Ciri Mobil Boros Bensin dan Cara Mengatasinya

Kendaraan yang sering digunakan, tak heran akan menimbulkan keausan dan boros ketika memasuki usia tua. Di samping itu, seiring waktu berjalan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, para ilmuwan menemukan mobil dengan sistem injeksi yang berpotensi menghemat bensin lebih besar.

Meski begitu tetap terlihat sama saja. Mobil injeksi lama-lama juga akan menjadi boros bensin dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Tapi jika anda bisa mengetahui ciri mobil boros bensin, anda bisa melakukan perawatan agar mobil lebih awet.

Berikut beberapa ciri mobil boros bensin:

  • Rusaknya Karburator

Kerusakan yang terjadi biasanya karena pipa-pipa kecilnya tersumbat dan membuat aliran bensin terganggu sehingga tidak stabil. Sehingga ciri yang bisa terlihat mata adalah hitamnya asap yang keluar dari knalpot. Solusinya coba lakukan kalibrasi pada mobil anda.

  • Kondisi Klep Mesin yang Terlalu Rapat

Klep mesin pada sistem pembakaran berfungsi seperti katup yang buka tutup untuk mengendalikan aliran bensin. Sama seperti fungsi katup di jantung di tubuh manusia untuk mengendalikan aliran darah. Ada dua macam kerusakan pada klep mesin yaitu terlalu longgar dan terlalu rapat.

Apabila terlalu longgar, nanti akan timbul suara berisik yang mengganggu telinga anda. Kalau terlalu rapat mobil bisa boros bensin. Karena ketika anda menginjak pedal gas, klep akan terbuka lebar sehingga bensin yang mengalir kelebihan. Solusinya coba atur ulang klepnya

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara udara yang masuk ke ruang bakar. Dengan cara memblok aliran udara di salurannya dengan bantuan bahan seperti kain atau kertas. Kain dan kertas berpori ini menahan benda-benda selain udara agar tidak ikut masuk. Seperti debu dan lain-lain yang tersangkut di dalam filter.

Tapi jika debu-debu yang tersangkut di kain berpori dibiarkan, maka lama-lama debu akan menumpuk sehingga hanya sedikit udara yang masuk. Bagian terburuknya bisa juga malah membuat tidak ada udara yang masuk sama sekali. Kurang atau tidak adanya udara ini membuat piston berat sehingga mobil tidak bertenaga dan membuat pengemudi menekan gas cukup dalam.

Karena dalam inilah mesin mobil memerlukan bensin lebih banyak dari biasanya sehingga mengakibatkan boros bensin. Sama seperti rusaknya karburator, ciri kerusakannya adalah munculnya asap hitam jelaga dari knalpot. Solusi dan pencegahannya yaitu periksa dan bersihkan yang menempel di filter udara secara rutin.

  • Velg Terlalu Besar

Banyak orang tidak sadar bahwa ukuran velg tidak terlalu berpengaruh. Velg terlalu besar termasuk ciri mobil boros bensin. Tentu ini jika mobil anda tidak sesuai spesifikasi dan memaksakan mobil anda menggunakan velg yang besar. Velg yang besar berarti memberi bobot yang besar pada mobil.

Bobot yang besar tentu membutuhkan bensin ekstra pula. Sama seperti anda yang membutuhkan energi ekstra ketika berlari atau jogging dengan pemberat di kaki. Solusinya sudah jelas, sesuaikan velg anda dengan kemampuan mobil.

  • AC yang Terlalu Dingin

AC terlalu dingin atau setelah AC yang maksimal menyebabkan mobil anda boros bensin. Biasanya kondisi ini memang dilakukan oleh pengemudi mobil yang tinggal di perkotaan panas. Selain panas ditambah macetnya jalanan. Mau tidak mau, AC harus menyala untuk mengusir panas dan interior mobil harus dingin. Ketika anda mengaktifkan AC, maka kompresor dan cooling fan akan bekerja dan memakan bensin ekstra.

Apabila anda menyalakan AC, mesin mobil akan mengaktifkan kompresor AC untuk memompa refrigerant. Kompresor AC butuh energi yang banyak sehingga proporsi energi mesin terpaksa dipindah ke kompresor AC. Ketika energi dipindah ke kompresor AC, anda harus menginjak pedal gas cukup dalam agar mobil bisa berjalan. Semakin dalam anda menekan pedal gas, maka semakin lebih pula bensin yang dibutuhkan.



UPDATE TERBARU

Related news

Mitsubishi Berbagi Tips, Pengecekan dan Perawatan Ban Mobil untuk Kondisi Optimal

Otomotif1.com – Ban mobil mungkin menjadi salah satu komponen yang sering luput dari pengecekan pengguna. Padahal komponen ini memiliki peran vital pada perjalanan dan...

Mobil Lama Terpakir, Begini Tips Mengganti Oli Mobil untuk Siap Hadapi New Normal Adventure

Otomotif1.com - Memasuki fase transisi di era kehidupan baru dibutuhkan berbagai persiapan baik kesehatan diri sendiri maun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk...

Ini Dia Penyebab Air Bisa Masuk ke Dalam Lampu Besar Mobil

Otomotif1.com - Sebagai salah fitur penting bagi kendaraan, lampu ibarat mata yang memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara di malam hari, sehingga lampu menjadi...

Wealthy Product Air Purifier dan Air Sanitizer Solusi Terbaik Setelah Proses Fogging Pada Kendaraan

Jakarta, Otomotif1.com – Selama masa diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) dibeberapa wilayah, juga turut diwarnai pemberlakuan anjuran untuk tetap dirumah saja dan Work...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here