakan pada kemudi mobil kamu.

Bila sudah terjadi kerusakan pada setir/kemudi mobil kamu, mobil kamu akan susah dikemudikan.  Apabila mau membelokan setir, kurangilah kecepatan mobil sebelum berbelok maka hidrolik akan bergerak secara perlahan.

  1. Mengoper atau Memindahkan Gigi Mobil dengan Baik dan Benar

Bagi pemula mungkin akan kebingungan mengatur gigi pada mobil, karena berbeda sekali dengan gigi pada motor. Kalo gigi motor hanya ke depan, kebelakang. Beda dengan gigi mobil yang umumnya memiliki 6 buah gigi, 5 gigi untuk maju, dan 1 gigi untuk mundur. Gigi mundur digunakan saat parkir atau berpapasan di tempat sempit.

Sampai di sini pembahasan kali ini mengenai cara merawat kemudi mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here