Daihatsu Siap Luncurkan Sirion Facelift Bulan Maret 2020 Mendatang

Jakarta, Otomotif1.com – Bulan Maret 2020 mendatang akan menjadi saat yang ditungu-tunggu oleh konsumen Daihatsu, ini disebabkan karena PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) akan segera meluncurkan Daihatsu Sirion Facelift sebagai kelanjutan dari model pendahulunya.

Sirion facelift yang akan diluncurkan nanti tetap akan berstatus CBU Malaysia dan karena sekedar penyegaran ringan maka ditegaskan oleh PT ADM bahwa mesinnya tidak ganti.

Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan peluncuran Sirion facelift itu akan dilakukan dua bulan kedepan, yakni pada bulan Maret 2020. Ia juga menyebut akan menyiapkan improvisasi paket penjualan Sirion.

“Daihatsu Sirion Facelift yang akan diluncurkan nanti perubahannya hanya sedikit saja. Tapi kami akan lebih terfokus kepada arah strategi marketingnya, kami sudah melakukan riset terhadap gejala yang terjadi terhadap lesunya penjualan Sirion disepanjang tahun 2019 ini dan kami sudah mengambil langkah-langkah preventif untuk memperbaiki system dan strategi penjualan kami untuk Sirion,” Ujar Amelia menjelaskan.

Selaku Marketing Director, Amelia sudah melakukan koordinasi dan melakukan pembenahan terhadap strategi pricing untuk penjualan Sirion di tahun 2020 ini.

“Kalau DP-nya tidak terjangkau maka konsumennya tidak akan sanggup beli, oleh karena itu kami kembali mengemas system pricing yang menarik dan terjangkau sehingga calon konsumen kembali timbul niatnya untuk membeli dan memiliki Sirion versi Facelift ini,” imbuh Amelia.

Daihatsu Sirion Facelift pertama kali diluncurkan pada Februari 2015, sejak generasinya yang terakhir sudah dapat dipastikan akan mendapat penyegaran. Daihatsu Indonesia memastikan kendaraan low hatchback-nya itu akan kembali bergairah.

Amelia juga tak memungkiri bahwa ditahun 2019 yang lalu penjualan Sirion tergolong kecil. Hal itu disebut karena sejumlah kompetitornya berani pasang diskon lebih besar.

“Selama ini diskon kami kecil sekali. Karena diskonnya kecil maka DP-nya menjadi tinggi. Untuk harga dipastikan tidak akan turun,” tegas Amelia.

Oleh karena itu sudah disiapkan paket pembelian dengan diskon yang menggiurkan bagi pembeli yang mengajukan dengan system kredit.

Namun, apa saja kira-kira yang akan ditampilkan pada Sirion Facelift generasi terbaru nanti?

Jika kita melihat kembali pada saat peluncuran generasi terakhir Sirion di Indonesia di 2018 lalu, Sirion Facelift tampil dengan desain yang sangat jauh berbeda ketimbang model dari generasi pendahulunya, Daihatsu membenamkan mesin 1.300 cc Dual VVT-i pada engine bay.

Beberapa fitur ditambahkan sebagai pemanis Sirion Facelift generasi terakhir ini, seperti LED headlamp, pelek racing 15 inci two tone, LED rear combination lamp menjadi item yang membuat tampilannya semakin menarik. Belum lagi sejumlah fitur-fitur tambahan lain yang disematkan pada Sirion model terbaru ini semakin menggoda.

Tetapi pada kenyataanya, hingga kwartal akhir di tahun 2019, PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation menyebut market share di segmennya cukup kecil, hanya berada di kisaran 7 persen. Berarti, dalam sebulan rata-rata Sirion hanya terjual 150 unit saja.

Pada kesempatan yang sama Amelia juga menyampaikan bahwa disepanjang tahun 2020 ini Daihatsu tidak mengeluarkan produk terbarunya. ADM masih sangat percaya diri dengan kekuatan produk-produk yang ada.

“Tidak ada produk baru yang akan di release disepanjang tahun 2020 ini, intinya itu,” tukas Amelia.

Kepercayaan diri Daihatsu dalam menghadapi tahun 2020 ini dilandasi pula salah satunya oleh pematangan dan penyegaran strategi marketing untuk produk Sirion Facelift yang akan segera diluncurkan pada bulan Maret 2020 mendatang.

Diharapkan, penjualan Sirion dapat terdongkrak sehingga upaya untuk meningkatkan peringkat penjualan secara Nasional dapat diwujudkan. Menaikkan satu peringkat atau tetap bertahan di peringkat Kedua dalam hal penjualan unit secara keseluruhan.

Akankah New Sirion Facelift 2020 mampu memperbaiki stigma buruknya ditahun 2019? Dan ikut memberikan kontribusi terhadap target global dalam mempertahankan Supremasinya di peringkat kedua atau bahkan malah mampu mendongkrak lebih tinggi lagi mencapai puncak klasemen?

Kita tunggu saja di Bulan Maret 2020 mendatang.

Reporter-SonnyWibz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here