Daihatsu Astra Jatim Gelar Buka Puasa Bersama Awak Media Jawa Timur

 

Surabaya, Otomotif1.com – PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) wilayah Jawa Timur menggelar acara buka bersama (bukber) sambil berbagi berkah bersama anak-anak yatim piatu. Acara yang rutin dilaksanakan Daihatsu wilayah Jawa Timur setiap tahunnya ini, kali ini dihelat bersama awak media Jawa Timur bersama anak-anak yatim piatu, di Swiss-Bellin Tunjungan Surabaya, Senin (5/6).

Di sela-sela sambutannya, Budhy Lau selaku Regional Manager Jatim AI-DSO merasa bersyukur bisa berbagi dengan sesama, khususnya juga mempererat tali silaturahim bersama rekan-rekan jurnalis.

“Kami bersyukur masih diberi kesempatan untuk bisa berbagi melalui kegiatan sosial seperti ini. Kami yakin hal ini akan membawa banyak manfaat bagi kita semua,” ujar Budhy.

Pada kesempatan tersebut, dihadapan awak media Jawa Timur menjelaskan bagaimana penjualan Daihatsu sampai dengan Mei 2018. Mengingat hadirnya beberapa produk otomotif terbaru yang menjadi pesaing pasar produk Daihatsu Xenia yang menjadi backbone penjualan Daihatsu Astra selama ini.

Namun demikian, Budhy Lau sendiri tidak khawatir karena penjualan Daihatsu di Jawa Timur masih tetap tumbuh, apalagi menjelang Lebaran, meski kondisi ekonomi masih tidak begitu stabil.

“Penjualan kendaraan menjelang Lebaran ini seperti biasa, trend tahunan yang juga sama dialami oleh beberapa APM sedikit terbantu dengan adanya budaya mudik di kalangan masyarakat kita. Apalagi ditambah dengan adanya beberapa beberapa infrastruktur yaitu dibukanya jalur tol baru di Jawa Timur, sehingga penjualan kendaraan Daihatsu sedikit banyak tidak mengalami perubahan,” paparnya.

Menurut Budhy Lau, penjualan kendaraan Daihatsu untuk wilayah Jawa Timur sampai dengan Mei 2018 masih tetap tumbuh jika dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu.

“Jumlah peningkatan penjualan Daihatsu sampai pada bulan Februari 2018 mencapai 45 persen. Dari rata-rata penjualan  per bulannya, kami masih tetap tumbuh 29 persen. Sementara menjelang Lebaran tahun ini  penjualan Daihatsu naik 19 persen dibanding Lebaran tahu lalu yang hanya sebesar 15 persen,” jelas Budhy.

Seperti biasa, penjualan tertinggi masih tetap didominasi oleh Xenia dengan pertumbuhan sebesar 40 persen, kemudian disusul Sigra yang juga memiliki pertumbuhan sebesar 40 persen dan terakhir adalah Ayla yang mengalami peningkatan sekitar 30 persen.

Mengenai Daihatsu Terios, Budhy Lau mengatakan jumlah permintaan sangat tinggi, namun dikarenakan inden yang cukup lama hingga mencapai 3 bulan, membuatnya tidak bisa digunakan untuk mudik.

“Karena lamanya inden All New Terios, tidak sedikit yang akhirnya berpindah mengambil Xenia, hal inilah yang menjadikan pasar Xenia tetap tumbuh di Jawa Timur,” ungkapnya lagi.

Menurut data Gaikindo penjualan Daihatsu mencatat penjualan terbaik pada bulan Maret 2018. Daihatsu berhasil mencatat retail sales dengan penjualan sebesar 48.320. unit atau naik 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Sementara pada sisi wholesales Daihatsu mencapai 51.607 unit, naik 4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara umum, data penjualan per-model Daihatsu sepanjang 2018, didominasi oleh lima kontributor utama yakni Astra Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, Gran Max Pick Up (GM PU), Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Terios.

Dalam hal retail sales, Sigra tetap menjadi idola masyarakat Indonesia dengan perolehan 11.810 unit atau 24%, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 10.144 unit (21%), dan Xenia sebesar 8.538 unit (18%). Selanjutnya, tak mau kalah Terios menyusul dengan raihan 7.171 (15%), Ayla sebesar 5.874 unit (12%), serta Gran Max Mini Bus (MB) 3.543 unit (7%). Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen) berkontribusi total sebesar 1.240 unit (3%).

Pada sisi wholesales, Sigra berada di urutan teratas dengan raihan 12.169 unit atau 24%, disusul dengan Gran Max Pick Up (PU) yang berkontribusi 12.005 unit (23%), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 8.617 unit (17%). Selanjutnya ada Daihatsu Ayla menyumbang 8.060 unit (16%), Daihatsu Terios 6.455 unit (13%), dan Gran Max (MB) 2.989 unit (6%). Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi sebesar 1.312 unit (3%).

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat dengan Daihatsu. Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik,” tandas Budhy.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here