Daimler Commercial Vehicle Indonesia, Gelar Class Room Bahas Advanced Safety Features in Trucks and Buses di GIICOMVEC 2020

Jakarta, Otomotif1.com – Ajang pameran kendarana komersial GIIMCOMVEC 2020 menjadi ajang yang tepat bagi PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI),yang memasarkan truk dan bis yang berasal dari Jerman, Mercedes Benz, untuk melakukan kegiatan class room membahas tentang “Advanced Safety Features in Trucks and Buses” yang digelar pada hari ketiga penyelenggaraan ajang GIICOMVEC 2020 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (7/3).

Kegiatan ini langsung dipandu oleh Truck Aftersales & Regional Support Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Moh Syarif, yang memberikan pemaparan berbagai keunggulan dari beberapa fitur yang saat ini tengah dikembangkan Mercedes-Benz International.

Menurut penuturan Moh Syarif kepada Otomotif1, fitur-fitur ini sangat banyak membantu pengendara dalam memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan dalam mengendarai truk dan bis Mercedes Benz.

Beberapa faktor dari penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh proses pengereman mendadak baik secara total maupun sebagian (Partial Brake) dijelaskan secara gamblang oleh Syarifan.

“Salah satu factor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah karena factor kelelahan dan kondisi kendaraan secara menyeluruh seperti kondisi beban kendaraan dan ukuran dimensi atau panjang kendaraan yang terkadang dapat mengakibatkan kesalahan fatal sehingga terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Tim Mercedes Benz telah meneliti dan membuat beberapa fitur yang disematkan didalam system navigasi pada kendaraan truk dan bis buatan Mercedes Benz ini diyakini dapat mengurangi bahkan meminimalisir beberapa factor penyebab kecelakaan.

Pada truk Mercedes Benz sudah dilengkapi oleh fitur seperti salah satunya adalah ”Proximity Control Assist (PCA)”. Fitur ini dirancang untuk penggunaan fungsi pengeremen yang dikendalikan secara otomatis dan sudah diatur dalam system dengan tingkat akurasi yang tinggi, sehingga kendaraan akan berhenti bila sudah mendekati kendaraan didepannya dalam jarak yang sudah ditentukan dan truk akan melakukan pengereman secara otomatis tanpa perlu menginjak pedal rem ataupun gas untuk melakukan akselerasi dan deakselerasi.

Dengan hanya menekan tombol cruise control sampai symbol dilayar monitor yang berada di panel dashboard pengemudi menyala, system ini sudah mulai berfungsi secara otomatis untuk mengendalikan jarak kendaraan dengan keadaan didepannya.

Fitur lainnya adalah Active Brake Assist-4 (ABA-4), yang berfungsi untuk melakukan pengereman dan pengendalian kendaraan setelah dilakukan pengereman secara mendadak dengan tingkat pengereman secara total brake.

Beberapa fitur lain juga dipaparkan secara jelas oleh Syarifan lengkap dengan penayangan video demo tentang penggunaan fitur-fitur yang terdapat di semua truk dan bis Mercedes Benz yang menjelaskan secara visual bagaimana fitur tersebut bekerja sesuai fungsinya.

Class room ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang berbagai hal yang menyebabkan kecelakaan dan bagaimana Mercedes Benz telah berupaya untuk mengembangkan teknologi dalam mengurangi berbagai resiko kecelakaan melalui penggunaan fitur-fitur yang ditanamkan disetiap unit produksi Mercedes Benz sehingga pengemudi dan kendaraan tidak mengalami kesalahan yang fatal.

Reporter-SonnyWibz

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here