Cara Merubah Suara Knalpot Mobil Paling Populer

Modifikasi mobil dilakukan mulai dari eksterior sampai interior. Modifikasi eksterior mobil di antaranya beberapa komponen yaitu body, warna, variasi gambar, kap mobil, warna kaca mobil, spion, ban serta velk. Bagian interior mobil yang bisa di modifikasi diantaranya jok, pedal, system audio video, dashboard, setir dan beberapa bagian lain. Selain itu banyak pemilik mobil yang melakukan modifikasi pada knalpot mobil mereka dengan tujuan supaya knalpot terdengar lebih keren dan garang.

Berikut cara memodifikasi suara knalpot mobil:

  1. Memodifikasi Knalpot Header

Mengganti header pada knalpot mobil bawaan pabrik dengan header baru bertujuan untuk meningkatkan performa mesin mobil kamu juga membuat suara kenalpot yang diinginkan. Sebenarnya fungsi knalpot hanya untuk mengeluarkan gas buangan dari ruang bakar mesin.

Tapi jangan anggap remeh fungsi knalpot, gara-gara gas buangan yang dikeluarkan buruk maka akan mengakibatkan performa mesin mobil kamu turun. Sehingga mobil kamu akan boros bahan bakar dan mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga.

TIga bagian system gas buangan terdiri dari header atau manifold, pipa penyalur, dan silencer atau muffler. Selain ke tiga system itu terdapat juga resonator, glasspacks, converter dan catalytic.

Header bertugas untuk mengoptimalkan kecepatan dari aliran gas buangan. Performa dan tenaga mecin akan semakin besar jika aliran gas buangan lancar dan cepat. Oleh karena itu untuk menaikan performa mesin, para jago-jago engine tuner memasukan kenalpot header modifikasi pada knalpot mobil mereka. Lalu bagaimana caranya?

Mulailah dari pipa knalpot terlebih dahulu. Supaya udara bisa mengalir secara lancar dan smooth dapat mengurangi penahanan flow, maka masing-masing pipa harus dimodifikasi dengan sedemikian rupa. Pemilihan diameter pipa knalpot dapat diselaraskan dengan kapasitas mesin dan karakter yang diinginkan. Pemilihan pipa header harus memiliki panjang yang sama supaya speed atau kecepatan gas buangan yang dihasilkan disetiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah panjang pipa dengan tekukannya. Performa mesin pada RPM ditentukan oleh panjang pipa dan tekukan yang sesuai atau tidak. Melapisi header dengan keramik bertujuan untuk mengurangi reduksi panas yang ditimbulkan oleh knalpot.

Perbandingan konfigurasi yang perlu dilakukan adalah 4:1 (empat pipa header masuk menjadi satu dalam pipa pembuangan) atau konfigurasi 4:2:1 (empat pipa header dijadikan dua bagian yang terpisah dan menjadi satu bagian kembali pada pipa pembuangan).

Untuk mereduksi tingkat dari emisi gas buangan yaitu CO maka diperlukan catalytic, biarpun catalic converter dapat menghambat dalam pembuangan gas yang lancar. Tapi lebih baik untuk melepas catalic converter dengan memperhatikan penggantian pipa knalpot header. Cara ini tidak hanya untuk mengatur tekanan gas saja tapi untuk mengatur karakter suara knalpot yang diinginkan juga.

  1. Modifikasi Knalpot Mobil Chamber Supaya Terdengar Garang

Untuk mendapatkan suara knalpot yang lebih garang, salah satunya yaitu dengan cara memodifikasi kenalpot chamber. Jenis knalpot racing yang banyak diminati ini adalah knalpot yang memang dimodifikasi untuk menghasilkan suara knalpot yang garang.

Cara yang perlu dilakukan adalah kamu tinggal membersihkan sisi dalam kenalpot, kemudian mengganti saringannya dengan saringan yang dibuat sendiri. Dalam cara ini pasti ada proses pemotongan dan mengakibatkan bagian knalpot terdapat bekas sambungan.

Knalpot header dan knalpot chamber memiliki permasalahan yang sama yaitu sering mengeluarkan asap putih yang dikeluarkan oleh knalpot mobil kamu. Biasanya asap putih ini keluar pada pagi hari, semua itu disebabkan karena air atau embun yang mengendap di knalpot, kemudian terbakar oleh knalpot racing yang panas.

Asap putih yang disebabkan oleh oli mesin yang terbakar patut diwaspadai, karena itu menandakan oli mesin mobil kamu bocor. Kalau sudah terjadi seperti ini, segeralah bawa mobil kamu ke bengkel. Mungkin kamu akan kesulitan untuk membedakan asap putih yang keluar itu akibat embun apa oli.

Cara membedakannya adalah dekatkan cermin pada lubang knalpot mobil kamu, maka jika terdapat bercak-bercak hitam itu tandanya oli mesin kamu bocor ( tandanya bahaya). Tapi jika cuma muncul bercak air, kamu tidak usah khawatir itu tandanya asap putih karena adanya embun yang menempel di knalpot. Jadi jika kenalpot header atau chamber kamu mengeluarkan asap putih jangan terlalu khawatir, periksa terlebih dahulu jangan langsung di bawa ke bengkel.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here