Cara Parkir Mobil dengan Benar dan Mudah

Parkir mobil merupakan salah satu bagian penting yang harus dipelajari saat kita belajar mengemudikan mobil. Parkir juga merupakan tantangan bagi setiap pelajar yang ingin memiliki Sim A. Untuk mendapatkan SIM A, dapat memarkir kendaraan adalah syarat paten yang harus dikuasai seseorang.

Namun faktanya, memarkir kendaraan juga momok terbesar seseorang dalam mendapatkan Sim A. Karena memang memarkir kendaraan bisa dibilang gampang-gampang susah. Apapun mobil yang anda kendarai, anda harus tahu benar cara memarkir kendaraan, dalam teori maupun praktik. Hal ini bertujuan, selain untuk keselamatan anda, ini juga bertujuan untuk senantiasa menjaga keindahan eksterior mobil anda jika dihadapkan pada kondisi memarkir kendaraan di garasi sempit.

Artikel kali ini akan memaparkan beberapa cara memarkir mobil dengan benar dan juga mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda pelajari jika anda ingin memarkir mobil :

  1. Parkir Mundur

Parkir pertama yang perlu dibahas adalah mengenai parkir mundur. Parkir mundur seperti ini umum diterapkan di beberapa mall. Untuk memarkir mobil anda secara mundur, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memetakan dalam pikiran anda area kosong yang akan anda tempati untuk lahan parkir. Ini bertujuan agar langkah-langkah selanjutnya akan lebih mudah. Pastikan juga lahan parkir tersebut muat ditempati untuk mobil anda, karena mobil pun ada yang kecil minimalis dan ada pula yang besar dan kokoh. Perkiraan juga saat anda membuka pintu mobil nantinya, pintu anda dapat terbuka secara maksimal. Akan sia-sia jadinya, jika anda parkir namun setelah parkir, pintu mobil anda tidak dapat dibuka.

Step stepnya adalah, anda harus melewati area kosong tersebut sambil berbelok mengarahkan pantat mobil anda menuju kearah parkiran yang kosong. setelah sepertinya dirasa pas, anda tinggal memindahkan tuas kopling ke posisi R. Kemudian perlahan memundurkan mobil anda untuk memasukkan pantat mobil anda. Jika dirasa belum pas anda bisa memajukan sedikit mobil anda berlawanan arah agar pas di area yang anda inginkan.

Jangan lupa, anda juga harus memperhatikan sisi kiri kanan mobil anda. Pemula umumnya melihat kiri kanan dengan menengok atau mengeluarkan kepala di jendela mobil. Hal ini wajar namun biasakan untuk melihat melalui spion karena memang itulah kegunaannya. khususnya spion tengah untuk melihat batas anda di belakang agar tidak terlalu masuk dan menambrak pembatas yang ada.

      2. Parkir Serong

Parkir kedua adalah parkir serong. Parkir ini terrmasuk kategori mudah, dikarenakan anda tidak perlu melakukan teknik yang banyak.

Pertama-tama, jika sudah dilahan parkir yang ingin anda tuju. sejajarkan posisi mobil anda dengan bentuk serong seperti mobil yang berada di kiri kanan area parkir yang anda tuju. Jika posisi sepertinya sudah pas, anda tinggal memundurkan mobil anda perlahan. Usahakan jarak antara mobil di kiri kanan anda pas untuk anda keluar dari mobil, agar anda nantinya tidak akan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan mobil anda. Selain itu mobil yang lain nya juga tidak akan terhalang oleh mobil anda.

Baca Juga  Manfaat Alarm Mobil yang jarang Diketahui

      3.   Parkir Paralel

Yang ketiga adalah parkir paralel. Parkir di medan ini sangat Tricky. Anda perlu melakukan cara parkir mobil ini dengan melewati area parkir dan mensejajarkan posisi mobil anda dengan mobil didepan area parkir.

Setelah dirasa cukup, anda perlu memindahkan gigi ke posisi R kemudian memutar setir untuk mengarahkan pantat mobil anda memasuki parkiran. Jika posisi mobil anda sudah pas, anda tinggal mundur dan mensejajarkan posisi mobil anda lurus.

Sebaiknya anda menyediakan ruangan yang cukup didepan dan belakang mobil anda, agar anda nantinya dapat keluar dan tidak menyusahkan pengendara lain untuk keluar. Jika memang sisi terluar mobil anda sudah sejajar dengan mobil didepan dan belakang anda, itu tandanya anda sudah berhasil memarkir mobil secara paralel.

Baca Juga  Tips Berkendara Jarak Jauh Bagi Pemula

       4.   Parkir di Garasi Sempit

Seseorang sering bertamu kerumah seorang temannya dan rumah temannya tersebut memiliki parkir garasi yang cukup sempit. Terkadang seseorang sedikit kesulitan untuk memarkir kendaraannya, terlebih bagi pemula.

Parkir di garasi yang luas akan sangat mudah karena kewaspadaan anda akan sedikit berkurang karena anda bisa leluasa tanpa adanya gangguan dari mobil lain, tetapi bagaimana jika garasi anda sempit bahkan anda harus menutup spion mobil anda agar muat.  Itu sedikit sulit dan juga berbeda.

Langkah pertamanya adalah anda harus parkir mundur terlebih dahulu. Mengapa harus parkir mundur? Sebabnya adalah radius belokan roda. Jika anda memakai roda depan untuk parkir atau dalam artian parkir depan anda akan lebih banyak maju mundur karena radius putaran roda depan lebih panjang. Sedangkan jika memakai roda belakang radius belokannya lebih pendek walaupun anda memutar setir, maka radius putarannya akan lebih pendek.  Jadi disarankan menggunakan teknik parkir mundur jika ingin parkir di garasi sempit.

Nah, itulah beberapa cara parkir mobil yang harus anda ketahui. Sekarang anda tidak perlu takut dan khawatir jika sudah tahu benar cara-caranya secara bertahap. Selamat Mencoba. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here