7 Ciri-Ciri Mobil yang Kuat di Tanjakan Paling Lengkap

Sebagai pengendra mobil sering mengalami mobil yang tiba – tiba mundur pada saat sedang menanjak? Selain menimbulkan rasa was – was pada diri, pastinya juga akan mengakibatkan kekhawatiran pada diri penumpang bukan?

Nah, oleh karena itu, kita perlu mengerti hal-hal yang berkaitan dengan mobil yang mampu dan kuat di tanjakan. Hal itu karena akan dapat membantu kita lebih hati-hati dan mawas diri jika menemui jalan tanjakan. Lebih baik mencegah bukan?

Jenis Mobil yang Kuat di Tanjakan

Beberapa komponen pada mobil merupakan faktor yang bisa mempengaruhi seberapa kuat mobil yang anda kemudikan untuk melalui tanjakan. Terkadang, meskipun mesin yang digunakan oleh sama antara jenis dan modelnya, tetapi pada faktanya beberapa mobil bisa lebih kuat untuk menaiki tanjakan sekalipun, dibandingkan dengan mobil lain yang satu jenis dengan mobil yang sedang anda gunakan.

Apabila mobil anda merupakan salah satu mobil yang kurang kuat di tanjakan, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memperkuat daya atau tenaga mobil anda ketikan sedang berada di jalan tanjakan. Salah satu hal yang perlu anda lakukan adalah dengan cara memodifikasi mobil kesayangan anda.

Nah, tentunya sebelum memodifikasi anda juga harus tau betul bagian atau komponen mobil anda yang akan di modifikasi untuk menaikkan tenaga mobil anda. Sebaiknya anda melakukan modifikasi pada bagian mobil di bawah ini. Jenis mobil yang kuat di tanjakan adalah mobil yang bertenaga dan memiliki komponen kuat. Hal tersebut sebagai berikut:

  1. Tenaga / Power

Tenaga atau power pada mobil atau mesin mobil memiliki satuan dengan nama Horse Power ( HP). Meskipun sebenarnya bukan faktor utama pada mesin, besarnya Horse Power ini akan sangat terasa pada saat kita melakukan akselerasi di jalanan yang terjal atau jalanan tanjakan.

Biasanya mobil dengan berat 1000 kg sebaiknya memiliki Tenaha Horse Power di atas 100 HP. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa mobl tetap kuat pada saat akan menaiki tanjakan jalanan tersebut. Untuk itu sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap Horse Power terlebih dahulu baru melakukan perjalanan tanjakan, agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

  1. Ukuran Diameter Ban / Roda

Jenis mobil yang kuat di tanjakan yang kedua adalah yang mempunyai ukuran diameter tepat. Perlu diketahui, bahwa makin kecil diameter ban atau roda, semakin kuat pula tenaganya untuk menanjak. Tetapi sebaiknya semakin besar diameter ban atau roda mobil, maka tenaga ban tersebut akan menjadi lemah ketika menanjak jalanan.

Biasanya kemampuan menanjak berdasarkan besar dan kecilnya diameter ( jari – jari) roda atu ban ini berbanding terbalik dengan top speed mobil anda. Semakin besar diameter roda, maka semakin besar pula top speed atau kecepatan maksimum yang dihasilkan oleh mobil anda.

Sebaliknya , makin kecil roda mobil anda maka akan semakin sulit roda tersebut untuk melaju lebih cepat. Jadi tergantung pilihan anda, apakah yang melaju dengan cepat atau bisa menanjak, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga mengenai penyebab mobil matic tidak bertenaga

  1. Gear Rasio Mobil

Gear rasio pada mobil ibaratnya adalah sebuah perbandingan antara banyaknya gigi belakang dengan gigi depan. Sama seperti sistem pada motor, mobil juga memiliki gear meskipun memang bentuknya berbeda dari motor. Untuk motor, apabila gear di bagian belakang semakin besar, maka semakin enteng di tanjakan. Begitupun dengan mobil, semakin besar gear bagian belakang maka tarikannya untuk menajak akan semain bagus.

Maka, apabila anda ingin melakukan modifikasi untuk memperkuat daya tarikan mobil anda di tanjakan, sebaiknya anda memodifikasi di bagian gear juga, tetapi tentunya dengan menggunakan jasa bengkel yang sudah professional di bidangnya.

  1. Torsi

Torsi merupakan ukuran kemampuan pada mobil untuk membawa beban dengan satuan newton Meter ( NM). Torsi ini bisa di ibaratkan seperti kemampuan mobil bergerak dari keadaan diam sampi keadaan bergerak kembali. Faktor yang paling menentukan pada mesin untuk menanjak adalah bagian torsi mobil dengan satuan ( NM atau Kgm).

Dengan kata lain, makin besar torsi pada mobil anda, semakin besar pula daya tarikan dan ketangguhannya ketika menaiki tanjakan. Untuk melakukan modifikasi pada mobil anda, jangan lupa sertakan juga torsi ini di list modifikasi anda.

  1. Sistem Penggerak

Untuk menaiki jalanan yang lumayan terjal, apalagi jika kondisi jalanan tersebut agar rusak, maka penggerak roda belakang  dapat dikatakan lebih baik dari roda penggerak bagian depan. Hal ini disebakan oleh roda bagian depan sifatnya mendorong, bukan menyeret seperti ban depan.  Meskipun di jalan aspal mulus, penggerak roda depan dikatakan lebih stabil dan juga disertai dengan akselerasi yang lebih tinggi.

Khusus untuk mobil offroad, yang memang lebih banyak dipakai untuk menanjak biasanya banyak dipakai penggerak 4 roda sebagai optionalnya dan penggerak roda belakang difungsikan sebagai penggerak roda standarnya.

  1. Faktor Kehandalan Supir

Faktor supir juga menjadi salah satu kendala. Sebagus apapun mobil anda, sebagus apapun modifikasi mobil anda, tetapi jika tidak disertai dengan supir yang handal tetap saja fungsi mobil anda tidak akan bisa digunakan semaksimal mungkin.

Untuk itu, apabila anda ingin melakukan perjalanan jauh dan banyak melalui tanjakan – tanjakan, pastikan mobil anda dikendarai oleh supir yang handal agar tidak terjadi kendala pada saat perjalanan anda.

  1. Faktor Perawatan

Jenis mobil yang kuat di tanjakan yang terakhir ialah yang perawatannya dilakukan secara rutin. Sebagus apapun mobil anda, harus tetap anda lakukan perawatan secara berkala. Hal ini tentunya untuk mengetahui kondisi terbaru mobil anda agar performa mobil anda selalu terjaga dengan baik. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara merawat mobil dengan baik.

Sekian dulu informasi mengenai jenis mobil yang kuat di tanjakan kali ini. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here